Jurnal Enterpreneur

Cara Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan dengan Mudah

Setiap perusahaan pasti perlu melakukan penyusunan laporan keuangan. Bagaimana cara menyusun atau membuat laporan keuangan dengan mudah?

Laporan Keuangan merupakan catatan formal tentang keuangan dari suatu perusahaan. Ini adalah laporan tertulis yang mengukur kekuatan finansial, kinerja, dan likuiditas perusahaan.

Selain itu, laporan keuangan juga mencerminkan dampak finansial dari transaksi bisnis.

Bentuk laporan keuangan yang utama meliputi bentuk laporan laba-rugi, perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas.

Melalui keempat bentuk laporan keuangan tersebut dapat menganalisa kemajuan sebuah perusahaan, apakah perusahaan tersebut mengalami perkembangan yang pesat atau mengalami kebangkrutan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pentingnya Menyusun Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

Dalam suatu perusahaan, penyusunan laporan keuangan adalah hal yang paling penting. Sayangnya, banyak perusahaan yang belum memiliki atau membuat laporan keuangannya sendiri.

Ada banyak faktor yang menyebabkan perusahaan tidak memilikinya. Salah satunya karena mereka tidak mengetahui dengan jelas bagaimana cara menyusun laporan keuangan dengan benar dan mudah.

Untuk menyusun laporan keuangan, Anda cukup melakukan proses jurnal transaksi dan mengelompokannya ke dalam buku besar dari masing-masing akun kelompok aktiva, pasiva, dan laba-rugi yang terdiri dari penjualan dan seluruh biaya.

Cara Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan

Lalu bagaimana cara membuat dan menyusun laporan keuangan yang baik dan benar? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Neraca Saldo

Neraca saldo merupakan tahap awal untuk membuat jurnal penyesuaian dan neraca lajur. Laporan neraca ini berisi daftar rekening buku besar dengan saldo debet atau kredit yang menyusun sebelum adanya jurnal penyesuaian.

Neraca saldo membuat ketika semua jurnal telah membukukan ke masing-masing rekening pada buku besar. Baca lebih lanjut komponen yang harus ada saat menyusun laporan neraca.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

cara menyusun atau membuat laporan keuangan

Jurnal Penyesuaian

Jika masih ada transaksi yang belum tercatat atau masih tidak sesuai dengan akhir periode, Anda harus mengumpulkan data-data yang memerlukan untuk membuat jurnal penyesuaian.

Jurnal ini membuat pada akhir periode untuk menyesuaikan saldo-saldo perkiraan yang akan menunjukkan keadaan sebenarnya sebelum penyusunan laporan keuangan.

Kesimpulannya, jurnal penyesuaian juga berperan di dalam pengukuran peforma perusahaan. Jurnal penyesuaian menyajikan data keuangan sebuah perusahaan.

Dengan adanya jurnal penyesuaian, komisaris perusahaan dapat memperhitungkan langkah perusahaan selanjutnya.

Neraca Lajur (Worksheet)

Dengan membuat Neraca Lajur, Anda dapat lebih mudah melakukan penyusunan laporan keuangan yang dimulai dari neraca saldo dan menyesuaikan dengan data yang memperoleh dari Jurnal Penyesuaian.

Saldo yang telah menyesuaikan akan terlihat pada kolom neraca saldo yang menyesuaikan dan merupakan saldo yang akan ada dalam neraca dan laporan laba rugi.

Laporan Keuangan, Cara Menyusun Bagi Perusahaan

Adanya laporan ini terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan modal, serta laporan lainnya. Laporan ini dapat menyusun langsung pada neraca lajur, karena di dalamnya telah memisahkan saldo yang melaporkan dalam neraca atau laporan laba rugi.

Jadi laporan ini, kemudian dapat mengubah bentuknya sehingga dapat menghasilkan neraca dan laporan laba rugi yang lebih mudah membaca dan menganalisa.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jurnal Penutupan

Setelah rekening dalam buku besar telah menyesuaikan, kini saatnya Anda membuat Jurnal Penutup untuk menutup rekening-rekening nominal/sementara ke rekening laba rugi dan memindahkan saldo laba rugi ke rekening laba tidak dibagi.

Setelah itu, informasi pada jurnal tersebut dibukukan ke buku besar sesuai rekening yang bersangkutan.

Neraca Saldo Setelah Penutupan

Untuk mengecek keseimbangan saldo debit dan kredit rekening yang masih terbuka, Anda harus membuat neraca saldo setelah penutupan yang berisi rekening-rekening nyata, bukan nominal yang sudah ditutup.

Jadi akun akun yang dimasukkan kedalam neraca saldo adalah akun akun yang riil atau nyata.

Akun-akun rekening sebelumnya tidak perlu dimasukkan kedalam neraca saldo setelah penutupan karena sebelumnya saldo telah di-nolkan dengan bantuan jurnal penutupan.

Setelah mengetahui cara menyusun laporan keuangan yang baik, cobalah untuk mulai membuat laporan keuangan perusahaan Anda.

Dengan memiliki laporan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan sehingga mempermudah dalam mengambil keputusan bisnis.

Performa bisnis yang Anda kelola juga akan lebih baik jika Anda sudah berhasil mengontrol keuangan di perusahaan.

Mulai dari pemasukan dan pengeluaran bahkan untuk hal kecil di perusahaan disarankan untuk selalu dicatat dalam laporan keuangan agar semua terkontrol dengan baik.

Baca juga: Strategi Menyusun Laporan Keuangan untuk Memikat Hati Investor

Menyusun Laporan Keuangan dengan Mudah dan Tepat dengan Software Akuntansi Jurnal

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda menyusun dan mengelola aplikasi laporan keuangan secara mudah, cepat, aman, dan nyaman, seperti pada aplikasi akuntansi Android.

Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime.

Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, program inventaris barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Penggunaan software seperti Jurnal akan mempermudah Anda dalam mengelola arus transaksi dan juga informasi akuntansi bisnis Anda. Silakan coba aplikasi Jurnal secara gratis selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan tentang cara membuat atau menyusun laporan keuangan. Sekali lagi, penyusunan laporan keuangan sangat penting untuk membuat keputusan bisnis dan Anda bisa menggunakan Jurnal untuk membantu Anda.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo