Di era digital ini, hampir semua orang kenal dan tahu akan keberadaan Internet. Banyak layanan yang bisa didapat seseorang melalui Internet, dari informasi hingga penyedia jasa semua bisa didapatkan di Internet. Di sisi lain, ini bisa memicu peluang bisnis online yang saat ini sedang digemari berbagai kalangan. Dengan bisnis online, Anda bisa bekerja dari mana saja dan mengatur jam kerja sendiri. Bukan hanya itu, bisnis online juga tidak membutuhkan modal yang banyak sehingga banyak orang yang ingin memulai bisnis online ini. Lalu bagaimana cara memulai bisnis ini? Simak jawabannya di bawah ini.

 

Pilih Produk yang Ingin Dijual

Memulai bisnis berarti Anda juga harus memulainya dengan sebuah konsep tentang produk yang ingin dijual. Sebuah produk akan menentukan jenis iklan, pelanggan yang dituju dan besar kecilnya anggaran yang dibutuhkan. Untuk memudahkan dalam pemilihan jenis produk, Anda bisa mulai mencari produk yang sesuai dengan hobi atau minat Anda dan lihat seberapa banyak ketersediaan produk di lokasi sekitar Anda, maupun jaringan yang mampu mendukung ketersediaan barang yang ingin dijual.

 

Tentukan Nama Bisnis

Anda perlu meluangkan waktu untuk memilih nama yang unik ketika ingin memulai bisnis online. Nama yang unik bisa membuat produk Anda lebih mudah dikenali dalam memasarkan bisnis dan memungkinkan Anda mendapatkan nama domain yang sesuai dengan nama bisnis. Jika, Anda telah memiliki sebuah nama dalam pikiran, cobalah cari nama tersebut melalui pencarian Internet. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk melihat apakah ada bisnis lain yang terdaftar dengan nama yang sama.

 

Perhatikan Rekening Bank

Ketika Anda memulai bisnis online , Anda juga perlu membuka rekening Bank, karena semua pembayaran akan ditransaksikan secara tidak langsung. Anda perlu membuka beberapa akun rekening Bank untuk memudahkan pelanggan memilih dari Bank mana mereka akan melakukan transaksi pembayaran. Hal ini sangat penting diperhatikan karena banyak transaksi online yang gagal terjadi dikarenakan sebuah online shop tidak memiliki rekening yang sama dengan pelanggannya. Dalam hal ini pelanggan gagal meneruskan pembayaran karena tidak ingin dikenai biaya tambahan transfer antar Bank.

 

Dapatkan Nama Domain

Segera setelah Anda memutuskan sebuah nama, daftarkan nama domain untuk memulai bisnis online. Nama domain adalah alamat situs yang biasanya diakhiri dengan ".com". Anda dapat memeriksa ketersediaan nama domain yang Anda usulkan dengan mengetiknya ke mesin pencarian di Internet dan melihat apakah ada situs web yang sama. Banyak perusahaan menawarkan registrasi nama domain. Anda cukup membuat akun, mengidentifikasi nama yang ingin Anda daftarkan dan membayar biaya tahunan.

 

Mulai membangun  Website

Agar situs web Anda aktif dan berjalan, Anda harus mulai membangun website dan membeli web hosting, yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan yang juga menyediakan pendaftaran domain. Di saat memulai bisnis online, Anda bisa saja  membuat situs web sendiri, jika Anda memahami IT. Tapi jika Anda tergolong orang yang sangat awam dengan dunia digital, Anda bisa menghubungi jasa pembuatan website dan berdiskusi untuk membuat sebuah website yang menarik bagi bisnis Anda.

 

Setelah ke 5 hal di atas telah terpenuhi, maka Anda siap untuk memulai bisnis online. Ingatlah bahwa Internet adalah tempat yang sangat padat dan luas, Anda tidak bisa duduk santai dan menunggu pelanggan datang. Jadi, cobalah carilah cara untuk mempromosikan bisnis melalui iklan online, media sosial,, dan berbagai media iklan lainnya. Serta jangan lupa untuk memulai laporan keuangan yang baik untuk memperlancar bisnis Anda.

 

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan Jurnal, Anda dapat membuat laporan keuangan secara realtime dan dapat memonitor laporan di mana pun dan kapan pun. Untuk info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal secara lengkap, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

 

Author