Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti ingin memanfaatkan akhir tahun untuk berlibur. Namun, ada beberapa alasan yang dapat membuat Anda tidak bisa berlibur, salah satunya harus menyelesaikan pekerjaan. Ada juga beberapa pebisnis yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya karena khawatir kegiatan bisnis akan berantakan dan menyebabkan kegagalan bisnis. Tapi tahukah Anda? Berlibur justru dapat me-refresh pikiran Anda sehingga memudahkan dalam membuat mengembangkan bisnis. Jadi, buat Anda yang ingin berlibur di akhir tahun, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.

 

Pilih Pengganti

Sebelum berlibur, Anda harus memilih seseorang yang dapat menggantikan Anda dan bertanggung jawab atas operasional bisnis ketika Anda pergi. Pilihlah seseorang yang dapat dipercaya dan mengerti seluruh kegiatan bisnis. Jika Anda masih khawatir akan operasional bisnis, mintalah pengganti Anda untuk menghubungi Anda setiap harinya untuk meng-update informasi mengenai bisnis.

 

Selesaikan Pekerjaan

Jika telah memiliki rencana berlibur, cobalah untuk menyelesaikan seluruh tugas sebelum berlibur. Mintalah seluruh karyawan Anda untuk meng-update apa saja yang harus mereka selesaikan, dan pastikan semuanya berjalan sesuai tenggat waktu. Jika Anda masih ada beberapa pekerjaan yang belum terselesaikan sehari sebelum berlibur, cobalah delegasikan pekerjaan tersebut kepada pengganti yang bertanggung jawab selama Anda berlibur.

 

Informasikan Waktu Berlibur

Sebelum berlibur, informasikan kepada klien, partner, maupun karyawan Anda. Dengan begitu, mereka dapat memprioritaskan pekerjaan yang membutuhkan persetujuan Anda. Misalnya, karyawan harus mendapatkan tanda tangan Anda ketika membuat penawaran harga kepada vendor, dan lain sebagainya.

 

Atur Auto-Reply pada Email

Setelah menginformasikan waktu berlibur, Anda juga harus mengatur auto-reply pada email. Dengan begitu, pelanggan atau supplier yang mengirimkan email di hari Anda berlibur akan mendapatkan balasan dengan cepat, dan mereka akan mengetahui bahwa saat ini Anda belum bisa merespon dengan cepat. Fitur auto-reply ini sebaiknya berisikan pesan singkat mengenai tanggal berapa Anda kembali masuk kantor.

 

Antisipasi Masalah

Meski semuanya telah Anda atur, jangan pernah menganggap semuanya akan berjalan dengan baik. Jadi, cobalah pikirkan bagaimana caranya mengantisipasi masalah saat Anda berlibur. Berikan penjelasan singkat kepada seluruh karyawan Anda mengenai apa saja yang harus dilakukan ketika ada masalah datang. Dan beritahukan juga bahwa Anda masih bisa dihubungi ketika ada situasi di luar kendali.

 

Berikan Nomor Darurat

Untuk mengantisipasi masalah signal saat berlibur, atau baterai ponsel yang low battery, cobalah berikan nomor darurat kepada penanggung jawab perusahaan. Tentukan juga bagaimana Anda bisa dihubungi di nomor darurat tersebut, apakah melalui panggilan telepon, chatting, atau melalui pesan singkat.

 

Monitor Bisnis Melalui Aplikasi Ponsel

Meski sedang berlibur, Anda pasti ingin tahu bagaimana bisnis tetap bisa berjalan tanpa Anda. Dengan aplikasi Jurnal versi Mobile, Anda dapat memonitor keuangan bisnis kapan saja dan di mana saja. Anda juga dapat melihat seluruh transaksi bisnis secara realtime.

 

Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan, dari membuat dan mengirim invoice, memonitor stok barang dan aset perusahaan, mengelola piutang dan utang, hingga melakukan penagihan pembayaran dengan cepat melalui Jurnal Pay.

Jurnal juga akan menyediakan laporan keuangan lengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial hingga 14 hari. Info lebih lanjut mengenai berbagai informasi Jurnal, klik di sini.

Author