Bentuk Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Laporan keuangan adalah hal penting dalam sebuah perusahaan, karena dengan laporan keuangan, manajemen selaku pengambil keputusan bisa dengan mudah menganalisa serta mengambil keputusan yang tepat dan benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan terkait proses bisnis yang ada. Salah satu fungsi dari laporan keuangan itu sendiri adalah menggambarkan sebuah realita kondisi perusahaan terutama dalam hal posisi keuangan.

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan utamanya mengolah bahan mentah (bahan baku) menjadi barang jadi kemudian menjual barang tersebut. Kegiatan ini sering disebut proses produksi. Laporan keuangan perusahaan manufaktur pada dasarnya hampir sama dengan laporan keuangan perusahaan dagang. Perbedaannya hanya terletak pada bagian Aktiva Lancar di neraca dan adanya laporan harga pokok produksi. Berikut ini adalah beberapa bentuk dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang dapat dipelajari.

Laporan Harga Pokok Produksi

Dalam perusahaan manufaktur, kita mengenal adanya istilah laporan harga pokok produksi. Laporan inilah yang menjadi poin utama dalam perusahaan manufaktur, karena dengan adanya laporan ini sebuah perusahaan manufaktur bisa melihat jumlah persediaan dan jumlah nilai biaya yang digunakan dalam proses produksi, serta jumlah nilai biaya overhead pabrik yang keluar dalam sebuah proses produksi. Dengan begitu, perusahaan bisa menentukan dengan pasti berapa nilai harga pokok yang akan digunakan pada barang jadi yang telah selesai dibuat, hal ini juga berpengaruh pada nilai jual yang akan digunakan untuk menjual produk jadi dari hasil produksi tersebut.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi pada perusahaan manufaktur sama dengan laporan laba rugi perusahaan lain, di mana didalamnya terdapat nilai pendapatan dan beban dalam satu periode sehingga mendapatkan nilai laba atau rugi dalam satu periode tertentu. Hasil dikurangi biaya merupakan nilai dari laba atau rugi. Jika hasilnya lebih besar dari biaya berarti laba, dan sebaliknya jika hasil lebih kecil dari biaya berarti rugi.

Neraca

Neraca adalah laporan yang meringkas posisi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu. Dalam neraca terdapat dua bagian penting yaitu bagian aktiva dan bagian pasiva. Aktiva merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan atau organisasi ekonomi sedangkan pasiva merupakan sumber kekayaan perusahaan atau dengan kata lain aktiva berasal dari pasiva atau pasiva merupakan sumber aktiva. Bagian aktiva atau kekayaan yang dimiliki perusahaan dapat berbentuk aktiva lancar, aktiva tetap, dan aktiva tidak berwujud. Sedangkan pasiva terdiri dari kewajiban atau utang perusahaan dan modal perusahaan.

Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan modal atau laporan perubahan ekuitas merupakan suatu daftar yang dicatat secara sistematis untuk menjelaskan perubahan modal setelah perusahaan melakukan kegiatannya selama periode tertentu. Modal akan bertambah jika laba bersih lebih besar dari pada pengambilan prive dan modal akan berkurang jika laba bersih lebih kecil dari pada pengambilan prive. Bentuk laporan perubahan ekuitas perusahaan manufaktur pada dasarnya sama dengan laporan perubahan modal pada perusahaan komersil lainnya.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa bentuk laporan keuangan pada perusahaan manufaktur tidak jauh berbeda dengan perusahaan dagang maupun jasa. Jika Anda ingin mulai membuat laporan keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan software akuntansi online. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu dalam membuat laporan keuangan baik untuk perusahaan manufaktur, dagang, maupun jasa. Dengan sistem cloud, Jurnal dapat membantu membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, nyaman, dan terperinci. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Jurnal. Info lebih lanjut, klik di sini.


PUBLISHED15 Feb 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: