Pada sebuah siklus akuntansi, Anda mungkin sering mendengar tentang jurnal keuangan. Jurnal keuangan adalah tahap pencatatan yang penting dalam siklus akuntansi. Di kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa macam jurnal keuangan yang perlu Anda ketahui.

 

Fungsi Jurnal Keuangan

Jurnal termasuk salah satu proses pencatatan dalam akuntansi dan merupakan penghubung antara transaksi dengan buku besar. Fungsi jurnal ialah sebagai berikut.

a. Fungsi pencatatan, semua transaksi yang terjadi berdasarkan bukti dokumen yang ada harus dicatat.

b. Fungsi historis, transaksi yang terjadi harus dicatat sesuai dengan urutan waktu (kronologis).

c. Fungsi analisis, setiap transaksi yang dicatat dalam jurnal harus merupakan hasil analisis dari bukti-bukti transaksi hingga jelas letak debit/kredit perkiraan beserta jumlahnya.

d. Fungsi instruktif, pencatatan dalam jurnal merupakan instruksi atau perintah untuk melakukan posting atau memindahkan debit/kredit ke dalam buku besar.

e. Fungsi informatif, jurnal dapat memberikan informasi atau pemberitahuan mengenai transaksi yang terjadi.

 

Macam-Macam Jurnal Keuangan

Setiap entitas memiliki cara sendiri untuk mencatat setiap transaksi yang sedang berjalan, tetapi secara umum jurnal keuangan dibagi menjadi 2 macam yaitu:

a. Jurnal Umum

Satu jurnal yang dipakai untuk melakukan pencatatan semua bentuk bukti transaksi keuangan yang muncul akibat terjadinya beragam transaksi keuangan perusahaan dalam sebuah periode akuntansi yang spesifik. Jurnal umum menjadi buku harian dalam satu perusahaan yang diisi semua catatan transaksi yang terjadi sepanjang periode berjalan.

Jurnal umum biasanya dipakai dalam akuntansi perusahaan jasa lantaran pada prinsipnya semua transaksi dalam perusahaan jasa bisa dicatat secara urutan ke dalam jurnal umum saja, sedangkan pada akuntansi perusahaan dagang lebih efisien memakai jurnal khusus.

b. Jurnal Khusus

Jurnal Khusus adalah jurnal yang dikelompokan sesuai dengan bentuk transaksi. Di mana, petugas pembukuan mengidentifikasi bentuk transaksi yang terjadi, serta mencatatnya ke dalam jurnal khusus.

Contohnya apabila dalam sebulan perusahaan melakukan pembelian kredit sejumlah 50 kali, petugas hanya berurusan dengan empat atau lima akun, bergantung pada suatu kebijakan perusahaan dalam mengklasifikasi transaksinya.

Untuk seluruh pembelian yang dikerjakan secara kredit, perusahaan menyediakan satu jurnal khusus yang disebut juga dengan jurnal pembelian. Tiap transaksi kredit yang terjadi, petugas mencatatnya. Secara berkala, seluruh transaksi dijumlahkan serta dipindahkan ke buku besar.

 

Beberapa Tipe-Tipe Jurnal Khusus

Tiap perusahaan dapat menyediakan atau membuat jurnal khusus sesuai dengan kebutuhannya, oleh karena itu jurnal khusus satu perusahaan dengan perusahaan lain tidak akan sama, terkecuali untuk perusahaan-perusahaan sejenis, ada peluang jurnal khusus di desain sama bentuknya.

a. Jurnal Pembelian

Buku harian khusus untuk mencatat satu transaksi pembelian barang dagang, serta barang lain yang pembayarannya dilakukan secara kredit.

b. Jurnal Penjualan

Buku harian khusus untuk mencatat satu transaksi penjualan barang yang dilakukan secara kredit.

c. Jurnal Penerimaan Kas

Buku harian khusus yang mencatat seluruh transaksi penerimaan tunai, baik berbentuk cek maupun kas. Buku ini sering disebut buku kas masuk. Jurnal ini dilakukan untuk mencatat penerimaan piutang, penerimaan uang dari penjualan tunai, dan lain sebagainya.

d. Jurnal Pengeluaran Kas

Buku harian khusus untuk mencatat seluruh transaksi pembayaran tunai, baik memakai cek maupun kas. Jurnal ini kerap disebut juga buku kas keluar. Jurnal ini dibuat ntuk mencatat seluruh transaksi pengeluaran kas, seperti pembayaran utang, beban-beban, dan sebagainya.

 

Jurnal keuangan adalah langkah awal bagi sebuah perusahaan untuk melakukan siklus akuntansi dengan baik. Kini, Anda dapat membuat jurnal keuangan dengan mudah menggunakan software akuntansi Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online yang memudahkan dalam pembuatan jurnal keuangan dengan data yang terperinci dan disajikan secara realtime.

 

Bukan hanya itu, Jurnal juga menyediakan berbagai fitur lain yang memudahkan dalam pengelolaan bisnis seperti pengelolaan stok barang hingga aset perusahaan. Jurnal juga dapat membantu Anda membuat invoice secara profesional. Temukan berbagai fitur menarik dari Jurnal, di sini.

 
Author