Guide Book

Tambah Deposit Pemesanan Penjualan

Updated at: July 16, 2019
Last updated by: Jessica

Jika pelanggan Anda membayarkan uang muka (DP) untuk pemesanan barangnya, Anda dapat menggunakan fitur “Tambah Deposit”. Anda dapat melakukan pembayaran lebih dari 1 kali untuk setiap formulir pemesanan penjualan Anda. Berikut langkah untuk menambah deposit pada formulir pemesanan penjualan Anda:

  1. Klik menu Penjualan
  2. Klik tab Pemesanan Penjualan
  3. Klik nomor pemesanan penjualan yang akan ditambahkan DP;
  4. Kemudian, klik “Tindakan" dan pilih Tambah Deposit
  5. Maka akan muncul tampilan form sebagai berikut:

    Pada form tersebut isikan:

    • Setor Ke: pilih akun kas & bank mana yang digunakan untuk menerima pembayaran DP
    • Cara Pembayaran: pilih cara pembayaran DP. Cara pembayaran default yang tersedia adalah Kas Tunai, Cek & Giro, Transfer Bank dan Kartu Kredit;
    • Tanggal Pembayaran: pilih tanggal pembayaran DP;
    • Tag: Pilih tag untuk mengelompokkan catatan uang muka per proyek/cabang/divisi atau grup tertentu. Anda juga dapat mengetikkan tag baru dan tekan Enter untuk menambahkannya pada daftar tag;

      Lihat penjelasan penggunaan Tag di Guidebooks-Menggunakan Tag

    • No Transaksi: Field ini akan otomatis terisi dan diurutkan oleh sistem. Namun, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan;

      Lihat penjelasan format nomor transaksi di Guidebooks-Format penomoran transaksi

    • Tambah Deposit: masukkan jumlah DP yang dibayar oleh pelanggan Anda
    • Memo: Isi keterangan tambahan jika perlu. Keterangan ini akan ditampilkan pada laporan;
    • Masukkan Jumlah Pemotongan: Klik ini dan isi pemotongan, jika terdapat pemotongan pembayaran seperti biaya administrasi transfer bank atau lainnya. Pilih akun yang menampung pemotongan tersebut;
    • Pajak Uang Muka: isi jenis pajak yang dikenakan pada pembayaran DP. Jenis pajak yang muncul disini hanya jenis pajak yang digunakan pada transaksi Pemesanan Penjualan saja. Pelajari lebih lanjut.
  6. Setelah selesai mengisi, klik “Tambah DP” untuk menyimpan transaksi;
  7. Dengan demikian, transaksi tambah DP Anda sudah selesai.

Note: Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mencatat penambahan deposit pada form pemesanan pembelian.
 

Ilustrasi perhitungan pajak pada transaksi tambah deposit pesanan penjualan

Apabila pembayaran DP yang Anda terima ingin dicatat sebagai pelunasan tagihan sekaligus pajaknya, maka Anda dapat mengenakan pajak pada transaksi “Tambah Deposit” tersebut dengan memasukkan nama pajak dikolom “Pajak Uang Muka” seperti gambar di atas. Dengan demikian, maka jumlah pajak atas pembayaran DP sudah termasuk dalam jumlah DP yang Anda dicantumkan pada kolom “Tambah Deposit”.

Anda dapat melihat jurnal yang terbentuk dengan klik “Lihat Jurnal Entry”

Selanjutnya, bila Anda melakukan penagihan atas transaksi pemesanan penjualan ini, maka pajak yang dikenakan akan berkurang sebesar pajak yang sebelumnya sudah diakui/dikenakan, seperti berikut:

Anda dapat melihat jurnal yang terbentuk dengan klik “Lihat Jurnal Entry”

Back to Top