Franchise atau waralaba adalah salah satu bisnis yang dijalankan dengan meminjam merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan oleh pihak yang meminjamkan (franchisor). Dalam menjalankan bisnis ini, memilih jenis franchise adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan dengan matang. Dalam mempertimbangkan dalam pemilihan bisnis franchise, Anda harus memilih bisnis yang memiliki profitable atau keuntungan yang besar, dan juga mudah dijalankan. Sebelum kamu memilih franchise, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan bisnis franchise yang tepat?

 

Dikenal Banyak Orang

Ini merupakan hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih bisnis franchise. Dengan memilih bisnis yang telah dikenal banyak orang dan memiliki pelanggan yang cukup banyak, Anda akan mendapat banyak keuntungan. Salah satunya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk melakukan pemasaran untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk.

 

Dijalankan dengan Mudah

Buat apa memulai bisnis franchise kalau Anda juga harus mendapatkan berbagai kesulitan? Cobalah pilih franchise yang dapat memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis. Pastikan franchise yang ingin Anda ajak kerja sama memiliki sistem dan cara yang simpel dan praktis. Untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin, Anda juga harus memiliki lokasi bisnis yang strategis dan juga aman.

 

Memiliki Harga Terjangkau

Harga adalah salah satu hal yang harus Anda pertimbangan sebelum memutuskan untuk bekerja sama dan memulai bisnis franchise. Jika Anda merupakan seorang pemula, Anda dapat memilih franchise dengan harga terjangkau yang memiliki kualitas baik. Cobalah mulai selektif dan perbanyak daftar franchise untuk membandingkannya dari segi harga dan produk yang dijual.

 

Mementingkan Pelayanan

Setiap bisnis franchise akan memberikan hak dagang, sistem bisnis, cara bisnis, hingga dukungan untuk mengembangkan bisnisnya. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa franchise yang akan Anda pilih dapat melakukan hal tersebut dengan baik. Jangan jadikan pihak franchisor (pemilik franchise) sebagai tekanan bagi Anda, karena dalam bisnis ini, pemegang utamanya adalah dirisendiri.

 

Itulah keempat cara memilih bisnis franchise dengan baik dan tepat. Setelah Anda memutuskan untuk memilih salah satu franchise, Anda juga harus mulai memikirkan bagaimana bisnis Anda dapat berjalan dengan baik, salah satunya dalam hal keuangan. Jurnal merupakan software akuntansi online yang menyediakan jasa keuangan bisnis. Dengan Jurnal, Anda dapat mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Jurnal juga dapat membantu Anda memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime. Temukan fitur lengkap dari Jurnal di sini.

Author