Perdagangan Internasional adalah kegiatan jual beli yang dilakukan oleh dua atau lebih negara. Perdagangan ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan negara dan terjadi jika ada kesepakatan antar dua negara yang saling membutuhkan sebagai usaha pemenuhan kebutuhan masing-masing negara. Berikut adalah beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan Internasional.

 

Penguasaan Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Negara-negara dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi akan mampu memproduksi barang dan jasa yang lebih banyak, berkualitas, dan tentunya efisien dibandingkan dengan negara yang lambat akan IPTEK-nya. Hal ini bisa terjadi karena pemanfaatan teknologi sangat menghemat biaya produksi dan mampu menghasilkan barang yang lebih banyak. Negara dengan teknologi yang lebih maju cenderung melakukan spesialisasi dalam memproduksi barang, sedangkan barang yang bukan produk sendiri akan dibeli dari negara lain.

 

Perbedaan Kekayaan Sumber Daya Alam

Setiap negara memiliki keadaan geografis yang berbeda- beda, sehingga perbedaan tersebut menjadikan setiap negara memiliki kekayaan sumber daya alam yang berbeda-beda pula. Pada dasarnya, sumber daya alam adalah faktor produksi negara. Oleh karena itu, setiap negara memiliki keanekaragaman kondisi produksi.

 

Perbedaan Selera

Selera ternyata dapat menimbulkan perdagangan Internasional. Terjadinya perbedaan kebudayaan, sistem politik, pandangan hidup, dan tatanan sosial menyebabkan terjadinya selera terhadap berbagai jenis komoditas.

 

Perbedaan Iklim

Perbedaan iklim setiap negara menyebabkan terbatasnya potensi sumber daya alam. Akibatnya, tidak semua barang untuk memenuhi kebutuhan dapat dipenuhi sendiri oleh negara tersebut. Oleh karena itu, negara akan mengimpor dari negara lain.

 

Keinginan Memperluas Pasar & Menambah Keuntungan

Ada kalanya para produsen menjalankan produksinya dengan tidak maksimal karena takut mengakibatkan kelebihan produksi sehingga menyebabkan kerugian. Namun, beberapa produsen sengaja melakukan produksi besar-besaran untuk menambah keuntungan sehingga akan mendorong mereka untuk melakukan perdagangan Internasional.

 

Kelebihan atau Kekurangan Produk dalam Suatu Negara

Kelebihan produk pada suatu negara (surplus) dan kekurangan kas dalam suatu negara (defisit) adalah suatu hal yang terjadi karena adanya perbedaan sumber daya alam dan kemajuan antara negara satu dan lainnya. Terjadinya surplus menyebabkan negara yang bersangkutan akan menjual hasil produknya ke negara lain, sedangkan negara yang mengalami defisit akan membeli barang dari luar negeri melalui perdagangan Internasional.

 

Dalam menjalankan sesuatu pastinya ada yang namanya untung dan rugi, begitupun dengan kegiatan perdagangan Internasional. Untuk menghindari kerugian, perusahaan yang ingin melakukan perdagangan internasional harus memastikan bahwa perusahaan yang dikelola memiliki manajemen yang baik termasuk dalam hal keuangan.

Jurnal, software akuntansi online menyediakan jasa layanan akuntansi yang dapat digunakan di mana pun dan kapan pun. Jurnal juga digunakan oleh beberapa bisnis, seperti impor ekspor, retail, hingga bisnis kecil sekalipun.

Dengan Jurnal, Anda bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan hingga mengetahui jumlah stok barang secara realtime. Dapatkan kemudahan perdagangan Internasional dengan mempercayakan laporan keuangan Anda pada Jurnal. Untuk informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author