Penyewaan ruang kantor membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Di Jakarta, harga sewa kantor di Sudirman sekarang memiliki rata-rata harga adalah Rp 300.000,00 per m² setiap bulan. Untuk mengurangi transaksi pengeluaran bisnis Anda termasuk besarnya pajak tempat usaha, Anda dapat mempertimbangkan untuk pindah ke suatu ruang kerja bersama, atau yang biasa disebut co-working space.
Ruang kerja bersama menawarkan tempat dengan biaya yang terjangkau untuk mendirikan usaha dalam lingkungan yang kolaboratif kepada banyak wiraswasta dan pemilik bisnis kecil.
Sebuah ruang kerja bersama pada umumnya menawarkan fasilitas berupa meja kerja, Wi-Fi, layanan faks, ruang-ruang konferensi dan dapur, dan bahkan beberapa tempat juga menyediakan pengelola administrasi kantor dan sekretaris yang bekerja untuk para anggotanya.
Keuntungan-keuntungan dari Penggunaan Ruang Kerja Bersama
Menghemat Biaya Operasional
Dengan menggunakan ruang kerja bersama, Anda mengurangi biaya pengeluaran untuk sewa, listrik, internet, hingga hal-hal kecil seperti air, kopi, dan makanan ringan.
Baca Juga : 4 Anggaran Bisnis Ini Wajib Dipertimbangkan di Masa Krisis
Motivasi Sosial
Jika Anda adalah seorang pekerja tunggal, bekerja sendirian di rumah dapat terasa sepi, terutama jika Anda seorang ekstrovert yang suka bersosialisasi. Bekerja di sekitar orang-orang dengan pikiran yang serupa dapat memberikan inspirasi dan motivasi lebih untuk Anda.
Baca Juga : Mengenal Akuntansi Biaya dari Hubungan Produk Satu dengan Lainnya
Kolaborasi
Di ruang kerja bersama, Anda akan memiliki kesempatan untuk membangun koneksi dan kolaborasi dengan pemilik usaha kecil lainnya. Mereka dapat menjadi rekan berdiskusi dan bertukar pikiran.
Beberapa ruang kerja bersama memiliki tema tertentu seperti bisnis internasional atau teknologi, yang memungkinkan Anda untuk membangun koneksi dengan rekan-rekan dari industri yang sama.
Terlebih lagi, adanya paket penyewaan ruang kerja bersama yang menawarkan pelatihan/ workshop, dapat membuat Anda lebih mudah dalam membangun koneksi dengan yang pelaku bisnis lain sekaligus meningkatkan ketrampilan dalam suasana kelas.
Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat dengan bantuan fitur laporan keuangan Jurnal. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.
Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!
atau
Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!
Fleksibilitas
Anda dapat bekerja bagaimanapun dan kapanpun Anda inginkan. Anda dapat meninggalkan ruang kerja bersama dan pindah ke kantor tetap jika sudah saatnya.
Pemisahan kehidupan kerja dengan kehidupan pribadi
Jika Anda selama ini bekerja di dalam rumah, tentu Anda merasakan bahwa seringkali urusan pekerjaan tercampur dengan kehidupan pribadi karena Anda tidak pernah bisa benar-benar meninggalkan pekerjaan.
Dengan bekerja di ruang kerja bersama, Anda diperkenankan memisahkan kehidupan pribadi dari kehidupan kerja dengan harga yang relatif murah. Hal ini tentu dapat memberikan dampak yang positif untuk produktivitas Anda.
Baca Juga : Kiat-Kiat Managerial Untuk Para Pendiri Usaha
Alternatif Lainnya
Kerja di ruang kerja bersama belum tentu ideal untuk semua orang, dan dan untuk sebagian orang mungkin tidak cocok karena kurangnya privasi, ruang kantor yang bising, terlalu banyak barang dan kebiasaan yang berbeda dengan orang lain. Jika Anda merasa ruang kerja bersama bukan pilihan yang terbaik, berikut adalah beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan:
Inkubator bisnis kecil
Program ini disponsori oleh perusahaan-perusahaan swasta, penanam modal, dan institusi publik dengan tujuan mengembangkan bisnis-bisnis baru, yaitu dengan menyediakan para pemilik bisnis suatu ruang kerja dan kebutuhan bisnis lainnya.
Ruang kantor eksekutif
Ruang kantor eksekutif adalah: suatu perusahaan membiarkan Anda mendirikan suatu kantor di dalam suatu ruang yang ada di dalam kantor perusahaan tersebut. Anda dapat menyewa sebanyak atau sesedikit mungkin ruangan yang Anda perlukan dengan harga yang relatif terjangkau.
Anda mungkin harus berbagi penggunaan dapur dan kamar mandi bersama, tetapi ruangan kerja Anda tetap milik Anda sendiri.
Baca Juga : 6 Tips Ruang Kerja yang Nyaman untuk Produktivitas
Kantor bersama
Jika kamu mengenal seorang pemilik bisnis kecil lain yang juga membutuhkan suatu ruang kerja dan memiliki kebiasaan kerja yang cocok dengan Anda, Anda dapat menyewa suatu kantor bersama dan berbagi ruangan.
Menggunakan sarana telekomunikasi
Teknologi membuat hal ini memungkinkan dan memudahkan bekerja di mana saja. Anda dan pekerja-pekerja Anda dapat bekerja dari rumah dan masih dapat berkolaborasi secara online dengan mudah melalui beberapa media telekomunikasi gratis seperti Skype, Google Drive, dan Google Docs.
Selain tempat kerja yang kondusif, penting juga untuk mengelola keuangan bisnis Anda agar terus meningkatkan profit.
Baik bagi Anda yang sedang merintis bisnis maupun yang bisnisnya sudah berjalan lama akan membutuhkan software akuntansi untuk mengelola bisnis lebih mudah.
Jurnal, adalah software akuntansi online yang bisa menjadi solusi bisnis Anda. Pantau dan catat transaksi jual beli dalam bisnis anda dan awasi laporan keuangan bisnis secara realtime dengan aplikasi invoice untuk usaha dari Jurnal.
Temukan kemudahan lainnya dengan mengikuti konsultasi secara gratis dengan profesional hanya di Jurnal dan dapatkan solusi terbaik untuk usaha Anda.