Jurnal Enterpreneur

Nikmati Kemudahan dalam Proses Rekonsiliasi Bank dengan Direct Feeds BCA Bisnis

Mendaftarkan dan membuka akun rekening di bank, bukan berarti Anda sudah mencatat seluruh bukti transaksi dan mencatat keuangan perusahaan. Masalah umumnya, akan terjadi perbedaan dan selisih jumlah kas yang tercatat di bank dan di pembukuan perusahaan.

Biasanya hal ini terjadi karena adanya biaya administrasi serta pembagian bunga bank yang tidak tercatat di pembukuan perusahaan.

Kasus seperti ini sering terjadi, untuk itu Anda membutuhkan metode pencatatan kas yang dapat menyesuaikan saldo kas di bank dengan saldo kas yang ada di buku akun perusahaan, yaitu metode rekonsiliasi bank.

Rekonsiliasi bank merupakan aktivitas perincian dan penyesuaian atas perbedaan catatan transaksi perusahaan dan Bank. Melalui proses rekonsiliasi, perusahaan bisa melihat laporan arus kas dan keuangan serta bisa membandingkan dengan laporan dari Bank dalam bentuk Bank statement atau mutasi rekening.

Tujuan Melakukan rekonsiliasi bank adalah untuk mengoreksi jika terjadi kesalahan pencatatan, mengetahui jumlah penerimaan dan pengeluaran yang belum tercatat oleh perusahaan.

Dengan menghubungkan akun Jurnal dengan rekening BCA Bisnis, Anda tidak perlu menyalin mutasi rekening secara manual, karena data mutasi akan secara otomatis tercatat pada akun Jurnal Anda.

Keuntungan Memakai Direct Feeds BCA Bisnis

Berikut penjelasannya.

Mencatat Secara Otomatis

Jurnal akan membantu Anda mencatat serta menyalin semua transaksi  serta memudahkan Anda mengelola keuangan hingga membuat laporan rekonsiliasi.

Baca Juga : 5 Tahap Sederhana Prosedur Pelaksanaan Rekonsiliasi Bank

Proses Rekonsiliasi Lebih Cepat

Anda tidak perlu lagi memeriksa transaksi satu per satu. Karena, sistem Jurnal akan secara otomatis memberikan rekomendasi dalam pencocokan berdasarkan angka, tanggal, dan deskripsi yang paling sesuai.

Misalnya, Anda mencatat transaksi penerimaan pembayaran melalui Jurnal, dan terdapat mutasi rekening dengan jumlah dan tanggal yang sama ataupun berdekatan.

Sistem Jurnal akan secara otomatis memberikan rekomendasi dalam pencocokan transaksi. Dengan begitu, Anda tak perlu repot lagi mencari transaksi yang sama.

Hal ini bukan hanya memudahkan, tapi juga dapat menghemat waktu Anda dalam proses rekonsiliasi.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Apa itu Rekonsiliasi Bank? Kenali Fungsi dan Istilahnya!

Cara Mengaktifkan Direct Feeds BCA Bisnis

Berbeda dengan BCA Personal yang mengharuskan Anda untuk mengisi formulir surat kuasa yang menyatakan bahwa Anda memberikan ijin kepada aplikasi akuntansi dari Jurnal untuk mengambil data mutasi rekening untuk disinkronisasikan ke Jurnal.

  1. Klik menu Kas & Bank dan klik nama akun Bank BCA Corporate/Bisnis Anda.
  2. Pilih Action > Install Direct Feeds.
  3. Pilih BCA Corporate (Bisnis).
  4. Mengisi data dan masukkan token key BCA dengan menekan apply 1 pada token. Jika telah selesai klik Lanjutkan.
  5. Masukkan token dengan menekan apply 1 pada key BCA dan klik Submit.
  6. Pilih Bank statement untuk melihat hasil mutasi rekening

Setelah direct feeds dari bank di aktifkan melalui BCA Bisnis, Anda bisa melakukan pembaruan dengan me-refresh feeds untuk mendapatkan data mutasi terbaru. Jangan lupa, Anda hanya bisa melakukan penarikan data pada BCA bisnis namun harus melakukannya secara manual.

Lalu bagaimana cara memperbarui data atau feeds? Anda dapat memperbaruinya melalui halaman detail akun Bank Anda dan klik Action > Perbarui Feeds.

Jadi, tunggu apalagi? Segera aktifkan direct feeds BCA Bisnis Anda sekarang juga dan nikmati kemudahan dalam proses rekonsiliasi.

Baca Juga : Permudah Rekonsiliasi dengan Aplikasi Pencocokan Transaksi

Jurnal memiliki fitur aplikasi akuntansi untuk bisnis yang mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan aplikasi akuntansi bisnis dari Jurnal, Anda dapat lebih mudah membuat laporan keuangan, termasuk laporan rekonsiliasi Bank.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan manfaat aplikasi invoice Jurnal untuk memonitor transaksi penjualan dan pembelian pada bisnis, serta dapat membuat invoice dan melakukan penagihan secara otomatis begitu ada pembelian dari pelanggan.

Info lebih lanjut mengenai fitur akuntansi untuk bisnis dari Jurnal, Anda dapat mencoba demo gratis free trial 14 hari dengan klik di sini !

 

Kategori : Produk

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo