Aset merupakan bagian terpenting bagi sebuah perusahaan. Tanpa adanya aset, kegiatan operasional tidak dapat berlangsung dengan baik seperti, pembayaran gaji karyawan, pembelian barang, hingga penjualan yang dapat meningkatkan aset perusahaan pun akan terhambat. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menjaga aset dengan baik. Dalam menjaga aset, pengusaha perlu strategi mendasar yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda rencanakan untuk menjaga aset perusahaan.

 

Asuransikan Bisnis

Asuransi tidak hanya penting untuk diri pribadi ataupun karyawan, asuransi juga bagian penting dari bisnis. Cobalah memulai untuk membuat anggaran untuk mengasuransikan bisnis Anda dengan perusahaan asuransi yang tepat. Dengan adanya asuransi, Anda akan dimudahkan ketika mendapatkan sebuah masalah dalam bisnis. Pastikan Anda mendapatkan polis asuransi yang tepat dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

 

Pilih Entitas yang Tepat

Bisnis yang beroperasi dengan kepemilikan tunggal bukanlah pilihan terbaik untuk menjaga sebuah aset. Karena dengan kepemilikan tunggal, aset pribadi juga akan terkena gugatan potensial dari departemen perpajakan. Oleh karena itu, menyiapkan suatu entitas seperti perseroan terbatas merupakan langkah penting yang harus dilakukan untuk menjaga aset sekaligus mengembangkan bisnis.

 

Pisahkan Rekening Pribadi & Perusahaan

Selain memudahkan dalam mengelola arus kas, memisahkan rekening pribadi dan perusahaan juga dapat memudahkan Anda dalam mengelola aset perusahaan. Tak hanya rekening pribadi, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memiliki buku cek untuk bisnis. Menggunakan nama, perusahaan pada setiap dokumen juga dapat menjaga catatan perusahaan yang biasa digunakan disetiap pertemuan bisnis.

 

Terapkan Sistem Kontrak yang Tepat

Pernahkah Anda menyadari bahwa kreditur dapat dengan mudah menjatuhkan perusahaan beserta asetnya ketika pengusaha mulai bersikap lengah? Beberapa kreditur biasanya akan membuat sistem kontrak yang didalamnya dipenuhi dengan kecurangan. Untuk itu, sebagai pengusaha, Anda harus lebih cermat dan teliti ketika ingin membuat ataupun membaca kontrak. Anda harus membuat sistem perjanjian kontrak dengan prosedur yang benar dan tepat. Perjanjian kontrak, tidak hanya untuk perjanjian kerja sama, tapi juga untuk perjanjian sewa menyewa, jual beli, dan lain sebagainya. Selain itu, janganlah mudah percaya dengan perjanjian yang hanya diucapkan di mulut, jika perlu Anda dapat menyewa jasa notaris atau penasihat hukum yang bisa menjadi saksi perjanjian kontrak bisnis Anda.

 

Itulah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk menjaga aset perusahaan Anda. Selain untuk dilindungi, aset juga harus dikelola dengan baik untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan, sekaligus mendorong tercapainya tujuan perusahaan. Jurnal, software akuntansi online yang memudahkan Anda dalam mengelola aset perusahaan. Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan laporan aset secara real-time yang akan menampilkan daftar aset tetap dengan harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai aset tersebut.

Author