Pengertian pasar modal secara umum adalah suatu tempat yang digunakan untuk memperdagangkan surat-surat berharga di mana pihak-pihak terkait seperti perusahaan, bank komersial, dan semua lembaga perantara dibidang keuangan berada didalamnya.

 

Surat-surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal dapat dibedakan menjadi 2 yaitu surat berharga bersifat utang dan surat berharga yang bersifat pemilikan. Surat berharga yang bersifat utang umumnya dikenal nama obligasi dan surat berharga yang bersifat pemilikan dikenal dengan nama saham. Berikut adalah fungsi pasar modal bagi dua pihak.

 

a. Menyediakan tempat atau fasilitas untuk mempertemuan dua pihak yang berkepentingan, yaitu investor dan issuer. Issuer dalam hal ini adalah entitas usaha atau perusahaan-perusahaan yang membutuhkan dana dari investor untuk kepentingan investasi tanpa harus menunggu tersedianya dana dari kegiatan operasional perusahaan.

b. Investor dapat mengalokasikan dana di pasar modal yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mendapat keuntungan dividen dari perusahaan tersebut.

c. Memberikan fasilitas bagi perusahaan-perusahaan go public dalam memperoleh tambahan modal sehingga menjaga kestabilan tingkat likuiditas perusahaannya melalui penjualan sekuritas saham ataupun obligasi.

d. Menyediakan fasilitas bagi perusahaan-perusahaan dalam rangka meningkatkan kemampuan keuangan perusahaan dan ekspansi usaha.

e. Memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang sehingga menyumbang pertumbuhan perekonomian nasional.

 

Dari beberapa fungsi di atas dapat diketahui bahwa bagi sebuah perusahaan, keberadaan aktivitas dalam pasar modal juga berdampak secara ekonomis untuk mendapatkan dana dari luar yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha tanpa menunggu dana dari hasil operasi perusahaan dengan adanya penjualan saham.

 

Untuk menentukan nilai saham perusahaan di pasar modal,  Anda perlu memiliki penilaian terhadap nilai aset dan ekuitas perusahaan. Dalam hal ini, Anda perlu bantuan bagian manajemen keuangan atau akuntan untuk menilai sejauh mana aset anda bertumbuh dan apakah aset tersebut masih memiliki kemungkinan yang bisa Anda percayai untuk terus berkembang, karena adanya nilai aset yang baik akan memengaruhi tingkat persentase jumlah saham yang bisa Anda jual.

Untuk mendukung penilaian dan pengelolaan aset yang baik secara mudah dan efisien, ada baiknya jika perusahaan memiliki sistem pengelolaan keuangan yang mudah dan handal seperti Jurnal. Jurnal software akuntansi memiliki fitur laporan yang akan menginformasikan setiap perubahan nilai ekuitas perusahaaan dari waktu ke waktu, dan juga memiliki sistem manajemen aset yang memudahkan perusahaan untuk menjaga aset agar tetap bernilai tinggi dan memiliki jangka waktu lebih lama. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Jurnal dan fitur lainnya, bisa Anda dapatkan di sini.

Author