Persaingan bisnis kini semakin ketat. Untuk keberlangsungan suatu bisnis, Anda harus memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang Anda miliki memiliki kualitas yang baik. Kualitas dan produktivitas SDM sebenarnya dapat Anda tingkatkan dengan melakukan program pelatihan dan pengembangan SDM. Berikut adalah tujuan dan langkah-langka dalam melakukan pelatihan dan pengembangan SDM.

 

Tujuan Pelatihan & Pengembangan SDM

a. Memperbarui keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi. Melalui pelatihan SDM, pelatih (trainer) dapat memastikan bahwa setiap individu secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru dan meningkatkan produktivitasnya.

b. Mengurangi waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.

c. Membantu memecahkan persoalan operasional dengan cepat dan tepat.

d. Mengorientasikan setiap individu terhadap organisasi.

e. Memberikan kemampuan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas dalam bekerja sehingga hasil yang dicapai akan maksimal.

f. Meningkatkan profesionalisme para karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

 

Tahapan Pelatihan dan Pengembangan SDM

a. Penentuan Kebutuhan

Tujuan penentuan kebutuhan pelatihan dan pengembangan SDM ini adalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang relevan guna mengetahui data atau menentukan apakah perlu tidaknya dilakukan pelatihan dan pengembangan SDM dalam perusahaan tersebut.

b. Mendesain Program

Ketepatan metode pelatihan dan pengembangan SDM tergantung pada tujuan yang hendak dicapai. Mulailah dengan mengidentifikasi mengenai apa yang diinginkan agar para pekerja mengerti apa yang harus diketahui dan dilakukan.

c. Evaluasi Keefektivitasan

Pelatihan dan pengembangan SDM harus menjadi suatu solusi tepat bagi permasalahan perusahaan, yaitu untuk memperbaiki kekurangan dari keterampilan setiap pekerja. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menguji apakah pelatihan dan pengembangan SDM tersebut efektif di dalam mencapai sasaran-sasarannya yang telah ditetapkan.

 

Pelatihan dan pengembangan SDM adalah hal penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Di era globalisasi seperti ini semua orang dituntut untuk lebih canggih dalam menggunakan teknologi saat bekerja.

Selain melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, Anda juga harus menggunakan berbagai teknologi yang mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis. Salah satunya menggunakan software akuntansi untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda dalam mengatur biaya perusahaan termasuk biaya untuk memberikan upah karyawan. Jurnal juga dapat membantu Anda membuat laporan keuangan secara lengkap dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Hanya dengan memasukkan seluruh transaksi keuangan ke dalam Jurnal, Anda akan dapat melihat secara realtime kondisi keuangan perusahaan Anda. Temukan info lebih lanjut mengenai Jurnal di sini dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga untuk nikmati free trial hingga 14 hari.