5 Manfaat Membuat & Mengirimkan Invoice Melalui Jurnal

Invoice sangat berguna bagi kelangsungan bisnis Anda. Jika Anda menginginkan adanya peningkatan penjualan serta mengurangi permasalahan pengiriman, invoice adalah jawabannya. Komponen penting yang dinamakan invoice ini memegang peran penting dalam mengembangkan usaha Anda.

Pengertian Invoice

Cara Membuat Invoice Bagi Pemula di Bidang Bisnis

Invoice adalah dokumen atau surat tagihan yang digunakan sebagai bukti pembelian atau penjualan yang di dalamnya tertulis jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli. Dengan adanya invoice, Anda dapat lebih mudah dalam membuat laporan keuangan perusahaan. Baik perusahaan kecil maupun besar wajib memiliki dokumen ini. Selain sebagai bukti penagihan, invoice juga digunakan sebagai bukti bahwa badan usaha tersebut telah memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak.

Dalam sebuah invoice, terdapat beberapa informasi yang harus tercantum dan tidak boleh ditinggalkan. Hal ini bertujuan untuk menjaga akurasi pencatatan transaksi. Informasi yang sebaiknya dimuat dalam invoice adalalah:

  • Keterangan perusahaan pembeli
  • Keterangan perusahaan penjual
  • Tanggal transaksi
  • Item atau jenis barang atau jasa yang dibeli
  • Harga per item
  • Total harga keseluruhan
  • Besaran pajak
  • Harga yang harus dibayar atau ditagih setelah pajak.

Manfaat Membuat & Mengirim Invoice Menggunakan Jurnal

Jurnal, software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam membuat dan mengirim invoice secara langsung dan otomatis. Inilah manfaat yang dapat Anda rasakan saat memercayakan Jurnal untuk pembuatan dan pengiriman invoice usaha Anda.

Membuat Transaksi Berulang

Dalam transaksi penjualan, membuat invoice merupakan aktivitas yang harus dilakukan. Bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang jasa seperti tempat kursus, layanan TV kabel, jasa hosting website, layanan catering bulanan, Internet berlangganan atau usaha lainnya yang memiliki banyak transaksi penjualan berulang (recurring) dan harus mengirimkan invoice secara periodik ke pelanggan yang sama. Jurnal membantu membuatkan transaksi yang sama secara berulang dan menjadwalkan pengiriman invoice secara otomatis.

 

Mencatat Transaksi Otomatis

Setelah membuat invoice, biasanya Anda harus melakukan pencatatan (penjurnalan) atas transaksi pembelian dan penjualan untuk dijadikan laporan keuangan. Dengan software akuntansi Jurnal, Anda tidak perlu repot lagi melakukan pencatatan pembelian dan penjualan. Jurnal akan membantu mencatatkan jurnal transaksi pembelian dan penjualan Anda secara otomatis ke dalam sistem, sehingga menghemat waktu dalam membuat laporan keuangan.

 

Mengirim Invoice Secara Otomatis

Dengan Jurnal, Anda dapat mengirimkan invoice secara otomatis melalui email sesuai jadwal yang telah ditentukan sehingga tidak akan direpotkan lagi dengan pengiriman invoice secara manual. Hal ini dapat mengurangi risiko lupa mengirimkan invoice dan juga terhindar dari keterlambatan pembayaran dari pelanggan yang mengakibatnya arus kas (cash flow) dan operasional perusahaan terganggu.

 

Melampirkan Dokumen Pendukung

Jurnal juga memiliki fitur di mana Anda dapat melampirkan dokumen pendukung seperti memo, purchase order, surat jalan, dan dokumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan sebuah invoice. Dokumen pendukung ini secara otomatis akan tersimpan ke dalam sistem Jurnal pada  saat Anda melampirkan dan mengirimkan invoice ke pelanggan, sehingga dapat mengurangi risiko hilangnya bukti transaksi.

 

Dilengkapi dengan Desain Profesional

Salah satu fitur yang menjadi favorit pengguna Jurnal adalah 11 desain invoice profesional yang dapat Anda pilih. Upload logo perusahaan dengan mudah ke dalam invoice pilihan Anda untuk mendapatkan invoice perusahaan sendiri yang terlihat profesional. Hal ini tentunya dapat menambah kredibilitas perusahaan di mata pelanggan maupun supplier Anda.

Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu mengelola keuangan bisnis lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Jurnal dapat diakses di mana pun dan kapan pun dengan koneksi Internet atau WiFi. Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan laporan keuangan secara instan dan real-time. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat Anda lihat di sini.


PUBLISHED01 Feb 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: