Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

8 Inspirasi Bisnis Menarik di Dunia Olahraga yang Patut Anda Coba

Tayang 11 Jan 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Tepat pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional atau HAORNAS yang ke-36. Momen peringatan hari olahraga nasional ini tentunya tidak hanya meninggalkan kesan sebagai seremonial, tapi juga peluang bisnis bagi Anda yang memiliki jiwa bisnis.

Karena, jika Anda seorang pengusaha atau calon pengusaha yang memiliki ketertarikan di dunia olahraga, hal ini bisa menjadi peluang bisnis dengan keuntungan yang besar. Ingin tau inspirasi bisnis apa yang bisa Anda manfaatkan di industri olahraga? Berikut 6 peluang bisnis di dunia olahraga yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang.

Memulai Bisnis Suvenir Olahraga

Setiap orang yang mencintai olahraga atau memiliki ketertarikan yang cukup unik terhadap klub olahraga favoritnya, biasanya orang-orang akan mengumpulkan atau sangat menginginkan atribut atau merchandise klub olahraga atau atlet favoritnya.

Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yang bagus untuk memulai bisnis suvenir olahraga. Banyak macam suvenir yang bisa Anda hasilkan  dari harga yang murah sampai yang mahal. Bisa jadi kaos, tas, jam dinding, mug, pulpen, atau apapun asalkan membawa logo klub olahraga.

Bisnis souvenir adalah bisnis yang memanfaatkan daya tarik seseorang pada klub kecintaannya. Jika Anda memilih bisnis suvenir olahraga, pastikan bahwa suvenir yang Anda hasilkan sangat berkualitas dan tahan lama.

Penjualan Tiket untuk Acara Olahraga

Anda tentu sudah sangat familiar dengan jasa penjualan tiket pesawat atau tiket konser baik secara online maupun offline. Dunia olahraga juga memiliki peluang bisnis seperti itu. Dengan modal sebesar Rp2-5 juta, Anda bisa membuka peluang untuk menjadi agen tiket bagi setiap pertandingan olahraga.

Orang biasanya membeli tiket untuk menonton acara olahraga secara live. Anda dapat terlibat dalam penjualan tiket untuk pertandingan sepak bola, tinju, atau acara apapun.

Membuat Aplikasi Olahraga

Saat ini kita berada dalam masa di mana keberadaan smartphone menjadi kebutuhan paling dekat untuk banyak orang. Aplikasi atau Apps adalah bagian terpenting dari smartphone yang membuat orang sibuk dengan ponsel cerdas dan perangkat komputer mereka.

Jika Anda seorang pengembang perangkat lunak atau programmer, Anda dapat mempertimbangkan untuk memfokuskan diri dalam membuat aplikasi terkait olahraga.
Ide aplikasi olahraga dapat berupa scheduling olahraga, analisis pasca-latihan dan pertandingan, dan juga aplikasi tracking saat berlari. Di Indonesia sendiri belum banyak developer yang menjalankan bisnis ini.

Membuka Fitness Centre

Ide peluang bisnis ini memang sudah cukup lama terdengar. Namun meskipun sudah menjadi ide lama, peluang membuka fitness centre tetap menarik untuk dipertimbangkan, karena semakin hari setiap orang semakin sadar akan pentingnya hidup sehat.

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah fitness centrememang cenderung besar karena biaya peralatan yang cukup mahal. Tapi pengembalian modal bisnis fitness centre juga bisa terjadi cukup cepat dan stabil, dengan sistem keanggotaan  yang mengharuskan setiap anggota membayar iuran bulanan dari Rp100.000-Rp400.000 di awal.

Membuat Event olahraga

Banyak saat ini penyelenggara event kompetisi olahraga mulai dari skala besar hingga kecil. Ide usaha yang dapat Anda terapkan dapat dimulai dari kompetisi kecil. misalnya saja kompetisi mobile e-sport, catur, atau futsal. Event Anda dapat selenggarakan pada tingkat regional atau di instansi tertentu.

Selain event kompetisi, Anda dapat juga menyelenggarakan event nonton bareng dan mewadahi komunitas olahraga. Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan minuman atau makanan untuk menarik perhatian.

Membuat Bisnis Media Konten Olahraga

Anda dapat memanfaatkan instagram untuk memulai, kemudian jika Anda sudah mendapat crowd yang besar, Anda dapat membangun bisnis Anda dengan membuat website. Di antara peluang lain, ide bisnis media konten olahraga adalah bisnis yang paling mudah untuk dimulai.

Anda hanya perlu “rajin” untuk memberikan konten dan liputan mengenai olahraga dan mengandalkan strategi instagram marketing.

Memulai Bisnis Consignment (Titip Jual)

Ada banyak orang yang tidak mampu membeli kaos mahal secara langsung dari klub favorit mereka atau peralatan olahraga yang mereka butuhkan untuk memainkan olahraga favorit mereka. Jika Anda tahu bagaimana mencari barang olahraga dan pakaian olahraga  baik untuk klub lokal maupun mancanegara dalam jumlah yang cukup banyak, Anda bisa menghasilkan uang dengan memulai bisnis konsinyasi (titip jual).

Bisnis dengan tipe ini tidak membutuhkan modal yang relatif besar, Anda hanya membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait dan menjaga kepercayaan, mendisplinkan, dan koneksi yang luas.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Gratis Penunjang Bisnis Anda

Membuka Toko Perlengkapan Olahraga

Tidak peduli di bagian dunia mana atau kota apa Anda tinggal, didalamnya pasti ada beberapa orang yang suka dan terlibat secara aktif  dalam satu acara olahraga.

Membuka toko perlengkapan olahraga adalah salah satu peluang bisnis yang saat ini masih terbuka lebar untuk Anda dalami, selain peminat yang semakin banyak, ternyata pesaing dalam bisnis yang satu ini terbilang masih kecil walaupun potensi berkembang dan prospeknya cukup baik.

Ketika membuka toko perlengkapan olahraga, ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Pertama, Anda harus mengetahui olahraga favorit target disekitar. Kedua, perhatikan trend yang sedang terjadi, misalnya saat piala dunia, maka perlengkapan sepak bola akan banyak dicari. Ketiga, perluas wawasan dan pengetahuan tentang dunia olahraga yang sedang berkembang.

Melihat besarnya peluang bisnis di dunia olahraga dan banyaknya hal yang bisa dikaitkan dengan industri tersebut, maka cobalah pilih salah satu olahraga yang Anda minati dan ketahui, lalu mulailah untuk dapatkan keuntungan dari hobi Anda tersebut. Karena  salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan adalah saat hobi Anda bisa menghasilkan uang.

Bagi Anda yang masih bingung memilih peluang bisnis olahraga yang ada,  Anda dapat memanfaatkan event Fabulous Vegas Golf Tournament yang diselenggarakan Ciputra Golf, Club & Resto untuk memperingati anniversary ke-24 Ciputra Golf.

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 15 September, 21 dan 22 September di padang golf terbesar di Jawa Timur dan akan dihadiri oleh ratusan pengusaha sukses di kota Surabaya. Selain melihat peluang bisnis di bidang olahraga golf, Anda juga bisa melakukan networking dengan ratusan pengusaha di event Ciputra Golf Anniversary ke-24.

Selain itu, untuk mengembangkan bisnis di dunia olahraga ini, Anda juga harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan. Dengan laporan keuangan, Anda lebih mudah untuk membuat rencana dalam mengembangkan bisnis.

Jurnal, software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam membuat laporan keuangan perusahaan secara instan. Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor laporan keuangan di mana saja dan kapan saja.

Jadi jangan lupa manfaatkan peluang bisnis dengan laporan keuangan lengkap dari aplikasi gudang berbasis web milik Jurnal. Info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal, dapat Anda lihat di sini.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal