Guide Book

Tambah Deposit Pemesanan Pembelian

Updated at: September 11, 2019
Last updated by: Dyah Eras Mita

Jika Anda memberikan DP untuk pemesanan pembelian barang Anda, Anda dapat menggunakan fitur tambah deposit ini. Dalam 1 pemesanan pembelian (purchase order) dapat terdiri dari banyak deposit. Untuk menambah deposit, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik menu "Pembelian";
  2. Klik tab "Pemesanan Pembelian > Nomor Pemesanan Pembelian";

     
  3. Scroll ke bawah dan klik “Tindakan > Tambah Deposit”.

     
  4. Anda akan diarahkan ke form berikut ini;

    Pada form tersebut isikan:

    • Bayar Dari: Pilih dari akun kas & bank mana yang akan membayar DP;
    • Pembayaran Draf: Centang jika form akan disimpan sebagai draf dan belum memotong tagihan;
      *Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu dari sisi Jurnal. Hubungi tim support Jurnal di support@jurnal.id untuk mengaktifkannya
       
    • Cara Pembayaran: Pilih cara pembayaran DP. Cara pembayaran default yang tersedia adalah Kas Tunai, Cek&Giro, Transfer Bank dan Kartu Kredit;
       
    • Tanggal Pembayaran: Pilih tanggal pembayaran DP;
       
    • Tanggal Jatuh Tempo: Pilih tanggal jatuh tempo jika pembayaran dilakukan dengan cek/giro. Pastikan Anda telah membuat akun kas & bank baru untuk menampung pencatatan cek/giro sementara. Pelajari lebih lanjut di Guidebook - Mencatat Pembayaran dengan Cek/Giro
       
    • Tag: Pilih tag untuk mengelompokkan DP per proyek. Anda juga dapat mengetikkan tag baru dan tekan Enter untuk menambahkannya pada daftar tag;
       
    • No Transaksi: Field ini akan otomatis terisi dan diurutkan oleh sistem. Namun, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan;
    • Tambah Deposit: Isi jumlah DP yang akan Anda bayar.
       
  5. Setelah selesai mengisi, klik “Tambah DP” untuk menyelesaikan penambahan DP;

     
  6. Maka tambah DP akan berhasil dan ditampilkan seperti gambar berikut ini.

Kembali ke Detil Tab Pembelian

Back to Top