Tips Sukses Memiliki Usaha Kuliner Bagi Pemula

Makanan adalah kebutuhan dasar bagi manusia. Dengan memiliki usaha kuliner, potensi untuk berhasil bisa lebih tinggi dibanding usaha lainnya. Namun, persaingan di bidang ini juga sangat ketat, Anda memerlukan strategi khusus untuk bisa bersaing dengan usaha yang sama agar bisa tetap bertahan dan berkembang dengan baik. Di bawah ini ada beberapa tips penting yang bisa Anda ikuti untuk usaha kuliner yang sedang Anda jalani.

 

Modal Awal

Banyak calon pengusaha yang kadang merasa takut dan khawatir dengan modal awal yang harus disediakan untuk memulai usaha. Padahal, modal bukanlah masalah besar, kreativitas adalah modal yang paling mahal. Jika Anda terkendala dengan modal (uang), Anda bisa mengajak orang-orang terdekat yang bisa dipercaya untuk meminjamkan modal atau ajak mereka untuk menjadi partner Anda dalam menjalankan usaha. Namun perlu dicatat, karena modal adalah masalah yang sangat penting dan sensitif, maka pastikan untuk membuat perjanjian yang jelas dan mengikat dari awal usaha. Anda juga dapat memanfaatkan pihak ketiga seperti investor. Dengan ide usaha yang baik dan dapat dipercaya, Anda bisa mencari investor yang berani menanamkan modalnya ke usaha Anda ataupun Anda bisa meminjam modal ke Bank.

 

Lokasi Strategis

Jika Anda memiliki sebuah tempat usaha sendiri di lokasi yang strategis, mungkin akan sangat mengutungkan. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki hal tersebut, sedangkan uang sewa tempat usaha di lokasi strategis biasanya sangat mahal. Jika ini adalah termasuk salah satu permasalahan Anda untuk memulai bisnis, tidak perlu khawatir, Anda mungkin bisa mencari partner yang memiliki lokasi strategis, kemudian bermitra dengan sistem bagi hasil. Cara kedua, Anda bisa mulai memikirkan untuk membuka usaha kuliner kecil menggunakan sistem booth yang tidak membutuhkan banyak modal sekaligus uang sewa lahan yang relatif kecil. Dengan menggunakan booth, Anda bisa berjualan di lokasi strategis misalanya di halaman minimarket, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya sewa tempat.

 

Menu Andalan

Banyak yang memutuskan untuk memulai usaha kuliner disebabkan oleh banyaknya keuntungan yang ditawarkan. Hal ini memang sangat umum, mengingat setiap hari orang pasti butuh makan. Namun tahukah Anda bahwa persaingan di dunia kuliner juga sangat ketat, memiliki ciri khas yang membuat pelanggan mudah mengingat produk adalah sebuah nilai lebih. Oleh karena itu, butuh menu andalan sebagai ciri khas usaha kuliner Anda. Menu andalan tidak harus sesuai dengan standar kekinian dengan citarasa internasional. Anda bisa mengusung menu–menu lokal yang unik tapi memiliki nilai lebih. Pastikan Anda telah menguji coba menu tersebut dan mendapat pengakuan baik dari orang-orang terdekat terlebih dahulu.

 

Target Pemasaran

Target pemasaran adalah sebuah alat ukur yang menjadikan usaha kuliner Anda lebih spesifik dan tepat sasaran. Target pemasaran dalam sebuah usaha kuliner sangatlah penting karena akan terkait dengan produk dan lokasi yang akan Anda pilih. Misalnya, jika Anda menetapkan target pemasaran untuk kalangan remaja, maka menyewa lahan di dekat sekolah, area kampus atau daerah yang banyak dihuni anak kos adalah pilihan yang tepat. Demikian pula dengan menu andalan, jika target pemasaran Anda adalah remaja atau anak muda, maka menu yang harus dipilih adalah menu kekinian yang banyak digemari anak muda dengan harga terjangkau sesuai dengan kemampuan mereka.

 

Promosi yang Tepat

Promosi adalah bagian terakhir dari sebuah usaha yang harus segera dilakukan ketika usaha tersebut mulai berjalan. Promosi memegang peranan penting agar produk kita lebih dikenal terlebih dahulu sebelum mereka datang ke tempat usaha kuliner Anda.Hal yang paling penting untuk kita pahami dari bidang promosi ini adalah sebuah efektivitas. Promosi yang dilakukan harus tepat sasaran, gunakan media yang sesuai dengan target pemasaran Anda. Jika target pemasaran Anda adalah orang tua atau pegawai kantoran, Anda bisa mulai menawarkan atau menyebarkan brosur ke kantor-kantor terdekat lokasi usaha Anda.

 

Kelola Keuangan dengan Baik

Usaha apapun butuh pengelola keuangan yang baik tidak terkecuali dengan usaha kuliner. Mengingat usaha ini terkadang penjualannya agak susah untuk dihitung secara manual terlebih jika mulai diserahkan pada pihak lain seperti karyawan, maka ada baiknya Anda mulai memikirkan untuk menginvestasikan usaha Anda dengan sebuah software akuntansi yang bisa membantu untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik.

 

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, dan aman. Jurnal juga menyediakan fitur pengecekan stok, penghitungan keuangan, laporan, tagihan, maupun pengelolaan aset yang pastinya sangat berguna untuk bisnis Anda kedepan. Dengan Jurnal, Anda bisa lebih fokus untuk memperbesar bisnis Anda, dan menyerahkan masalah keuangan langsung pada ahlinya.Untuk informasi lebih lengkap tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

 


PUBLISHED04 Oct 2017
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: