Pengelolaan keuangan bisnis mencakup lebih dari sekedar menyimpan seperangkat buku yang akurat dan menyeimbangkan rekening bisnis. Pengelolaan bisnis adalah mengelola keuangan bisnis sehingga tidak mengeluarkan terlalu banyak uang dan tetap siap untuk semua pengeluaran, juga distribusi keuntungan. Tanggung jawab pengelolaan keuangan memengaruhi semua aspek bisnis. Sebuah perusahaan yang menjual dengan baik namun memiliki manajemen keuangan yang buruk bisa mengalami kegagalan. Itulah mengapa setiap bisnis perlu memahami pentingnya manajemen keuangan. Di bawah ini akan kita bahas beberapa alasan, kenapa manajemen keuangan itu penting untuk sebuah bisnis.

 

Mengetahui Pengeluaran Modal

Dengan manajemen keuangan yang baik Anda akan mengetahui saat melakukan pembelian aset yang menghasilkan pendapatan. Semua pertimbangan keuangan untuk belanja modal harus menyeimbangkan jumlah pendapatan yang akan dihasilkan aset dengan jumlah yang akan dikeluarkannya. Jika mengelola pengeluaran modal secara efektif, Anda tidak akan terlalu memaksakan perusahaan dengan meminjam modal terlalu banyak untuk aset yang tidak memberikan pendapatan yang cukup. Temukan strategi yang tepat untuk menjaga aset perusahaan di sini.

 

Mengelola Kas Operasional

Dengan mengelola arus kas dengan baik, Anda akan selalu memiliki cukup kas untuk membayar sewa, utilitas, telepon, asuransi, gaji karyawan dan persediaan. Untuk itu, Anda harus melihat ke depan dan melihat kapan piutang bisnis jatuh tempo dan bandingkan dengan tanggal jatuh tempo tagihan yang terutang. Anda dapat mengelola arus kas dengan mempersingkat jumlah waktu yang Anda berikan kepada pelanggan untuk membayar dan menegosiasi ulang tanggal jatuh tempo dengan vendor. Jika gagal mengelola arus kas secara efektif, Anda mungkin tidak dapat membayar biaya dan menjaga agar perusahaan Anda tetap beroperasi. Temukan cara mengelola arus kas yang baik di sini.

 

Menurunkan Biaya

Salah satu tanggung jawab manajemen keuangan adalah menjaga biaya serendah mungkin. Anda dapat meminta vendor untuk harga yang lebih rendah, mengurangi jumlah karyawan yang, mengurangi penggunaan listrik, atau membeli persediaan secara massal. Jika tidak memantau dan mengelola biaya, perusahaan Anda harus selalu meningkatkan penjualan secara dramatis untuk membayar kenaikan biaya.

 

Membantu Perencanaan Pajak

Tugas pengelolaan manajemen keuangan meliputi perencanaan untuk pajak. Proses perencanaan pajak ini tentu dapat membantu perusahaan dalam pembuatan estimasi perpajakan sehingga Anda dapat mengalokasikan dana lebih untuk melakukan kewajiban pembayaran pajak. Dengan dana yang telah dialokasikan dengan baik, perusahaan dapat membayar pajak tepat waktu sehingga terhindar dari keterlambatan yang bisa menyebabkan keluarnya dana lebih untuk pembayaran denda atau sanksi perpajakan.

 

Manajemen keuangan yang baik, akan membantu perencanaan keuangan bisnis dengan baik. Anda bisa mengenali masalah lebih awal dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat Anda andalkan untuk ikut membantu mempermudah manajemen keuangan perusahaan yang baik dan sehat bagi bisnis Anda. Dengan Jurnal, Anda tidak hanya memperoleh keuntungan sebatas perencanaan keuangan saja, tapi juga layanan kemudahan lainnya seperti pembuatan invoice secara otomatis dengan 11 desain profesional, mengetahui ketersediaan stok barang terkini, hingga membantu dan mengembangkan nilai manajemen aset perusahaan Anda dengan baik. Untuk info lebih lanjut tentang Jurnal dan fitur lainnya, dapat Anda dapatkan di sini.

Author