Pengertian dan Kegunaan CRM dalam Bisnis

Jurnal blog pengertian dan kegunaan crm dalam bisnis 01

Sebagai pelaku bisnis, Anda mungkin sering mendengar istilah CRM atau Customer Relationship Management. CRM adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda. Pendekatan ini memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah secara terus-menerus kepada pelanggan.

 

CRM (Customer Relationship Management) mengombinasikan kebijakan, proses, dan strategi yang diterapkan perusahaan menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan. Saat ini, implementasi CRM hampir selalu menggunakan teknologi informasi untuk menarik pelanggan baru yang menguntungkan, hingga mereka memiliki keterikatan pada perusahaan.

Tujuan CRM dalam Bisnis

 

a. Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

b. Menyediakan informasi yang lengkap mengenai pelanggan untuk memaksimalkan jalinan hubungan pelangan dengan perusahaan melalui penjualan secara up selling dan cross selling, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dengan cara mengidentifikasi, menarik serta mempertahankan pelanggan yang paling memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

c. Menggunakan informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan yang memuaskan dengan memanfaatkan informasi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat menghemat waktu pelanggan.

d. Menghasilkan konsistensi dalam prosedur dan proses menyalurkan jawaban kepada pelanggan.

Manfaat CRM dalam Bisnis

 

a. Mendorong Loyalitas Pelanggan

CRM memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan, baik melalui web, call center, atau melalui staf pemasaran dan pelayanan di lapangan. Dengan adanya konsistensi dan kemudahan dalam mengakses dan menerima informasi, maka bagian pelayanan dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan dengan memanfaatkan berbagai informasi penting mengenai pelanggan tersebut.

b. Mengurangi Biaya

Dengan penerapan CRM, penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan dapat memiliki skema yang spesifik dan fokus, serta dapat menargetkan pelayanan pada pelanggan yang tepat di saat yang tepat. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan akan terperinci dengan baik dan tidak terbuang percuma yang berujung pada pengurangan biaya.

c. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Kemudahan proses penjualan dan layanan akan dapat mengurangi risiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow.

d. Peningkatan Time to Market

Penerapan CRM akan memungkinkan perusahaan mendapatkan informasi mengenai pelanggan seperti data tren pembelian oleh pelanggan yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan suatu produk.

e. Peningkatan Pendapatan

Seperti yang telah disebutkan di atas, penerapan CRM yang tepat akan meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, dan peningkatan time to market yang pada akhirnya akan berujung pada peningkatan pendapatan perusahaan.

Tahapan dalam CRM

 

CRM terdiri atas beberapa fase dan tahapan seperti berikut ini.

a. Memperoleh Pelanggan Baru atau Acquire

Adapun untuk memperoleh pelanggan baru ini diperlukan beberapa cara.

  • Memberikan kenyamanan untuk pelanggan saat membeli produk tertentu yang dibutuhkan, seperti merespon keinginan pelanggan dengan cepat maupun memberi ketepatan waktu proses pengiriman terhadap barang pesanan.

  • Melakukan promosi pada produk yang ditawarkan perusahaan dengan memberikan kesan awal yang baik untuk pelanggan, sebab hal ini sangat memengaruhi penilaian terhadap perusahaan.

Tujuan tahapan ini yaitu untuk menawarkan produk dengan baik melalui pelayanan yang memuaskan pada pelanggan.

b. Menambah Nilai Pelanggan atau Enchance

Perusahaan harus bisa menciptakan hubungan erat dengan para pelanggannya melalui cara mendengarkan setiap keluhan pelanggan serta meningkatkan pelayanan. Adapun meningkatkan hubungan pada pelanggan sendiri bisa ditingkatkan melalui.

  • Up Selling, yaitu menawarkan produk yang sama namun memiliki kualitas lebih baik.

  • Cross Selling, yaitu strategi penjualan dengan menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang sudah dimiliki pelanggan.

c. Mempertahankan Pelanggan atau Retain

  • Memberikan pelayanan serta aplikasi pendukung yang bermanfaat dengan begitu hubungan dengan para pelanggan pun bisa tetap terjaga dengan baik.

  • Menyediakan waktu untuk mendengarkan setiap kebutuhan pelanggan, seperti melayani ketidakpuasan pelanggan akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat memperbaiki kesalahan demi peningkatan pelayanan.


Untuk mengembangkan bisnis, Anda tidak boleh hanya memanfaatkan CRM, namun juga harus membuat strategi lainnya. Untuk membuat strategi lain dan strategi CRM, Anda harus melihat kondisi keuangan terlebih dahulu. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda melihat kondisi keuangan perusahaan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Bukan hanya itu, Jurnal juga memiliki fitur lain yang dapat membantu Anda mengelola bisnis seperti fitur stok barang, arus kas, pembuatan invoice, dan lain sebagainya. Temukan info lengkapnya di sini.

Artikel Terbaru


June 18 2018
Inspirasi
June 17 2018
Bisnis
June 16 2018
Bisnis
June 15 2018
Bisnis
June 14 2018
Akuntansi

Artikel Lainnya dari Penulis

Perbedaan Software Akuntansi Offline dan Online untuk Bisnis

Software akuntansi merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca, jurnal, buku besar, dan berbagai...

Menjalankan Bisnis Baru Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Toko

Ketika Anda membuka bisnis baru, khususnya di bidang retail atau pertokoan maka Anda membutuhkan aplikasi yang membantu pencatatan transaksi penjualan dan keuangan toko. Aplikasi toko...

Ide Kreatif Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Saat Anda ingin keluar dari masalah hutang atau ingin meningkatkan kualitas hidup, Anda mungkin mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman yang serba cepat dan dipenuhi dengan...

Perbedaan Software Akuntansi Offline dan Online untuk Bisnis

Software akuntansi merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca, jurnal, buku besar, dan berbagai...

Menjalankan Bisnis Baru Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Toko

Ketika Anda membuka bisnis baru, khususnya di bidang retail atau pertokoan maka Anda membutuhkan aplikasi yang membantu pencatatan transaksi penjualan dan keuangan toko. Aplikasi toko...

Ide Kreatif Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Saat Anda ingin keluar dari masalah hutang atau ingin meningkatkan kualitas hidup, Anda mungkin mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman yang serba cepat dan dipenuhi dengan...

Artikel Terbaru

June 18 2018
Inspirasi
June 17 2018
Bisnis
June 16 2018
Bisnis
June 15 2018
Bisnis
June 14 2018
Akuntansi

Suka dengan yang Anda baca?

Mari subscribe ke blog kami!

Subscribe Di Sini
Suka dengan yang Anda baca?
×
Mari subscribe ke blog kami!
Back to Top