Jurnal Enterpreneur

Macam-Macam Jurnal Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Pada sebuah siklus akuntansi, Anda mungkin sering mendengar tentang jurnal keuangan. Jurnal keuangan adalah tahap pencatatan yang penting dalam siklus akuntansi.

Setiap perusahaan memiliki siklus akuntansi yang berbeda. Tetapi jurnal keuangan tetap dibuat setiap akhir siklus akuntansi.

Jurnal keuangan merupakan bagian penting dari dokumen perusahaan. Jurnal keuangan akan membantu pemilik usaha melihat kondisi dari perusahaan selama satu siklus periode akuntansi.

Di kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa macam jurnal keuangan yang perlu Anda ketahui.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Fungsi Jurnal Keuangan Adalah

jurnal keuangan adalah

Jurnal termasuk salah satu proses pencatatan dalam akuntansi dan merupakan penghubung antara transaksi dengan buku besar. Fungsi jurnal ialah sebagai berikut.

a. Fungsi pencatatan, semua transaksi yang terjadi berdasarkan bukti dokumen yang ada harus dicatat. Sebagai bukti data transaksi yang akurat.

b. Fungsi historis, transaksi yang terjadi harus dicatat sesuai dengan urutan waktu (kronologis). Agar tidak tertukar dengan transaksi lain dan membuat rumit laporan keuangan.

c. Fungsi analisis, setiap transaksi yang dicatat dalam jurnal harus merupakan hasil analisis dari bukti-bukti transaksi hingga jelas letak debit/kredit perkiraan beserta jumlahnya.

d. Fungsi instruktif, pencatatan dalam jurnal merupakan instruksi atau perintah untuk melakukan posting atau memindahkan debit/kredit ke dalam buku besar.

e. Fungsi informatif, jurnal dapat memberikan informasi atau pemberitahuan mengenai transaksi yang terjadi.

Setiap fungsi dari jurnal disesuaikan dengan kebutuhan transaksi dari setiap perusahaan. Tetapi fungsi di atas merupakan bagian yang perlu diperhatikan untuk memudahkan proses pembuatan jurnal keuangan.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Macam-Macam Jurnal Keuangan

Setiap entitas memiliki cara sendiri untuk mencatat setiap transaksi yang sedang berjalan, tetapi secara umum jurnal keuangan dibagi menjadi 2 macam yaitu:

a. Jurnal Umum

Satu jurnal yang dipakai untuk melakukan pencatatan semua bentuk bukti transaksi keuangan yang muncul akibat terjadinya beragam transaksi keuangan perusahaan dalam sebuah periode akuntansi yang spesifik.

Jurnal umum menjadi buku harian dalam satu perusahaan yang diisi semua catatan transaksi yang terjadi sepanjang periode berjalan.

Jurnal umum biasanya dipakai dalam akuntansi perusahaan jasa lantaran pada prinsipnya semua transaksi dalam perusahaan jasa bisa dicatat secara urutan ke dalam jurnal umum saja, sedangkan pada akuntansi perusahaan dagang lebih efisien memakai jurnal khusus.

Baca juga: Contoh Jurnal Umum Beserta Tahapan Pembuatannya

b. Jurnal Khusus

Jurnal Khusus adalah jurnal yang dikelompokan sesuai dengan bentuk transaksi. Di mana, petugas pembukuan mengidentifikasi bentuk transaksi yang terjadi, serta mencatatnya ke dalam jurnal khusus.

Contohnya apabila dalam sebulan perusahaan melakukan pembelian kredit sejumlah 50 kali, petugas hanya berurusan dengan empat atau lima akun, bergantung pada suatu kebijakan perusahaan dalam mengklasifikasi transaksinya.

Untuk seluruh pembelian yang dikerjakan secara kredit, perusahaan menyediakan satu jurnal khusus yang disebut juga dengan jurnal pembelian.

Tiap transaksi kredit yang terjadi, petugas mencatatnya. Secara berkala, seluruh transaksi dijumlahkan serta dipindahkan ke buku besar.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Beberapa Tipe-Tipe Jurnal Khusus

Tiap perusahaan dapat menyediakan atau membuat jurnal khusus sesuai dengan kebutuhannya, oleh karena itu jurnal khusus satu perusahaan dengan perusahaan lain tidak akan sama, terkecuali untuk perusahaan-perusahaan sejenis, ada peluang jurnal khusus di desain sama bentuknya.

  • Jurnal Pembelian. Buku harian khusus untuk mencatat satu transaksi pembelian barang dagang, serta barang lain yang pembayarannya dilakukan secara kredit.
  • Jurnal Penjualan. Buku harian khusus untuk mencatat satu transaksi penjualan barang yang dilakukan secara kredit.
  • Jurnal Penerimaan Kas. Buku harian khusus yang mencatat seluruh transaksi penerimaan tunai, baik berbentuk cek maupun kas. Buku ini sering disebut buku kas masuk. Jurnal ini dilakukan untuk mencatat penerimaan piutang, penerimaan uang dari penjualan tunai, dan lain sebagainya.
  • Jurnal Pengeluaran Kas. Buku harian khusus untuk mencatat seluruh transaksi pembayaran tunai, baik memakai cek maupun kas. Jurnal ini kerap disebut juga buku kas keluar. Jurnal ini dibuat ntuk mencatat seluruh transaksi pengeluaran kas, seperti pembayaran utang, beban-beban, dan sebagainya.

Baca juga: Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus yang Harus Anda Ketahui

c. Jurnal Majemuk

Jurnal majemuk adalah pencatatan entri keuangan di mana terdapat minimum dua akun debit dan satu akun kredit.

Tetapi di dalam penerapan kesehariannya, banyak perusahaan yang mencatatkan lebih dari satu entri debit ataupun dua akun kredit.

Tujuan dibuatnya jurnal majemuk adalah untuk mencatat transaksi yang memiliki sifat serupa dan terjadi pada hari yang sama.

d. Jurnal Pembuka

Jurnal keuangan ini terdiri dari pencatatan saldo aset, liabilitas, dan modal yang dihasilkan dari siklus akuntansi periode sebelumnya.

Fungsinya adalah agar saldo aset, liabilitas, dan juga modal hasil dari pencatatan akuntansi sebelumnya dilanjutkan pada periode yang sedang berjalan, dengan begitu jurnal akuntansi terus bersambung.

e. Jurnal Transfer

Jurnal transfer adalah pencatatan jumlah akun yang dipindahkan ke akun lain. Biasanya dibuat untuk mencatat transaksi jika terjadi kesalahan pemesanan pada suatu akun.

f. Jurnal Penyesuaian

Disebut juga sebagai jurnal koreksi yaitu bentuk penyesuaian ketika ada terjadi kesalahan pada saat pencatatan transaksi atau ada transaksi yang tertinggal.

Jurnal penyesuaian biasanya dibuat pada akhir periode setelah semua transaksi dan pencatatan jurnal selesai.

Dengan begitu, catatan aset dan liabilitas dapat disesuaikan antara nilai pendapatan sebenarnya dengan pengeluaran.

Jurnal penyesuaian biasa terdiri dari akun sewa bayar di muka atau beban sewa. Akun sewa bayar di muka dikategorikan ke dalam kredit, sedangkan beban sewa di bagian debit.

Optimalkan Bisnis Anda dengan Jurnal Enterprise+. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

g. Jurnal Penutup

Jurnal penutup berfungsi untuk mengetahui catatan laba rugi perusahaan pada periode akuntansi tertentu.

Cara membuatnya adalah dengan menuliskan saldo pendapatan dan pengeluaran, kemudian dilakukan penutupan dengan cara mentransfer saldo yang ada ke dalam akun laba rugi.

Ada 4 jenis akun yang perlu dicatat dalam jurnal penutup – akun pendapatan, akun beban, akun prive, dan ikhtisiar laba rugi.

h. Jurnal Pembalik

Jurnal pembalik adalah jurnal yang berfungsi untuk membalik jurnal penyesuaian sehingga menghasilkan akun neraca.

Sebagai contoh apabila akun saldo pada jurnal penyesuaian yang awalnya berada pada debit, dalam jurnal pembalik akun saldo dituliskan pada kredit.

Baca juga: Ketahui Lebih dalam Mengenai Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik

Buat Jurnal Keuangan dengan Bantuan Software Akuntansi

Jurnal keuangan adalah langkah awal bagi sebuah perusahaan untuk melakukan siklus akuntansi dengan baik. Kini, Anda dapat membuat jurnal keuangan dengan mudah menggunakan software akuntansi Jurnal by Mekari.

Jurnal adalah software akuntansi online yang memudahkan dalam pembuatan jurnal keuangan dengan data yang terperinci dan disajikan secara realtime.

Di bawah ini adalah contoh laporan jurnal keuangan yang dihasilkan:

contoh laporan jurnal

Bukan hanya itu, Jurnal juga menyediakan berbagai fitur lain yang memudahkan dalam pengelolaan bisnis seperti pengelolaan stok barang hingga aset perusahaan, contohnya aplikasi akuntansi untuk bisnis. Jurnal juga dapat membantu Anda membuat invoice secara profesional.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jadi itulah berbagai macam jurnal yang bisa digunakan dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan memahami setiap jenis jurnal secara benar, termasuk program inventory barang, masalah dalam laporan keuangan bisa dihindari di kemudian hari. Semoga sukses!

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo