Manajemen aset adalah proses pengelolaan aset yang berwujud maupun tak berwujud yang memiliki nilai ekonomis, komersial, dan nilai tukar untuk mendorong tercapainya tujuan dari sebuah perusahaan. Melalui proses ini perusahaan dapat mengontrol, mengatur, dan membuat rencana yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mengurangi biaya secara efisien dan efektif.

 

Manajemen aset bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jurnal, software akuntansi online memberikan kemudahan untuk menerapkan manajemen aset dalam perusahaan. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam mengelola aset dengan Jurnal?

 

Mencatat & Menyimpan Daftar Aset

Dengan memiliki daftar aset, Anda dapat lebih mudah memonitor aset beserta nilai dari masing-masing aset yang Anda miliki. Jurnal, software akuntansi online yang memudahkan Anda dalam pencatatan dan penyimpanan daftar aset. Daftar aset yang dapat Anda lihat dari Jurnal terdiri dari aset yang masih dimiliki hingga aset yang telah dijual/dilepas perusahaan. Dalam software akuntansi Jurnal terdapat dua metode penyimpanan aset yaitu menyimpan aset pada menu Pembelian dan Pengaturan Aset. Untuk info lebih lanjut dapat Anda lihat di sini.

 

Penyusutan Secara Otomatis

Semua jenis aset tetap, kecuali tanah akan mengalami penyusutan nilai aset. Di mana, penyusutan merupakan salah satu risiko dari penggunaan aset perusahaan, semakin lama penggunaan aset, semakin berkurang juga nilai aset dalam perusahaan. Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda tidak perlu menghitung nilai penyusutan aset secara manual, karena sistem Jurnal telah membantu dalam penghitungan aset secara otomatis. Info lebih lanjut dapat Anda lihat di sini.

 

Laporan Aset

Laporan aset merupakan hal terpenting yang memudahkan Anda untuk memonitor aset. Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan laporan aset secara instan dan real-time. Di mana, laporan aset pada Jurnal akan menjelaskan bagaimana setiap transaksi memengaruhi nilai pada aset tersebut. Laporan aset pada Jurnal juga akan menampilkan daftar aset tetap yang tercatat beserta harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai aset secara real-time.

 

Itulah tiga keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengelola aset dengan Jurnal. Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda juga bisa mendapatkan beberapa laporan penting lainnya seperti laporan neraca keuangan, laba-rugi, pembelian-penjualan, utang-piutang, stok barang, serta laporan arus kas. Untuk info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal dapat Anda temukan di sini.

Author