Semua orang pasti berharap untuk bekerja secara produktif, namun terkadang ada beberapa hal yang membuat perhatian teralihkan saat bekerja. Untuk menjadi produktif saat bekerja, ada beberapa rutinitas yang selalu dilakukan oleh mereka untuk meraih kesuksesan. Rutinitas tersebut sebagian dilakukan sebelum mereka tidur. Berikut adalah 7 rutinitas yang dilakukan oleh orang produktif sebelum tidur, dan kebiasaan ini membantu mereka untuk menjadi orang yang sukses.

 

Meninjau Kembali Kegiatan Hari Ini

Sebelum tidur, orang sukses akan memikirkan atau meninjau kembali kegiatan yang telah mereka lakukan hari ini. Kegiatan positif apa saja yang telah mereka selesaikan dan efek yang ditimbulkan, serta apakah kegiatan tersebut telah sejalan dengan visi dan misi yang telah mereka bentuk sejak awal.

 

Menulis Ide

Menulis ide yang muncul di benak kita akan sangat efektif untuk memotivasi diri mencapai tujuan atau ide tersebut. Orang produktif dan sukses sangat terbiasa untuk menulis ide baik yang kecil sekalipun. Ide yang telah ditulis tersebut kemudian dianalisa lebih lanjut untuk ditimbang manfaatnya dari berbagai segi. Menulis ide juga dapat membantu Anda untuk fokus pada hidup dan menuntun Anda tetap pada jalur yang telah ditentukan sebelumnya.

 

Membaca buku

Luangkanlah waktu sebanyak 1 jam untuk membaca buku dari segala topik sebelum tidur. Dengan membaca, Anda tidak hanya dapat belajar hal-hal baru, namun juga membantu untuk menjadi lebih kreatif. Membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam memotivasi dan memimpin sebuah tim. Salah satu manfaat yang paling penting dengan membaca adalah otak Anda akan terus aktif berpikir, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan otak untuk jangka panjang.

 

Menyusun Prioritas untuk Hari Esok

Jumlah pekerjaan yang banyak terkadang membuat Anda sulit fokus dan pada akhirnya membuat Anda menjadi tidak produktif. Dengan menyusun prioritas pekerjaan yang akan Anda selesaikan keesokan hari dapat membuat Anda untuk lebih siap, percaya diri, dan dapat mengurangi stres saat mengerjakan tugas.

 

Luangkan Waktu dengan Keluarga

Kehidupan yang sibuk membuat Anda mudah melupakan salah satu bagian terpenting dalam hidup, yaitu keluarga. Sesibuk apapun kehidupan kerja, akan sangat penting untuk tetap berkomunikasi dengan anak, istri, orangtua, atau saudara. Lupakan pekerjaan untuk sejenak apabila Anda sedang di rumah. Luangkan waktu yang berkualitas untuk keluarga Anda, semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersama orang yang Anda sayangi, semakin besar pula peluang Anda untuk berinteraksi dengan baik di lingkungan kerja.

 

Meditasi

Jasmani dan Rohani. Dua bagian dalam hidup kita yang saling terhubung satu sama lain. Dengan pikiran yang nyaman dan tidak stres akan memudahkan Anda dalam menyerap ide dan fokus pada pekerjaan. Cobalah luangkan waktu selama 10-15 menit sebelum tidur untuk bermeditasi, biarkan pikiran Anda untuk mengalir sendirinya. Dengan begitu, Anda merasa lebih semangat, fokus, dan produktif di hari esok.

 

Memikirkan Masa Depan

Orang yang produktif menggunakan beberapa menit sebelum tidur untuk memikirkan hal positif yang akan mereka lakukan atau raih di masa depan. Memikirkan atau memvisualisasikan masa depan akan memotivasi Anda untuk berjuang menjadikannya kenyataan.

 

Sulit memang untuk melakukan ketujuh kebiasaan tersebut secara langsung, namun apabila Anda berusaha untuk mencoba beberapa tips di atas, maka Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda, serta membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik.

Author