5 Cara Penghitungan Biaya Overhead Pabrik yang Harus Anda Tahu

Bagaimana cara menghitung biaya overhead pabrik (BOP) dengan rumus adalah? Simak penjelasannya di artikel Blog Jurnal by Mekari.

Biaya overhead pabrik (manufacturing overhead costs) adalah biaya produksi yang tidak masuk dalam biaya bahan baku maupun biaya tenaga kerja langsung.

Jika suatu perusahaan memiliki departemen lain di luar departemen produksi, maka semua biaya yang terjadi di departemen pembantu tersebut (termasuk biaya tenaga kerjanya) dikategorikan sebagai biaya overhead pabrik.

Biaya overhead pabrik biasanya muncul dari biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaian bahan tambahan, biaya tenaga kerja tak langsung, pengawasan mesin produksi, pajak, asuransi, hingga fasilitas-fasilitas tambahan yang diperlukan dalam proses produksi.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Klasifikasi Biaya Overhead Pabrik

Klasifikasi biaya overhead pabrik dikelompokan atas beberapa kategori seperti berdasarkan sifatnya, perilakunya dalam hubungan dengan perubahan volume produksi, dan berdasarkan hubungannya dengan departemen.

Berikut ini penglasifikasiaan biaya berdasarkan sifatnya.

  • Biaya bahan penolong

Bahan penolong yang dimaksud dalam hal ini adalah bahan yang tidak menjadi bagian dari hasil produksi atau bahan yang nilainya relatif kecil dibandingkan harga keseluruhan produk.

  • Biaya tenaga kerja tak langsung

Tenaga kerja tak langsung yang dimaksud dalam biaya overhead pabrik adalah tenaga kerja perusahaan yang upahnya tidak dapat diperhitungkan secara langsung kepada produk.

  • Biaya reparasi dan pemeliharaan

Biaya reparasi dan pemeliharaan yang dimaksud dalam biaya overhead pabrik adalah biaya suku cadang (sparepart), biaya bahan habis pakai (factory supplies), dan harga jasa yang perlu dikeluarkan perusahaan untuk keperluan perbaikan dan pemeliharaan mesin produksi, kendaraan, dan alat-alat perusahaan lainnya.

Klasifikasi biaya overhead berdasarkan hubungannya dengan perubahan volume produksi adalah:

  • Biaya overhead pabrik tetap

Biaya overhead pabrik yang tidak berubah meskipun terjadi perubahan dalam volume produksi.

  • Biaya overhead pabrik variabel

Terdiri dari biaya overhead pabrik yang berubah sebanding dengan perubahan volume produksi dan biaya overhead pabrik semi variabel.

Biaya overhead pabrik yang berubah namun tidak sebanding dengan perubahan volume produksi. Untuk memudahkan penentuan tarif biaya overhead pabrik, biasanya biaya overhead pabrik semi variabel akan dipecah menjadi 2 bagian yaitu biaya tetap dan biaya variabel.

Adapun klasifikasi biaya overhead yang berdasarkan hubungan dengan departemen adalah:

  • Biaya overhead pabrik langsung departemen

Biaya overhead pabrik yang ada dalam sebuah departemen dan manfaatnya hanya dapat dinikmati oleh departemen tersebut.

Biaya overhead pabrik tidak langsung departemen

Biaya overhead pabrik yang manfaatnya dapat dinikmati oleh lebih dari satu departemen.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Cara Menghitung Tarif Biaya Overhead Pabrik

Setelah semua biaya diklasifikasikan dengan benar, Anda dapat mengetahui persentase biaya overhead (BOP) bisnis Anda  dari penjualan dengan cara menghitung dengan rumus berikut. 

Hal ini dilakukan dengan menjumlahkan semua biaya overhead, yang biasanya membaginya berdasarkan bulan, dan kemudian membagi total itu dengan semua penjualan bulanan.

Misalnya, perusahaan Anda memiliki Rp120.000.000,- dalam biaya overhead bulanan dan menghasilkan Rp800.000.000,- dalam penjualan bulanan.

Dalam hal ini, persentase overhead-nya adalah Rp120.000.000,- dibagi Rp800.000.000,- yang memberi Anda 0,15. Lipat gandakan dengan 100, dan persentase overhead Anda adalah 15 persen dari penjualan Anda.

Perhitungan ini dapat menggambarkan berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk biaya overhead. Misalnya, dalam kasus di atas, untuk setiap rupiah yang dihasilkan perusahaan, 15 persen dikhususkan untuk overhead.

Hal ini juga bermanfaat untuk menghitung persentase overhead dalam kaitannya dengan biaya tenaga kerja. Biaya overhead bulanan dibagi dengan biaya tenaga kerja bulanan dan dikalikan dengan 100.

Dalam semua kasus terkait biaya overhead, semakin rendah persentasenya, semakin efektif suatu bisnis dalam memanfaatkan sumber dayanya.

Nilai bisnis diukur oleh berbagai faktor, termasuk perhitungan seperti profitabilitas dan persentase overhead.

Sejauh ini cara paling akurat adalah dengan melacak biaya dan pendapatan sehingga pemilik bisnis dapat mengukur efisiensi bisnis perusahaan. Biaya overhead langsung terkait dengan pembelian dan pembiayaan peralatan. 

Selain itu, rumus untuk menghitung biaya overhead pabrik (BOP) juga daoat menggunakan beberapa cari ini.

Jumlah Satuan produk

Metode ini langsung membebankan biaya overhead pabrik kepada produk dan lebih cocok digunakan dalam perusahaan yang hanya memproduksi satu jenis produk.

Biaya Bahan Baku

Apabila harga pokok bahan baku sebagai dasar pembebanan, maka tarif biaya overhead pabrik dapat dihitung dengan rumus:

Biaya Tenaga Kerja

Apabila sebagian besar elemen biaya overhead pabrik mempunyai hubungan yang erat dengan jumlah upah tenaga kerja langsung, maka dasar yang dipakai untuk membebankan biaya overhead pabrik adalah biaya tenaga kerja langsung.

Jam Tenaga Kerja Langsung

Apabila biaya overhead pabrik mempunyai hubungan erat dengan waktu untuk membuat produk, maka dasar yang dipakai untuk membebankan adalah jam tenaga kerja langsung. :

Jam Penggunaan Mesin

Apabila biaya overhead pabrik bervariasi dengan waktu penggunaan mesin maka dasar yang dipakai membebankan adalah jam mesin.

Biaya overhead pabrik juga dikenal dengan biaya tak terduga. Penyusunan biaya tak terduga ini sangat penting untuk dimasukkan dalam rencana anggaran pembiayaan perusahaan agar tidak terjadi kekurangan anggaran di kemudian hari.

Baca juga: Kontrol Overhead Pabrik (Manufacturing Overhead Control), Sisi Lain dari BOP yang Perlu Anda Ketahui!

Gunakan Software Akuntansi Jurnal untuk Menghitung Biaya Overhead

Untuk membantu perusahaan Anda melakukan perhitungan terhadap biaya overhead pabrik, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi online seperti Jurnal. Salah satunya, Anda bisa menggunakan software akuntansi bisnis manufaktur.

Jurnal dengan fitur biayanya, memudahkan Anda untuk memiliki  semua data dan perhitungan biaya dengan cepat dan akurat.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa cara dan rumus untuk menghitung biaya overhead pabrik (BOP) yang perlu Anda ketahui. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo