Jurnal Enterpreneur

Pengertian, Fungsi, dan Bentuk Buku Besar Akuntansi

Yang dimaksud buku besar adalah? Pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, dan bentuk buku besar akuntansi termasuk T, Skontro, dan Staffle adalah sebagai berikut di blog Jurnal by Mekari disini.

Salah satu laporan keuangan sederhana yang tidak boleh dilupakan oleh seorang pemilik bisnis adalah buku besar.

Buku besar akuntansi adalah alat yang digunakan untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu akun yang disebabkan karena adanya transaksi keuangan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda dalam pembuatan laporan keuangan termasuk buku besar? Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

tampilan buku besar aplikasi pembukuan

 

Pengertian Buku Besar Akuntansi Adalah Sebagai Berikut

Yang dimaksud dengan buku besar akuntansi (Ledger) adalah suatu kumpulan akun-akun yang digunakan untuk meringkas transaksi yang telah dicatat dalam jurnal.

Buku besar akuntansi perusahaan juga dapat diartikan sebagai sebuah tahapan catatan terakhir dalam akuntansi atau book of final entry yang menampung ringkasan data yang sudah dikelompokan atau diklasifikasikan yang berasal dari jurnal.

Buku ini berisi tentang perkiraan-perkiraan yang mengikhtisarkan pengaruh adanya transaksi keuangan terhadap perubahan sejumlah akun.

Akun akun yang tercatat di dalam buku besar akuntansi perusahaan merupakan akun akun yang berbeda seperti akun aktiva, kewajiban, dan modal perusahaan.

Penting diingat bahwa banyaknya jumlah perkiraan buku besar yang dibutuhkan/dicatat perusahaan berbeda-beda, karena tergantung kepada kekayaan dan keuangan perusahaan, jenis kegiatan, volume transaksi dan informasi yang diinginkan perusahaan.

Fungsi setiap akun-akun yang terdapat di buku besar akuntansi perusahaan berbeda sesuai dengan kondisi perusahaan masing-masing.

Data dalam buku besar akuntansi belum terperinci karena akun pada buku besar terkadang tidak mencerminkan data secara rinci, seperti rekening utang, piutang, dan persediaan barang dagang.

Untuk melihat rekening-rekening tersebut diperlukan rekening lain yang dikelompokkan dalam suatu buku atau kumpulan kartu-kartu yang disebut buku besar pembantu atau subsidiary ledger.

Dengan begitu maka ada buku besar pembantu utang, buku besar pembantu piutang, dan buku besar pembantu barang dagang.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian Fungsi Buku Besar Adalah Sebagai Berikut

Dalam sebuah perusahaan harus memiliki buku besar, karena fungsinya sangat penting.

Buku besar berfungsi untuk meringkas semua data transaksi yang sudah tertulis di dalam jurnal umum.

Selain itu digunakan sebagai alat yang menggolongkan data keuangan, dari yang jumlahnya besar sampai kecil.

Jadi Anda tahu ada perbedaan atau tidak dari semua data keuangan yang masuk.

Semua data yang sudah ditulis di jurnal, harus dicatat atau digolongkan lagi dalam buku besar untuk menyeimbangkan jumlah akun yang ada di kolom debit dan kredit dan juga sebagai bahan informasi ketika menyusun laporan keuangan.

Yang dimaksud dengan buku besar akuntansi (Ledger) adalah suatu kumpulan akun-akun yang digunakan untuk meringkas transaksi yang telah dicatat dalam jurnal.

pengertian fungsi dan bentuk buku besar akuntansi adalah

Bisa dikatakan fungsi buku besar akuntansi ini adalah sangat krusial dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan.

Masing-masing bentuk buku besar akuntansi perusahaan memiliki kegunaan tersendiri. Hal ini bergantung pada setiap perusahaan.

Anda harus menyesuaikan dengan perusahaan Anda dan melihat berapa banyak transaksi di dalam perusahaan Anda.

Lalu fungsi beberapa khusus buku besar akuntansi adalah sebagai berikut ini:

  • Proses pencatatan data-data transaksi keuangan dalam bisnis Anda yang terjadi selama periode akuntansi. Baik saat ini maupun seterusnya.
  • Media klasifikasi dan pencatatan kode data transaksi yang bersumber dari akun-akun perusahaan.
  • Sebagai bukti atau validasi dari semua data yang telah terkumpul.
  • Pembaharuan terhadap akun yang terdapat pada buku besar umum dan berkas berkas data transaksi.
  • Sebagai pencatatan penyesuaian terhadap akun akun perusahaan.
  • Persiapan laporan keuangan di akhir periode akuntansi.

Selain fungsi-fungsi dari buku besar akuntansi perusahaan di atas, ada pula manfaat dari buku besar.

Di antara manfaatnya adalah:

  • Pencatatan data transaksi bisnis yang akurat. Setiap data tersebut akan lebih mudah dipertanggung jawabkan ketika akhir periode yaitu pada saat pembuatan laporan keuangan. Dengan catatan data transaksi yang tepat dan akurat, maka pembuatan laporan keuangan akan lebih mudah juga.
  • Memposting semua transaksi yang terjadi dalam bisnis dengan benar berdasarkan akun akun perusahaan.
  • Menyeimbangkan debet dan kredit dalam akun perusahaan.
  • Mempermudah proses pembuatan jurnal penyesuaian dengan catatan data transaksi yang akurat.

Baca juga: Cara Membuat Neraca Saldo dengan Mudah

Pengertian, Juga Contoh Bentuk Buku Besar Akuntansi Adalah Sebagai Berikut

pengertian fungsi dan bentuk buku besar akuntansi adalah

1. Bentuk T

Buku besar perusahaan dengan bentuk T dalam akuntansi atau keuangan merupakan sebuah bentuk buku besar yang paling sederhana dan bentuknya hanya seperti huruf T besar.

Di sebelah kanan menunjukan sisi Kredit, di sebelah kiri menunjukan sisi Debit.

Bentuk juga fungsi dari buku besar ini cukup sederhana dan mudah.

Nama akun diletakkan pada sisi kiri atas buku besar dan kode akun diletakkan di sisi kanan atas buku besar.

Jumlah akun dan transaksi yang dicatat berbeda-beda untuk setiap perusahaan.

Tergantung pada jenis perusahaan dan jenis transaksi yang terjadi dalam satu periode perusahaan.

Bentuk Buku Besar T tetap memiliki kesamaan meskipun akun yang dicatat berbeda.

Kesamaannya yaitu format tanggal, debit, kredit, dan nama dan nomor akun, total di akhir jumlahnya.

Baca Juga : Fungsi, Aktivitas, dan Berbagai Jenis Akuntansi

2. Bentuk Skontro

Bentuk skontro biasa disebut bentuk dua kolom. Skontro sendiri artinya adalah sebelah atau dibagi dua yaitu kanan dan kiri atau debet dan kredit.

Fungsi dari buku besar bentuk skontro cukup penting dan sering digunakan dalam perusahaan.

Buku besar skontro adalah merupakan salah satu bentuk buku besar akuntansi perusahaan yang cukup mudah namun tetap detail dalam setiap catatan transaksi dan nominalnya.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Cara Melakukan Analisis Transaksi Akuntansi Bagi Pemula

3. Bentuk Staffle Berkolom Saldo Tunggal

Buku besar bentuk staffle berkolom saldo tunggal biasanya digunakan dalam perusahaan yang memiliki banyak jumlah transaksi.

Kolom saldo digunakan untuk menuliskan hasil setelah terjadi transaksi debet atau kredit.

Ini akan lebih memudahkan jika jumlah transaksi yang terjadi banyak dalam satu periode.

Baca Juga : Apa itu Neraca Saldo dan Bagaimana Contohnya

4. Bentuk Staffle Berkolom Saldo Rangkap

Pengertian dari buku besar bentuk staffle berkolom ganda adalah bentuk buku yang menyerupai bentuk kolom saldo buku besar.

Yang membedakan dari bentuk staffle berkolom tunggal hanyalah dalam kolom saldo, dibagi menjadi 2 kolom lagi yaitu kolom debet dan kolom kredit.

Baca juga: Mengenal Arti. Fungsi, dan Bagian Sistem Informasi

Kesimpulan Tentang Pengertian, Fungsi, dan Bentuk Buku Besar Akuntansi Adalah?

Membangun sebuah perusahaan memang perlu persiapan yang matang.

Ada banyak hal yang harus disiapkan agar sebuah perusahaan bisa berdiri dan tetap berjalan dengan lancar.

Tidak hanya memikirkan tentang cara dan proses pemasaran suatu produk saja, membangun sebuah perusahaan harus memikirkan tentang pengelolaannya juga.

Pengelolaan yang terdapat di perusahaan tidak hanya tentang bagaimana mengelola proses produksi atau bagaimana mengelola sebuah barang agar bisa terjual di pasaran.

Pengelolaan dalam perusahaan juga termasuk tentang pengelolaan keuangan di dalam perusahaan.

Sebuah perusahaan dengan pengelolaan keuangan yang baik akan bisa bertahan lebih lama.

Pengelolaan keuangan dalam perusahaan memiliki banyak jenis. Membuat buku besar perusahaan adalah salah satunya.

Laporan keuangan berperan sangat penting bagi perkembangan sebuah bisnis.

Dengan adanya laporan keuangan, kondisi finansial perusahaan dapat dilihat  dan dipantau pada periode tertentu.

Dari pantauan kondisi finansial ini akan dapat dilakukan evaluasi, selanjutnya adalah pengambilan keputusan yang berhubungan dengan strategis maupun operasional perusahaan.

Contoh pembuatan buku besar akuntansi menggunakan software akuntansi Jurnal

Itulah sekilas penjelasan tentang pengertian, fungsi, dan bentuk dari buku besar akuntansi.

Buku besar wajib dimiliki oleh setiap perusahaan untuk membantu mengatur keuangan dengan baik.

Buku besar perusahaan memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk kelangsungan perusahaan.

Sehingga penting untuk sebuah bisnis memiliki buku besar yang tetap dan pencatatan transaksi yang akurat.

Selain memudahkan proses pembuatan laporan keuangan, buku besar perusahaan juga akan memudahkan pembuatan jurnal penyesuaian jika diperlukan.

Hal ini karena semua data transaksi telah tercatat dengan tepat dan akurat untuk pelaporan keuangan di setiap akhir periode dalam siklus akuntansi.

Sebagai pemilik usaha, Anda harus mengamati buku besar dan mencocokan transaksi yang terjadi setiap saat.

Terutama jika usaha Anda masih tergolong UKM dan transaksi masih bisa diamati dengan teliti.

Namun jika transaksi sudah mulai besar dan banyak, maka pencatatan transaksi akan lebih bagus dengan otomatisasi yang akan memudahkan pekerjaan Anda.

Untuk membuat buku besar dengan lebih mudah, Anda dapat memanfaatkan fitur aplikasi laporan keuangan dari program akuntansi Jurnal by Mekari.

Fitur dari program akuntansi ini mencakup pembuatan laporan keuangan secara lengkap, akurat dan terautomasi sehingga akan lebih mudah dan terhindar dari resiko human error.

Segera coba Jurnal sekarang untuk membuat buku besar dan laporan keuangan bisnis, dapatkan free trial coba gratis aplikasi akuntansi Jurnal hingga 14 hari!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, pembahasan lengkap tentang yang dimaksud buku besar, pengertian, fungsi, dan bentuk buku besar akuntansi adalah sebagaimana telah diulas blog Jurnal By Mekari diatas.

Semoga informasi tersebut bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya. Silahkan untuk dibagikan juga ke sosial media!

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo