Sudah memiliki rencana untuk memulai bisnis musiman di akhir tahun ini? Bisnis musiman dinilai dapat memberikan keuntungan yang lebih besar daripada bisnis yang biasa dilakukan tiap harinya. Hal ini terjadi karena kebutuhan masyarakat menjadi lebih tinggi dari biasanya. Untuk memanfaatkan musim liburan ini, cobalah ikuti beberapa cara berikut ini.

 

Pilih Produk yang Tepat

Untuk memanfaatkan bisnis musiman, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah produk yang akan Anda jual. Sebelum menentukan, cobalah lakukan riset kecil mengenai perkembangan produk tersebut di masa yang akan datang. Pelajari juga bagaimana proses produksinya dan fokus terhadap satu produk yang telah Anda pilih. Setelah itu, pelajari bagaimana cara yang paling tepat untuk menghasilkan kualitas produk yang baik dan kembangkan dengan berbagai variasi yang lebih kreatif.

 

Lakukan Pemasaran dengan Baik

Setelah menentukan produk yang ingin dijual, hal selanjutnya yang harus dipikirikan adalah bagaimana cara memasarkan produk tersebut ke calon pelanggan Anda. Strategi pemasaran sangat dibutuhkan di sini untuk memperkenalkan dan mengembangkan produk ke target yang telah ditentukan. Cobalah untuk melakukan pemasaran secara offline dan online. Dengan kedua cara itu, target pasar dapat lebih mudah mengetahui dan mencari informasi mengenai produk yang Anda jual.

 

Pikirkan Tentang Proses Produksi

Akan terasa aneh jika Anda menjual produk tanpa memahami bagaimana proses produksinya. Dengan mengetahui proses produksi secara benar, Anda tidak perlu khawatir lagi kekurangan maupun kelebihan barang. Jika itu terjadi, Anda bisa menjualnya di periode selanjutnya atau menjadikan sisa barang tersebut menjadi bonus dari penjualan produk lainnya.

 

Hitung Keuntungan

Menjalankan bisnis musiman berarti Anda menginginkan keuntungan yang lebih besar dari biasanya. Dalam menjalankan bisnis musiman, Anda bisa mengambil margin atau keuntungan maksimal 25% dari setiap produk yang dijual. Untuk menarik pelanggan membeli produk yang Anda jual, Anda dapat memberikan mereka sedikit bonus seperti kain pembungkus yang unik.

 

Itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan peluang bisnis di musim liburan. Selain keempat cara di atas, Anda juga harus bisa mengelola keuangan dengan baik untuk mempertahankan bisnis yang Anda jalankan. Dengan mengelola keuangan, Anda dapat lebih mudah mengetahui bagaimana kondisi bisnis Anda. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda memonitor kondisi keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Jurnal juga dapat membantu menyediakan laporan keuangan secara realtime dengan data yang aman dan akurat.

Daftarkan bisnis dan perusahaan Anda di Jurnal sekarang juga dan nikmati kebebasan dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Nikmati juga free trial hingga 14 hari dengan daftar sekarang juga! Info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya klik di sini.
Author