Seperti yang kita sudah ketahui, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya, terutama di kota-kota besar. Banyak target pasar yang mencari makanan/minuman untuk memenuhi kebutuhan pokoknya atau hanya untuk memenuhi gaya hidupnya. Di Indonesia sendiri, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang dapat berkembang dengan pesat.

 

Memulai bisnis kuliner tidak hanya berlaku untuk orang-orang yang memiliki hobi memasak, orang yang tidak bisa memasak, namun mencintai dan tekun menjalankan bisnis kuliner juga bisa memulai bisnis di industri ini. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak boleh sembarang dalam memilih jenis makanan/minuman yang ingin dijual. Cobalah lihat peluang bisnis yang sesuai dengan target yang ingin Anda tuju dan teruslah membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis. Berikut adalah beberapa peluang bisnis kuliner yang bisa menjadi pilihan.

 

Martabak Mini

Martabak adalah salah satu makanan yang digemari berbagai kalangan dan usia. Jika Anda ingin mengincar target anak-anak atau siswa di sekolah, Anda dapat memulai bisnis martabak mini. Dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga martabak biasanya, martabak mini dapat menarik anak-anak untuk membeli. Untuk memberikan daya tarik lebih, Anda dapat membuat topping yang berbeda, misalnya menambahkan es krim atau selai cokelat kekinian.

 

Warung Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang paling diminati berbagai kalangan di Indonesia. Bisnis warung kopi ini cocok di buka di mana pun, di desa hingga di perkotaan. Modal untuk memulai bisnis ini pun tidak cukup banyak, jika Anda belum mampu menyewa toko atau tempat, Anda dapat menjual kopi keliling menggunakan motor. Untuk memulai bisnis ini, Anda juga harus membuang jauh-jauh gengsi dalam diri. Dengan gengsi yang tinggi, sampai kapan pun Anda tidak akan bisa memulai bisnis apa pun.

 

Katering Rumahan

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang yang menginginkan segalanya serba instan, termasuk makanan. Bisnis ini memiliki target yang cukup luas, dari anak-anak sekolah, perkantoran, hingga masyarakat umum. Jika Anda hobi memasak, cobalah manfaatkan peluang bisnis katering rumahan ini. Anda dapat mencoba bisnis katering sehat yang saat ini sedang tren di Indonesia. Banyak masyarakat yang telah menyadari akan pentingnya kesehatan, namun mengolah makanan sehat bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu banyak dari mereka yang memanfaatkan katering rumahan. Jadi, tunggu apalagi? Manfaatkan hobi Anda sekarang juga.

 

Aneka Gorengan

Siapa yang tidak tertarik dengan makanan semua kalangan ini. Gorengan merupakan makanan dengan harga yang murah dan cocok dinikmati kapan pun. Untuk memulai bisnis ini pun tidak terlalu sulit, modalnya pun tidak terlalu banyak. Pesaing bisnis ini pun cukup banyak, di pedesaan hingga perkotaan bisnis ini sangat mudah untuk dijumpai. Untuk menarik pelanggan, cobalah untuk membuat gorengan lebih kreatif, misalnya singkong goreng keju, pisang goreng rempah, cireng berbagai bentuk, tahu pedas, tahu bulat, dan lain sebagainya. Dengan menjual gorengan dengan berbagai keunikan tentu dapat menarik calon pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli.

 

Cemilan Kekinian

Mengemil adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh semua orang. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di sore ataupun malam hari. Jika Anda dapat melihat peluang ini di sekitar lingkungan rumah atau kantor, cobalah untuk memanfaatkannya. Anda dapat memulai bisnis cemilan kekinian seperti bakso bakar, sosis bakar, makaroni pedas, keripik pedas, fresh cake, dan lain sebagainya. Memulai bisnis ini pun tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak, namun keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa lebih dari dua kali lipat.

 

Minuman Segar

Memulai bisnis minuman segar adalah salah satu peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Bisnis minuman ini bisa terbilang sangat mudah. Bisnis ini sangat dicari dan diminati kalangan anak-anak, remaja, hingga mahasiswa. Dalam bisnis ini, Anda dapat menjual aneka minuman segar seperti bubble drink, es cokelat kekinian, jus buah, es doger, es podeng, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mempopulerkan kembali minuman tradisional seperti jahe, bajigur, sekoteng, ataupun bandrek dengan tampilan yang lebih modern untuk menarik daya beli pelanggan.

 

Itulah keenam peluang bisnis kuliner yang dapat Anda pilih untuk memulai bisnis. Perlu diingat, dalam menjalankan bisnis kuliner, Anda juga harus selalu membuat inovasi baru dari segi menu, kualitas, tampilan, hingga rasa baru yang dapat memikat hati pelanggan. Untuk membuat inovasi baru, Anda juga membutuhkan laporan keuangan yang memudahkan dalam membuat strategi dan rencana bisnis. Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda membuat inovasi lebih mudah dan fokus. Karena Jurnal akan menyediakan laporan keuangan perusahaan secara instan, cepat, dan tepat. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat Anda temukan di sini.

Author