Tujuan & Analisis Evaluasi Kinerja Keuangan dalam Perusahaan

Evaluasi kinerja adalah suatu metode dan proses penilaian dan pelaksanaan tugas seseorang atau sekelompok orang atau unit-unit kerja dalam satu perusahaan atau organisasi sesuai dengan standar kinerja atau tujuan yang ditetapkan lebih dahulu. Kinerja keuangan perusahaan berkaitan erat dengan pengukuran dan penilaian kinerja.

Evaluasi atau penilaian kinerja keuangan ini penting dilakukan karena membantu pihak perusahaan menentukan langkah perusahaan selanjutnya. Dengan adanya penilaian atau evaluasi kinerja, pengelolaan perusahaan menjadi lebih mudah dilakukan karena perusahaan bisa menetapkan tindakan kebijaksanaan perusahaan berdasarkan data yang telah dievaluasi dai kinerja perusahaan.

Tujuan Evaluasi Kinerja Keuangan

Munawir menyatakan bahwa tujuan dari pengukuran kinerja keuangan perusahaan adalah sebagai berikut:

a. Mengetahui tingkat likuiditas

Likuiditas menunjukkan kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan yang harus segera diselesaikan pada saat ditagih.

b. Mengetahui tingkat solvabilitas

Solvabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya apabila perusahaan tersebut dilikuidasi, baik keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

c. Mengetahui tingkat rentabilitas

Rentabilitas atau yang sering disebut dengan profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu.

d. Mengetahui tingkat stabilitas

Stabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk melakukan usahanya dengan stabil yang diukur dengan mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk membayar utang-utangnya serta membayar beban bunga atas utang-utangnya tepat pada waktunya.

Analisis Evaluasi Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan dapat dinilai dengan beberapa alat analisis. Berdasarkan tekniknya menurut Jumingan (2006), analisis keuangan dapat dibedakan menjadi:

a. Analisis perbandingan laporan keuangan

Teknik analisis dengan cara membandingkan laporan keuangan dua periode atau lebih dengan menunjukkan perubahan, baik dalam jumlah (absolut) maupun dalam persentase (relatif).

b. Analisis tren (tendensi posisi)

Teknik analisis untuk mengetahui tendensi keadaan keuangan apakah menunjukkan kenaikan atau penurunan.

c. Analisis persentase perkomponen (common size)

Teknik analisis untuk mengetahui persentase investasi pada masing-masing aktiva terhadap keseluruhan atau total aktiva maupun utang.

d. Analisis sumber & penggunaan modal kerja

Teknik analisis untuk mengetahui besarnya sumber dan penggunaan modal kerja melalui dua periode waktu yang dibandingkan.

e. Analisis sumber dan penggunaan kas

Teknik analisis untuk mengetahui kondisi kas disertai sebab terjadinya perubahan kas pada suatu periode waktu tertentu.

f. Analisis rasio keuangan

Teknik analisis keuangan untuk mengetahui hubungan di antara pos tertentu dalam neraca maupun laporan laba rugi baik secara individu maupun secara simultan.

g. Analisis perubahan laba kotor

Teknik analisis untuk mengetahui posisi laba dan sebab-sebab terjadinya perubahan laba.

h. Analisis breakeven

Teknik analisis untuk mengetahui tingkat penjualan yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

Langkah-langkah melakukan Evaluasi Kinerja Karyawan

Evaluasi kinerja di perusahaan harus dilakukan secara sistematis dan terstruktur dengan baik apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah data-data yang terkait dengan penilaian karyawan dan keobjektifitasan dari data tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini menjadi pekerjaan rumah utama yang harus dipersiapkan dengan matang oleh divisi HR.

Setelah data-data yang diperlukan telah siap, maka penilaian performa karyawan menjadi agenda berikutnya. Dalam tahap ini, penting bagi setiap penilai untuk melakukan evaluasi dengan objektif dan tidak mengada-ngada. Para penilai juga harus mampu menyampaikan kritik serta saran terhadap setiap karyawan yang dinilai untuk peningkatan performa mereka. Terakhir, para penilai juga harus menampung aspirasi karyawan untuk kemajuan perusahaan.

Evaluasi kinerja keuangan bagi sebuah perusahaaan baik untuk tujuan internal maupun eksternal sangatlah penting. Bagi investor, manfaat informasi tentang kinerja keuangan yaitu untuk melihat apakah investor akan mempertahankan investasi pada perusahaan tersebut atau mencari alternatif lain. Jika kinerja perusahaan baik, nilai usaha akan tinggi. Dengan nilai usaha yang tinggi membuat para investor melirik perusahaan tersebut untuk menanamkan modal sehingga akan terjadi kenaikan harga saham.

Karena pentingnya evaluasi kinerja keuangan tersebut, maka tidak ada salahnya jika sedari awal, perusahaan selalu membiasakan untuk memiliki pencatatan keuangan yang baik tertib. Jurnal software akuntansi online merupakan sebuah solusi untuk memiliki pencatatan keuangan yang baik sejak awal usaha. Dengan Jurnal, dapatkan kemudahan untuk membuat evaluasi kinerja keuangan. Informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.
Artikel telah diedit dan mendapat revisi.

PUBLISHED22 Apr 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: