Dalam menjalankan sebuah bisnis, pengelolaan arus kas yang baik merupakan kunci dari keberlangsungan bisnis. Sebuah studi yang dilakukan Jessie Hargen dari U.S. Bank menemukan bahwa 82% bisnis gagal karena buruknya manajemen arus kas. Di dunia akuntansi terdapat beberapa sumber dana arus kas dari aktivitas perusahaan seperti, arus kas operasional, arus kas investasi, dan arus kas dari pembiayaan. Perusahaan yang sehat dalam masalah keuangan adalah perusahaan yang bisa meningkatkan arus kas dari aktivitas operasional. Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan arus kas perusahaan.

Mengurangi Umur Piutang

Ubahlah cara pembayaran konsumen menjadi tunai. Namun, bila Anda tidak bisa terlepas dari cara pembayaran secara piutang, maka Anda harus memiliki laporan umur piutang terbaru. Laporan ini bisa menjadi kunci untuk menagih piutang tepat waktu di mana konsumen yang selalu ditagih memiliki kecenderungan untuk membayar lebih cepat dibandingkan yang tidak pernah ditagih. Semakin cepat penagihan piutang ke konsumen, semakin sehat arus kas perusahaan Anda. Bila perlu, berikan diskon tambahan untuk konsumen yang melakukan pembayaran piutang sebelum jatuh tempo.

Menambah Umur Utang

Coba lakukan negosiasi ulang dengan vendor. Jika perusahaan Anda memiliki reputasi yang baik, vendor akan mempertimbangkan untuk memberikan jangka waktu yang lebih panjang. Jika hal itu tidak memungkinkan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Financing Bank, di mana pada saat jatuh tempo, bank akan secara otomatis membayar utang perusahaan Anda ke vendor dan Anda memiliki waktu untuk membayar di hari lain (sesuai perjanjian) dengan dikenakan bunga yang rendah.

Mengurangi Umur Persediaan

Jual barang yang laku dipasaran. Untuk mengetahui barang mana yang laku dijual, Anda harus memiliki laporan stok barang atau persediaan. Jika, persediaan di gudang sudah terlalu banyak dan tidak mengalami pergerakan, Anda bisa memberikan diskon atau promosi lain yang menarik konsumen. Selain itu, Anda juga dapat mem-bundling produk yang laku dengan yang kurang laku dijual di pasaran. Hal ini dapat menarik konsumen untuk membelinya dan produk yang terlalu lama berada di gudang pun akan mengalami pergerakan sedikit demi sedikit.

Itulah beberapa cara untuk menambah arus kas perusahaan Anda. Dengan memiliki laporan arus kas yang baik, secara otomatis keuangan perusahaan Anda akan terus sehat dan bisnis pun akan terus berkembang. Dengan Jurnal, Anda dapat mengelola arus kas perusahaan dengan baik sehingga Anda dapat lebih fokus mengambil keputusan dalam melakukan aktivitas bisnis.

Jurnal juga menyediakan fitur Stok Barang, di mana Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan kalkulasi persediaan secara langsung, seperti jumlah stok barang, perhitungan persediaan, harga jual rata-rata, dan pemberitahuan saat stok kosong. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengetahui barang apa yang paling diminati oleh konsumen Anda. Dan yang terpenting laporan stok barang ini diperbaharui secara real-time.