Strategi Tepat untuk Pengembangan SDM dalam Perusahaan

Strategi pengembangan Sumber Daya Manusia atau disingkat SDM perlu dilakukan di era globalisasi seperti sekarang ini. Pengembangan SDM dilakukan untuk membentuk personal yang berkualitas dengan keterampilan, kemampuan kerja, dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan ataupun organisasi. Strategi pengembangan SDM tidak hanya melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan, namun ada banyak cara untuk mengembangkannya.

Ada beberapa strategi yang dapat dipelajari oleh perusahaan dalam mengembangkan dan menemukan SDM yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa strategi yang bisa dipelajari oleh perusahaan dalam mewujudkan SDM sesuai dengan kebutuhan dan target perusahaan ke depannya.

1. Pelatihan

Pelatihan dapat dilakukan dengan mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap. Pelatihan tidak hanya berguna untuk karyawan, tapi juga perusahaan. Di mana, perusahaan tidak akan berkembang jika karyawannya tidak memiliki keterampilan dan minat kerja yang tinggi.

Melalui pelatihan inilah, perusahaan dapat menggali potensi karyawannya dengan mengembangkan keterampilan yang mereka miliki. Dengan begitu, setiap perusahaan yang menerapkan pelatihan pada karyawannya akan menghasilkan SDM yang berkualitas.

2. Pendidikan

Pengembangan SDM melalui pendidikan dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan kerja, dalam arti pengembangan yang bersifat formal dan berkaitan dengan karir mereka. Setiap karyawan membutuhkan pendidikan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada pekerjaan mereka dengan mudah karena pendidikan mengajarkan langkah dan cara yang digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

3. Pembinaan

Pembinaan dapat dilakukan dengan mengatur dan membina manusia sebagai sub-sistem organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti manpower planning, performance appraisal, job analytic, job classification, dan lain-lain. Hal semacam ini pastinya dapat menjadi strategi jitu dalam menghasilkan SDM yang sama berkualitasnya dengan jenis strategi lain.

Baca juga: Teknologi dan SDM Jadi Kunci dalam Mengembangkan Bisnis Jasa

4. Recruitment

Recruitment dapat dilakukan untuk memperoleh SDM sesuai klasifikasi kebutuhan perusahaan sebagai salah satu alat organisasi dalam pembaruan dan pengembangan. Strategi ini bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menilai calon karyawannya untuk menjadi bagian dari suatu perusahaan.

5. Perubahan Sistem

Perubahan sistem dilakukan untuk menyesuaikan sistem dan prosedur organisasi sebagai jawaban untuk mengantisipasi ancaman dan peluang faktor eksternal. Selain itu, sistem juga mendukung berjalannya aktivitas atau operasional perusahaan.

6. Kesempatan

Memberikan kesempatan pada karyawan untuk menyalurkan ide dan gagasannya. Dengan begitu, karyawan akan lebih berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan. Hal ini juga bisa membuat karyawan merasa lebih dihargai dan dapat membuat mereka lebih berkembang. 

7. Penghargaan

Memberikan penghargaan terhadap karyawan yang berprestasi merupakan salah satu strategi pengembangan SDM. Dengan begitu, karyawan lain akan termotivasi untuk menjadi lebih baik, dan berdampak besar dalam perkembangan perusahaan.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan dalam pengembangan SDM. Dengan SDM yang berkualitas, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan lebih mudah dan nyaman. Namun, untuk mengembangkan bisnis, Anda juga membutuhkan strategi bisnis yang tepat. Cobalah buat strategi dengan melihat laporan keuangan perusahaan Anda.

Baca juga: 24 Tools Digital untuk Bisnis Lebih Modern dan Berkembang

Dengan memiliki laporan keuangan yang akurat, Anda dapat membuat strategi tepat untuk mengembangkan bisnis. Jika Anda merasa kesulitan untuk memiliki laporan keuangan yang akurat, cobalah buat laporan keuangan menggunakan bantuan software akuntansi. Dengan ini Anda tidak perlu kerepotan dan kebingungan membuat laporan keuangan.

Salah satu software akuntansi yang bisa digunakan yaitu Jurnal. Hanya dengan mencatat transaksi bisnis melalui Jurnal, Anda dapat menerima laporan keuangan secara instan dan akurat. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun dengan koneksi Internet.

Dengan Jurnal, Anda juga dapat menikmati berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan bisnis seperti fitur stok barang, invoice, pengelolaan aset, hingga pembayaran lebih cepat. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jurnal di sini.


PUBLISHED03 Apr 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: