Sebagai usaha baru, memberikan gaji besar dan fasilitas mewah merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Walaupun anda tidak bisa memberikan bonus finansial sebagai motivasi, terdapat beberapa kiat menarik untu membangun motivasi karyawan anda.

  1. Pastikan Kelancaran Komunikasi

Merupakan sifat dasar manusia untuk merasa dihargai dalam hal kerja dan opini. Mempunyai atasan yang sulit didekati, tentu akan membuat motivasi pegawai menjadi berkurang. Saat saluran komunikasi tidak lancar, munculnya kesalahpahaman dan konflik menjadi tak dapat dihindarkan. Hal tersebut akan membuat rasa kepemilikan akan tempat bekerja menjadi berkurang.

2.              Menyediakan Tempat Bekerja yang Nyaman

Pegawai anda akan menghabiskan waktu produktif yang cukup lama di kantor. Dekor yang baik, dan lingkungan kantor yang indah merupakan salah satu kiat untuk membuat para pegawai menjadi senang. Menyediakan kebutuhan dasar seperti pantry dan mesin pembuat kopi juga akan meningkatkan kadar kenyamanan pegawai sehingga mereka dapat merasakan suasana rumah sendiri. Membuat pegawai anda betah dan kerasan di kantor merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan motivasi kerja pegawai anda.

3.              Konsisten Terhadap Perkataan

Sulit bagi pegawai untuk mengikuti pemimpin yang kurang konsisten. Terlepas dari etos / budaya kerja apapun yang ingin anda bangun, pastikan bahwa anda dapat memberikan contoh terhadap bawahan terlebih dahulu. Dengan begitu, rasa percaya dan hormat pegawai akan tumbuh.

4.              Beri Kesempatan Untuk Memimpin

Tidak ada pribadi yang ingin terus-menerus didikte. Pegawai biasanya ingin merasa berguna pada organisasi dimana dia bekerja. Setiap anggota dari tim anda memiliki ide tersendiri dalam mengembangkan bisnis. Dengarkan mereka, biarkan mereka bicara atau bahkan berikan kesempatan bagi mereka untukmenjalankan idenya sebagai projek kerja. Dengan melakukan hal tersebut, rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan akan tumbuh, dan anda akan mendapatkan tim yang secara tulus menginginkan bisnis anda menjadi sukses.

Memiliki tim bermotivasi tinggi tidak hanya akan membuat bisnis anda menjadi lebih efektif, tetapi juga  lebih menyenangkan karena keterlibatan seluruh pegawai. Dengan memiliki tim yang bermotivasi tinggi, Anda akan terhindar dari keharusan mengontrol keluhan pegawai yang dapat memberi energi negatif dan meracuni suasana kantor. Jalankan metode diatas, dan jagalah motivasi pegawai Anda agar dapat terus termotivasi.