Seperti yang sudah kita ketahui, arus kas merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh pebisnis. Dengan manajemen arus kas yang baik, pebisnis dapat dengan mudah membuat dan menentukan strategi untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, jika manajemen arus kas kurang baik, bukan hanya tidak dapat menentukan strategi bisnis, tapi juga dapat membuat bisnis mengalami kegagalan atau kebangkrutan. Oleh karena itu, penting untuk pebisnis untuk mengelola arus kas perusahaan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang Jurnal berikan untuk mengelola arus kas perusahaan.

Pisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Ini seringkali dilakukan oleh pebisnis pemula atau pebisnis yang merangkap sebagai pekerja. Dengan rekening yang tercampur, uang yang seharusnya menjadi modal bisnis justru bisa terpakai untuk keperluan pribadi.

Pisahkan rekening Kas Masuk & Keluar

Memisahkan rekening penerimaan dan pengeluaran merupakan salah satu cara yang dapat memudahkan pebisnis untuk mengelola arus kas perusahaan. Selain itu, rekening yang terpisah juga dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses pengecekan laporan keuangan.

Teliti Menghitung Pengeluaran

Pengeluaran yang terlalu banyak dapat membuat arus kas perusahaan menjadi tidak baik. Coba perhatikan lagi daftar pengeluaran dan pastikan daftar tersebut dapat menunjang bisnis Anda. Jika perlu, coret daftar pengeluaran yang tidak menunjang bisnis dan cobalah berhemat dengan mengurangi pengeluaran. Namun, jangan sampai penghematan tersebut membuat bisnis Anda turun.

Jangan Royal pada Diskon

Siapa yang tidak suka dengan diskon atau bonus? Tapi tidak semua konsumen butuh hal tersebut. Daripada memberikan diskon, lebih baik Anda tingkatkan layanan prima dan tepat waktu. Dengan tidak memberikan diskon atau bonus, Anda dapat menyimpan budget untuk memberikan kejutan ke konsumen di saat tertentu, misalnya saat konsumen Anda ulang tahun.

Jangan Tunda Pembayaran Gaji

Karyawan adalah orang yang membantu mengembangkan bisnis. Dengan segala kemampuannya, mereka berusaha mencapai target yang diberikan perusahaan. Jadi, hargai mereka dengan membayar gaji tepat waktu dan jangan sampai telat membayar, karena itu hak yang harus mereka terima. Kalau tanggal pembayaran gaji jatuh pada hari libur, majukan pembayaran sehari sebelumnya.

Itu adalah beberapa cara yang bisa pebisnis lakukan untuk mengelola arus kas agar bisnis berkembang. Selain itu, jangan ketinggalan untuk membuat laporan arus kas perusahaan. Dengan laporan arus kas, pebisnis akan lebih mudah mengetahui keadaan bisnisnya dan akan mempermudah pebisnis untuk mengambil sebuah keputusan dengan cepat dan tepat.