Setiap bisnis pasti memiliki transaksi keuangan setiap harinya. Untuk mengelola keuangan dengan baik, seorang pengusaha harus melakukan pencatatan keuangan untuk melihat biaya apa saja yang masuk dan keluar di dalam perusahaan. Pencatatan yang baik akan memengaruhi keberhasilan dalam bisnis yang dijalankan.

 

Proses pencatatan keuangan biasanya sering dikenal dengan proses pembukuan. Pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa. Proses ini kemudian ditutup dengan menyusun laporan keuangan untuk satu periode tertentu.

 

Laporan keuangan ini dibuat untuk mengetahui informasi yang menyangkut kondisi keuangan, kinerja karyawan, dan perubahan kondisi keuangan perusahaan yang dapat dimanfaatkan pengusaha untuk pengambilan keputusan di kemudian hari. Sayangnya, banyak pengusaha yang belum menyadari pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan pengusaha dari laporan keuangan.

 

Memisahkan Aset Bisnis dengan Aset Pribadi

Laporan atau pembukuan keuangan dapat membuat aset pribadi tidak bercampur dengan aset bisnis, sehingga meminimalkan risiko bisnis ke dalam kehidupan pribadi. Selain itu, dengan menggunakan laporan ini para pengusaha bisa menjalankan perusahaan dengan lebih profesional.

 

Acuan Penting Dalam Pengambilan Keputusan

Manajemen perusahaan dapat melihat kondisi keuangan bisnis pada periode tertentu untuk memastikan apakah kondisi keuangannya sehat, kritis, atau bangkrut. Dengan demikian, manajemen perusahaan dapat membuat keputusan terkait pembelian aset, kenaikan gaji karyawan, mencari modal, menambah pinjaman, pembagian bonus, pembagian dividen, dan masih banyak lagi.

 

Informasi untuk Perhitungan Pajak

Laporan keuangan memegang peran penting dalam penyajian informasi untuk dijadikan sebagai bahan dasar perhitungan pajak. Bahan dasar di sini mengandung makna bahwa informasi dalam laporan keuangan harus dikelola lebih lanjut agar dapat ditentukan besarnya pajak terutang dalam suatu perusahaan.

 

Melihat Jumlah Keuntungan

Dalam suatu bisnis tentunya akan ada fase di mana Anda memiliki pendapatan yang banyak atau sedikit. Melalui laporan inilah Anda bisa melihat dan menganalisa berapa jumlah keuntungan dari bisnis, apakah memiliki keuntungan yang tinggi atau malah mengalami kerugian? Melalui lajur debit dan kredit yang ada, Anda bisa melihat semuanya dengan transparan.

 

Laporan Ke Pihak Luar

Seperti yang telah diketahui bahwa laporan keuangan dibutuhkan untuk meninjau pajak maupun sebagai syarat bagi pihak luar seperti pemerintah, perusahaan lain, atau lembaga keuangan. Mereka akan meminta laporan keuangan sebagai syarat kerja sama untuk meninjau prospek bisnis yang Anda miliki di masa depan. Tidak mungkin pihak luar mau bekerja sama dengan bisnis yang tidak memiliki prospek untuk kedepannya. Oleh karena itu, Anda harus tahu seberapa penting fungsi laporan keuangan sebagai syarat untuk berhubungan dengan pihak luar. Jika bisnis semakin besar, tentunya mengunggah laporan keuangan menjadi syarat utama untuk transparansi kepada publik.

 

Sekarang Anda telah mengetahui pentingnya laporan keuangan bagi bisnis yang dijalankan. Jadi, cobalah untuk menjadi pengusaha yang baik dengan memiliki laporan keuangan. Ingat, pengusaha yang handal adalah seseorang yang dapat mengenal, mengerti, dan peduli pada kondisi perusahaannya sendiri. Untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan perusahaan, Anda dapat memanfaatkan software akuntansi.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan Jurnal, Anda dapat membuat laporan keuangan secara realtime dan dapat memonitor laporan di mana pun dan kapan pun. Untuk info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal secara lengkap, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Author