3 Permasalahan Ekonomi Modern untuk Peningkatan Bisnis

Dalam proses ekonomi tentunya akan selalu muncul berbagai masalah yang tidak sedikit. Masalah ekonomi yang dihadapi pun banyak dan beragam. Permasalahan ini sendiri muncul karena adanya pertemuan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Keinginan yang tidak terbatas ini harus melawan sumber daya yang terbatas sehingga memicu masalah. Seiring berjalannya waktu, masalah yang timbul terus bergeser sehingga memunculkan istilah masalah ekonomi modern.

Di dalam Ilmu Ekonomi, masalah ekonomi modern ini terdiri dari tiga pokok permasalahan. Jika Anda belum mengetahui dan ingin mengetahui informasinya lebih detail, kami akan membahas mengenai empat pokok masalah tersebut. Simak ulasannya berikut ini!

Apa yang akan Diproduksi (What)?

Penentuan apa yang akan diproduksi merupakan masalah pokok dan penting dalam ekonomi. Karena, selain jumlah sumber daya yang terbatas, kesalahan penentuan apa yang akan diproduksi bisa mengakibatkan kerugian, bahkan kebangkrutan bagi produsen, serta dapat pula merugikan masyarakat karena adanya barang dan jasa yang menumpuk dan  tidak terpakai. Ini merupakan pemborosan sumber daya. Untuk mengetahui apa saja yang perlu diproduksi dalam rangka  memenuhi keinginan konsumen, pihak produsen harus memiliki penilaian berdasarkan  kesesuaian  dengan karakteristik dasar manusia, yaitu:

  1. Manusia memiliki sifat tidak pernah puas, sehingga tiap produk membutuhkan inovasi tanpa henti.
  2. Manusia menyukai hal hal yang praktis, sehingga produk yang dihasilkan harus memiliki kemampuan untuk mempermudah kehidupan manusia.
  3. Manusia memiliki sifat ingin diakui dan dihargai, sehingga bagi beberapa kalangan, ingin memiliki barang-barang yang bersifat prestise atau mewah.
  4. Manusia memiliki rasa ingin tahu, sehingga cenderung membutuhkan barang-barang yang mendukung rasa ingin tahu mereka.

Bagaimana Cara Memproduksi (How)?

Apabila produsen sudah menentukan apa yang akan diproduksi, langkah berikutnya adalah memikirkan bagaimana cara memproduksinya. Cara memproduksi sangat berkaitan dengan cara mengombinasikan sumber daya atau faktor produksi yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa. Untuk menentukan cara produksi mana yang sesuai, produsen perlu mempertimbangkan aspek efisiensi atau penghematan. Pilihlah cara produksi yang paling sedikit membutuhkan biaya agar barang dan jasa yang dihasilkan bisa dijual dengan harga relatif murah.

Penghematan bisa dilakukan, misalnya dengan mencari bahan baku dengan harga yang lebih murah tetapi tetap baik mutunya. Selain itu, pertimbangkan pula, perlukah menggunakan mesin-mesin modern? Apabila permintaan sedikit, penggunaan mesin modern tentu belum diperlukan.

Untuk Siapa Barang/Jasa Diproduksi (Whom)?

Hal ini  berkaitan dengan cara mendistribusikan barang atau jasa ke dalam pasar, dengan kata lain siapa yang membutuhkan barang tersebut dan siapa saja yang menikmati hasilnya. Untuk merumuskan jawaban dari pertanyaan ‘untuk siapa’ hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Apa Barang yang Diproduksi?
    Pertanyaan ini akan menjawab tentang siapa saja yang akan terlibat dalam proses produksi dan ikut menikmati keuntungan dari proses produksi barang tersebut. Misalnya, penyedia bahan baku, pegawai yang akan menerima upah, serta pemilik tanah atau bangunan yang akan menerima uang sewa.
  • Siapa Pengguna Produk & Distribusinya?
    Pengguna produk akan menjelaskan ke mana barang tersebut akan didistribusikan, dengan cara apa pendistribusiannya, dan bagaimana barang tersebut bisa sampai ke tangan konsumen. Misalnya jika barang tersebut untuk para remaja dan dipasarkan secara online, maka jasa kurir atau pengantaran, akan ikut menikmati hasil dari proses produksi dan distribusi.
  • Apakah Angka Pengangguran di Tempat Pemasaran Sangat Tinggi?
    Mengetahui jumlah angka pengangguran di suatu daerah sangatlah penting, dengan asumsi, jika angka pengangguran rendah, maka daya beli masayarakat di daerah tersebut akan tinggi, karena mereka memiliki penghasilan untuk melakukan pembelian.

Mengenali 3 (tiga) permasalahan dasar dalam ekonomi modern, akan membantu sebuah perusahaan untuk memiliki perencanaan yang baik dalam proses produksi mereka. Akan tetapi, walaupun permasalahan ekonomi modern ini terkesan mudah dikenali, namun dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan risetnya. Agar riset tersebut bisa berjalan dengan lancar, ada baiknya perusahaan  memiliki perencanaan dan pencatatan keuangan yang baik.

Jurnal software akuntansi online, adalah salah satu solusi  bagi perencanaan dan pencatatan keuangan usaha Anda dengan cara mudah dan efisien. Dengan menggunakan fitur biaya dalam software Jurnal, maka penggunaan dan pengaturan biaya produksi akan terlacak dengan baik. Untuk informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.


PUBLISHED02 Jan 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami


Kategori : Bisnis