Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba atau franchise adalah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor (pewaralaba) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan area tertentu. Dalam bisnis ini, ada 2 pihak yang terlibat yaitu franchisor (pewaralaba) sebagai pihak yang memiliki, menyewakan, ataupun menjual merek dan sebuah sistem, serta franchisee (terwaralaba) sebagai pihak yang membeli merek dan sebuah sistem bisnis dari pewaralaba dengan syarat yang telah disepakati bersama. Dengan membeli bisnis waralaba ini, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

 

Lebih Cepat Memulai Bisnis

Dengan memilih bisnis waralaba, Anda tak perlu repot-repot membuat proposal bisnis dan strategi marketing. Dari segi perencanaan, bisnis waralaba ini relatif singkat, Anda hanya perlu menjalankan sistem yang telah dijalankan pihak pewaralaba. Biasanya, Anda hanya perlu menyiapkan tempat, dan semua kebutuhan bisnis akan disediakan langsung oleh pihak pewaralaba.

 

Memiliki Partner Profesional

Franchisor atau pewaralaba secara otomatis telah menjadi partner bisnis sejak Anda mendaftarkan diri dengan membeli atau menyewa bisnis ini. Dengan memiliki partner yang profesional, Anda tidak perlu lagi bingung dalam menjalankan bisnis. Biasanya pihak pewaralaba akan siap mendukung bisnis Anda dan memberikan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan. Hal ini tentu demi perkembangan bisnis Anda maupun partner (pewaralaba) Anda.

 

Tak Perlu Branding

Produk dan merek bisnis ini biasanya sudah dikenal masyarakat luas sehingga Anda tak perlu repot lagi melakukan branding pada merek bisnis. Yang terpenting dalam bisnis ini adalah saat memilih bisnis dan menentukan dengan siapa Anda akan bekerja sama. Cobalah memilih bisnis franchise yang sudah dikenal dan memiliki citra positif di masyarakat.

 

Memiliki Media Promosi Gratis

Dengan memilih bisnis franchise, Anda tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mempromosikan bisnis ini. Karena pihak pewaralaba pasti telah memikirkan strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya. Secara tidak langsung, Anda juga bisa mendapat media iklan secara gratis dari pihak pewaralaba.

 

Menjalankan Bisnis dengan Mudah

Bisnis franchise yang Anda jalani akan secara otomatis memengaruhi perkembangan bisnis pewaralaba. Dengan begitu, pihak pewaralaba sangat menginginkan Anda berhasil dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Untuk mendukung hal tersebut, mereka akan memberikan sistem manajemen yang sudah teruji sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis franchise.

 

Dari kelima keuntungan di atas, apakah Anda sudah dapat memutuskan untuk membeli bisnis franchise apa? Setelah Anda memutuskan, pastikan juga franchise Anda memiliki laporan keuangan yang jelas. Dengan laporan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan, laba-rugi bisnis, hingga arus kas masuk dan keluar. Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang membantu Anda mengelola keuangan bisnis dan membantu menyiapkan laporan keuangan bisnis secara instan. Dengan Jurnal, Anda juga tidak perlu repot meminta data ke bagian keuangan ataupun admin, karena Jurnal dapat Anda akses di mana pun dan kapan pun secara realtime. Info selengkapnya mengenai Jurnal dapat Anda lihat di sini.

Author