4 Fungsi Rekening Koran bagi Perusahaan

Jurnal blog 4 fungsi rekening koran bagi perusahaan 01

Rekening koran adalah laporan yang diberikan bank kepada pemilik rekening. Jika Anda membuka rekening giro di bank, Anda akan dikirimi laporan transaksi yang disebut rekening koran. Rekening koran berisi informasi tentang transaksi yang dilakukan oleh bank terhadap rekening tersebut beserta saldo kasnya yang berada di bank.

Rekening koran umumnya dicetak secara berkala dan dikirim langsung ke pemegang rekening, atau hanya dicetak atas permintaan pemegang rekening. Kini, Anda dapat melihat dan men-download rekening koran kapan saja melalui online. Rekening koran memiliki fungsi bagi sebuah perusahaan, diantaranya:

 

 

Memberikan Informasi

Rekening koran dapat memberikan informasi mengenai saldo awal bulan, mutasi debit, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan. Seluruh aktivitas transaksi akan dimuat lengkap dengan tanggal dan jam transaksi termasuk keterangan yang biasanya dicantumkan nasabah saat akan melakukan transfer dana antar rekening. Nasabah juga akan menerima informasi berupa biaya-biaya, berupa biaya administrasi hingga bunga yang diperoleh setiap bulannya. Dengan begitu, seluruh transaksi dapat diketahui dengan mudah dan terperinci.

 

Pembuktian Hukum

Saat ini, sering terjadi masalah hukum mengenai transaksi. Contoh kasus, Anda melakukan belanja online dengan pembayaran secara transfer. Namun, toko online yang menjual barang merasa tidak pernah menerima transfer tersebut. Maka, untuk keperluan komplain Anda bisa menggunakan rekening koran sebagai bukti. Di sana terdapat catatan yang membuktikan bahwa transfer sudah atau belum dilakukan.

 

Syarat Mengajukan Pinjaman

 

Biasanya perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya memerluka modal tambahan. Oleh karena itu beberapa perusahaan akan mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Hal ini tentu membutuhkan histori atau riwayat transaksi yang baik sebagai dokumen permohonan pinjaman. Biasanya, pemohon diharuskan menunjukkan bukti aktivitas transaksi dengan menunjukkan bukti rekening koran miliknya.

 

Pencocokan Transaksi Bisnis

Setiap bisnis pasti memiliki transaksi keuangan yang dilakukan melalui rekening bank. Dengan memiliki rekening koran, Anda dapat lebih mudah dalam melakukan pencocokan transaksi keuangan Anda dengan transaksi bank. Pencocokan ini sering disebut dengan proses rekonsiliasi keuangan atau rekonsiliasi bank. Proses ini biasanya dilakukan di akhir periode, di mana seorang akuntan akan mencocokkan saldo pada bank dan saldo yang tercatat pada transaksi bisnis.

 

Proses rekonsiliasi biasanya bisa menghabiskan banyak waktu, karena seorang akuntan harus mencocokkan transaksi satu per satu. Namun, dengan Jurnal hal itu tidak perlu lagi. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda melakukan proses rekonsiliasi dengan mudah dan cepat.

 

Pertama-tama, Anda harus mengaktifkan fitur Direct Feeds yang menghubungkan akun Jurnal dengan rekening Bank Anda. Kini, Jurnal telah bekerja sama dengan Bank BCA, BNI, CIMB Niaga, dan Mandiri.


Setelah aktif, Anda dapat menggunakan fitur Cash Link untuk melakukan rekonsiliasi per transaksi yang telah tercatat pada Jurnal seperti pembayaran terhadap penjualan dan penjualan. Sedangkan, Anda dapat menggunakan fitur Cash Mapping untuk melakukan rekonsiliasi pada semua transaksi biaya dalam mutasi Bank yang belum tercatat pada Jurnal. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan nikmati kemudahan dalam proses rekonsiliasi. Cari tahu berbagai fitur lain dari Jurnal di sini.

Artikel Terbaru


June 18 2018
Inspirasi
June 17 2018
Bisnis
June 16 2018
Bisnis
June 15 2018
Bisnis
June 14 2018
Akuntansi

Artikel Lainnya dari Penulis

Perbedaan Software Akuntansi Offline dan Online untuk Bisnis

Software akuntansi merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca, jurnal, buku besar, dan berbagai...

Menjalankan Bisnis Baru Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Toko

Ketika Anda membuka bisnis baru, khususnya di bidang retail atau pertokoan maka Anda membutuhkan aplikasi yang membantu pencatatan transaksi penjualan dan keuangan toko. Aplikasi toko...

Ide Kreatif Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Saat Anda ingin keluar dari masalah hutang atau ingin meningkatkan kualitas hidup, Anda mungkin mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman yang serba cepat dan dipenuhi dengan...

Perbedaan Software Akuntansi Offline dan Online untuk Bisnis

Software akuntansi merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca, jurnal, buku besar, dan berbagai...

Menjalankan Bisnis Baru Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Toko

Ketika Anda membuka bisnis baru, khususnya di bidang retail atau pertokoan maka Anda membutuhkan aplikasi yang membantu pencatatan transaksi penjualan dan keuangan toko. Aplikasi toko...

Ide Kreatif Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Saat Anda ingin keluar dari masalah hutang atau ingin meningkatkan kualitas hidup, Anda mungkin mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman yang serba cepat dan dipenuhi dengan...

Artikel Terbaru

June 18 2018
Inspirasi
June 17 2018
Bisnis
June 16 2018
Bisnis
June 15 2018
Bisnis
June 14 2018
Akuntansi

Suka dengan yang Anda baca?

Mari subscribe ke blog kami!

Subscribe Di Sini
Suka dengan yang Anda baca?
×
Mari subscribe ke blog kami!
Back to Top