Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan Internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product). Meskipun perdagangan Internasional telah terjadi selama ribuan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Adapun lima tujuan dari perdagangan Internasional adalah sebagai berikut.

 

Menaikkan Devisa Negara

 

Dengan adanya perbedaan yang dimiliki oleh negara satu dengan negara lain maka sebagai negara yang mengekspor barang ke negara lain, tujuannya adalah untuk menaikkan devisa negara. Apabila kita dapat menaikkan devisa negara maka imbas darinya adalah.

a. Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi ialah kenaikan produk nasional bruto pendapatan  dalam suatu Negara. Produk Nasional Bruto (GDP) biasanya dihasilkan oleh faktor-faktor produksi milik warga Negara baik yang tinggal di dalam negeri maupun di luar negeri, warga Negara tidak termasuk didalamnya walaupun dia tinggal dalam negeri tersebut.

 

b. Memengaruhi stabilitas harga barang yang di ekspor

Stabilitas harga di sini adalah mempertahankan harga yang dilakukan oleh pemerintah ketika laju inflasi mulai tinggi. Inflasi adalah peningkatan persediaan uang sehingga menyebabkan kenaikan harga. Maka dalam hal ini pemerintah bertugas untuk tetap menstabilkan harga ditengah inflasi yang sedang naik dengan adanya ekspor yang dilakukan oleh negara itu sendiri.

 

c. Eksistensi tenaga kerja

Eksistensi tenaga kerja sangat diperlukan adanya tenaga kerja karena mereka adalah pelaku yang melancarkan segala tindakan yang saling berkesinambungan. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi, maka perusahaan pengekspor akan kebanjiran pesanan produk, sehingga tenaga kerja yang ada tidak mampu untuk mengerjakan semuanya sehingga dibutuhkanlah perekrutan tenaga kerja yang baru untuk menyelesaikan pesananan ekspor yang sangat banyak. Hal ini sangat menguntungkan satu sama lain.

 

Memenuhi Kebutuhan yang Ada di Negara Lain

 

Dengan adanya perbedaan yang dimiliki oleh negara satu dengan negara lain, maka sebagai negara yang mengimpor barang dari negara lain, tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan yang ada di negara lain, namun tidak di produksi di negara sendiri.

 

Memperoleh Keuntungan Internal & Eksternal

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya kegiatan perdagangan adalah untuk mencari keuntungan. Keuntungan yang dicari bukan saja keuntungan internal melainkan juga keuntungan eksternal. Keuntungan internal adalah keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri misalnya keuntungan melalui banyaknya pesanan dari luar negeri yang dapat meningkatkan ekspor perusahaan. Keuntungan yang didapat perusahaan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan alat-alat produksi maupun untuk penambahan fasilitas yang dibutuhkan dalam perusahaan dalam memenuhi kebutuhan produksi. Keuntungan yang selanjutnya yaitu keuntungan eksternal, dalam hal ini keuntungan eksternal yaitu keuntungan spesialisasi. Keuntungan spesialisasi yaitu keuntungan akibat fungsi dalam mempertinggi keefisienan penggunaan faktor-faktor produksi.

 

Memperluas Pasar

 

Dalam proses produksi, terkadang perusahaan tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka menghindari terjadinya kelebihan produksi. Mengapa hal itu dihindari? Karena jika produksi yang dihasilkan berlebihan mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Maka dari itu perdagangan Internasional bertujuan agar perusahaan dan para pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal tanpa khawatir kelebihan akan produksi karena kelebihan produk tersebut dapat dijual keluar negeri. Hal ini juga menyebabkan terbukanya berbagai pasar yang dapat menampung barang produksi tersebut.

 

Transfer Teknologi Modern

 

Dalam perdagangan Internasional kita tidak hanya memperoleh keuntungan dalam hal materi saja melainkan dalam hal teknologi modern. Dengan berkembangnya zaman maka negara maju pasti akan memberikan inovasi baru dengan menciptakan regenerasi teknologi yang lama dengan teknologi yang baru untuk menambah keefektifan dan keefisienan dalam proses produksi.

 

Pada dasarnya perdagangan Internasional memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan bagi kedua belah pihak negara. Dalam menjalankan perdagangan Internasional yang baik, tentu perusahaan membutuhkan laporan keuangan yang terperinci dengan baik. Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah menggunakan software akuntansi. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat Anda gunakan untuk membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan realtime di mana pun dan kapan pun.

 

Jurnal juga memiliki berbagai fitur lain yang bisa membantu Anda menjalankan bisnis dengan mudah seperti laporan stok barang, laporan laba rugi, laporan arus kas, membuat dan mengirim invoice dengan cepat, dan berbagai fitur Jurnal lainnya. Segera daftarkan bisnis Anda dengan Jurnal dan dapatkan kemudahan mengelola keuangan bisnis.

Author