Mengenal Fungsi Manajemen Personalia dalam Perusahaan

Personalia adalah serangkaian kegiatan manajemen perusahaan dalam mengelola SDM pada hal-hal yang terkait administratif dan mengatur hubungan industrial antara perusahaan dengan karyawannya. Pengelolaan dari fungsi personalia ini  atau yang dikenal dengan istilah manajemen personalia, antara lain bertanggung jawab terhadap employee database, payroll, dan pembayaran benefit lainnya. Termasuk didalamnya pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti tahunan, filling dokumen dan rekruitmen. Fungsi utama manajemen personalia itu terdiri atas:

Perencanaan

Perencanaan tersebut berarti menentukan suatu program manajemen perusahaan personalia yang akan dapat membantu mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan.

Pengorganisasian

Tips Mendirikan Bisnis Event Organizer yang Perlu Anda Ketahui

Apabila perusahaan telah menentukan fungsi-fungsi yang harus dijalankan oleh para anggotanya, maka manajer personalia harus membentuk organisasi dengan cara merancang susunan dari berbagai hubungan diantara jabatan dalam perusahaan untuk dapat bekerja sama dengan baik dalam satu organisasi.

Pengarahan

Apabila manajer sudah mempunyai rencana dan sudah mempunyai organisasi untuk melaksanakan rencana tersebut, fungsi selanjutnya adalah mengadakan pengarahan terhadap pekerjaan. Fungsi itu berarti mengusahakan agar karyawan bekerja sama secara efektif.

Baca Juga : Fungsi & Tugas Personalia dalam Kegiatan Operasional Bisnis

Pengawasan

Tips Mendirikan Bisnis Event Organizer yang Perlu Anda Ketahui

Pengawasan adalah mengamati juga membandingkan pelaksanaan dengan terencana dan mengoreksinya jika terjadi suatu penyimpangan. Dengan arti lain pengawasan adalah suatu fungsi yang menyangkut suatu masalah pengaturan berbagai jenis kegiatan atau aktivitas sesuai dengan rencana personalia yang sudah dirumuskan sebagai dasar analisis dari tujuan suatu organisasi fundamental.

Baca Juga : 4 Proses Akuntansi Berdasarkan Fungsinya Terhadap Perusahaan

Itulah beberapa fungsi manajemen perusahaan personalia dalam suatu perusahaan. Selain manajemen personalia, Anda juga harus memiliki manajemen keuangan jika menginginkan perusahaan yang terus berkembang dengan baik. Jurnal merupakan aplikasi akuntansi perusahaan yang dapat membantu Anda melaksanakan manajemen keuangan dengan baik.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengelola aset perusahaan hingga stok barang dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Daftarkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang juga dan nikmati free trial hingga 14 hari.

Kategori : BisnisInvestasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo