Semua Hal Tentang Riset Pemasaran yang Harus Anda Ketahui

Riset pemasaran dapat dikatakan sebagai penelitian sistematis yang dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, pengelolaan data, dan interpretasi hasil penelitian.

Dengan melakukan riset pemasaran akan diketahui produk atau jasa yang ditawarkan, di mana produk atau jasa tersebut dibutuhkan, dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para konsumen. Dan bisa juga untuk mengetahui seberapa besar pemintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun.

Jenis-Jenis Riset Pemasaran

Pentingnya Memahami Marketing Dalam Bisnis

Dari hasil riset pemasaran tersebut kita bisa menggunakannya untuk menciptakan sebuah usaha dan juga strategi pemasaran (mengukur keberhasilan rencana bisnis). Perlu diketahui jenis-jenis riset pemasaran, diantaranya sebagai berikut.

Riset Primer

Riset ini dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari hasil penjualan terkini dan efektif yang sedang dijalankan.

Riset Sekunder

Riset ini berfungsi menganalisis data yang sudah diterbitkan. Alhasil kita dapat menemukan pesaing dan bisa membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran.

Objek Riset Pemasaran

Terdapat 4 (empat) hal yang biasa dijadikan sebagai objek riset pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan distribusi.

Riset Produk

Produk termasuk hal yang paling pokok dalam sebuah pemasaran, jika tidak ada produk/jasanya. Rriset produk biasanya menempati urutan pertama dari sebuah riset pemasaran.

Riset Harga

Harga juga termasuk hal penting untuk di riset, tujuannya tentu untuk melihat kesesuaian antara harga dengan produknya kemudian juga melihat patokan harga pasaran atau harga produk serupa yang  dijual oleh kompetitor bisnis.

Riset Promosi

Riset promosi dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi terhadap pemasaran produk.

Riset Distribusi

Distribusi juga tidak kalah penting dilakukan penelitian guna melihat apakah perjalanan distribusi berjalan dengan baik atau tidak.

Langkah Dasar dalam Melakukan Riset Pemasaran

1. Merumuskan Masalah

Hal pertama kali yang harus dilakukan untuk menjalankan riset pemasaran adalah merumuskan masalah. Proses perumusan masalah ini sangat penting untuk dilakukan agar kita mengerti betul dengan tujuan yang akan dicapai setelah riset selesai. Pada dasarnya riset disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang kita hadapi dalam bisnis.

Misalnya permasalahan kita adalah ingin menentukan besarnya biaya yang akan digunakan untuk promosi atau iklan. Perumusan masalahnya adalah bagaimana cara mengetahui besarnya biaya yang diperlukan. Sedangkan kesimpulan yang akan didapat adalah dalam bentuk kisaran nilai dari biaya promosi yang paling ideal.

2. Menentukan Desain Riset

Desain riset dibutuhkan untuk menentukan prosedur secara rinci mengenai cara pengumpulan data, cara pengujian hipotesa, dan kemungkinan menyebar kuesioner dengan berbagai model yang ditentukan. Penentuan desain riset biasanya didasarkan pada parameter yang akan diambil untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tertentu.

3. Merancang Metode Pengumpulan Data

Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diambil langsung dari lapangan, sedangkan data sekunder biasanya berupa data yang diambil dari buku, Internet, dan pustaka lainnya yang relevan.

4. Mengambil Sampel & Melakukan Pengumpulan Data

Pengambilan sampel dan pengumpulan data di lapangan. Anda bisa melakukan pengambilan sampel didasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu probability atau non probability sampling.

5. Melakukan Analisa & Interpretasi Data

Sebuah pengumpulan data tidak akan pernah bisa menjadi sebuah kesimpulan jika tidak dilakukan analisis dan interpretasi data. Anda bisa mulai dari editing, coding, tabulasi, analisa statistik, dan interpretasi data. Data yang diolah inilah yang akan memberikan petunjuk pada kesimpulan yang akan Anda ambil.

6. Menyusun Laporan Riset

Laporan riset pemasaran bisa berupa laporan hasil, kesimpulan serta rekomendasi penelitian yang diberikan kepada pihak manajemen. Kemudian pihak manajemen akan mengambil keputusan berdasarkan hasil dari interpretasi data sebelumnya. Laporan riset inilah yang akan menjadi standar penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset pemasaran.

Riset pemasaran sudah selayaknya dilakukan baik perusahaan maupun individu yang baru ingin memulai atau yang sudah menjalankan usaha. Beban biaya  yang dikeluarkan saat riset mungkin menjadi pertimbangan saat melakukan riset, namun dampak yang dihasilkan apabila berhasil dilakukan tentu lebih banyak keuntungan yang didapat. Jika Anda melakukan riset pemasaran dengan benar, data penting yang berguna untuk pertumbuhan bisnis akan dengan mudah didapatkan. Terkadang pelaksanaan riset pemasaran juga bisa mengalami kesalahan, sehingga menyebabkan data yang didapatkan tidak valid.

Jurnal software akuntansi online, membantu Anda untuk memiliki perencanaan biaya yang baik bagi sebuah usaha untuk melakukan riset pemasaran dengan fitur pembiayaan yang dimilikinya. Selain itu, Jurnal akan membantu usaha Anda untuk memiliki perkiraan keuangan dan laporan keuangan terkini secara realtime melalui fitur laporan keuangan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Dengan Jurnal, Anda bisa memiliki berbagai kemudahan dalam mengelola  keuangan bisnis. Info lebih lengkap tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.


PUBLISHED03 Apr 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: