Guide Book

Program Referral Jurnal

Updated at: May 12, 2020
Last updated by: Annisa Nadhila

Anda dapat memanfaatkan referral program yang disediakan oleh Jurnal untuk memperoleh sebanyak-banyaknya keuntungan bagi Anda maupun kolega Anda.
 

Anda hanya perlu membagikan kode referral yang Anda miliki, kemudian dapatkan keuntungan berupa saldo GoPay atau diskon berlangganan Jurnal setelah kolega Anda ikut berlangganan Jurnal selama 12 bulan.


 

Pada panduan ini, Anda akan mempelajari hal-hal berikut:

  1. Cara Membagikan Kode Referral
  2. Cara Klaim Reward
  3. Cara Mengelola Riwayat Referral

Cara Membagikan Kode Referral


Sebelum Anda membagikan kode referral, Anda dapat menemukan kode referral Anda dengan langkah berikut:

  1. Klik pada tombol "dropdown" di sebelah nama perusahaan yang tersedia pada Top Menu;
  2. Kemudian pilih “Referral Program”;

     
  3. Dengan demikian, Anda akan memperoleh kode referral Anda sesuai tampilan berikut;

Anda dapat membagikan kode referral dengan dua cara, yaitu melalui email atau dengan menyalin URL.
 

Melalui Email:

  1. Klik "Bagikan via email";

     
  2. Kemudian masukkan informasi berikut:

    Notes: Anda bisa memasukkan lebih dari satu email dengan menggunakan pemisah tanda koma (,)

  3. Klik “Kirim”;
  4. Kolega Anda akan memperoleh email seperti berikut.

Menyalin URL:

  1. Anda dapat dengan mudah menyalin URL dengan klik “Salin URL”;

     
  2. Kemudian tempelkan (paste) URL yang sudah disalin ke media komunikasi Anda dengan kolega, misalnya melalui chat, dsb. Berikut tampilan yang kolega Anda dapatkan ketika mengakses URL.

Setelah Kolega Anda menerima kode referral dari Anda, maka kolega Anda dapat langsung menggunakan kode referral tersebut.
 

Kolega Anda akan langsung mendapatkan potongan 15% ketika melakukan subscription untuk paket apapun minimal 12 bulan.

Penting!

Perhatikan bahwa pengguna Jurnal yang dapat memperoleh kode referral adalah pengguna yang merupakan salah satu anggota (dengan wewenang apapun) dari setidaknya sebuah perusahaan terdaftar di Jurnal yang sudah pernah berlangganan Jurnal.
 

Jika pengguna belum memperoleh kode referral, maka dianjurkan bagi pengguna tersebut untuk berlangganan terlebih dahulu.


Cara Klaim Reward


Setelah kolega Anda berlangganan Jurnal selama minimum 12 bulan, maka Anda akan memperoleh reward dari Jurnal. Berikut adalah langkah awal untuk melakukan klaim reward:

  1. Masuk pada tab “Siap Diklaim” di bagian Riwayat Referral;

     
  2. Klik tombol “Klaim” pada kolom Tindakan;

     
  3. Anda dapat memilih reward dalam bentuk saldo GoPay ataupun Diskon biaya langganan.

Ikuti langkah berikut untuk klaim reward dalam bentuk saldo GoPay:

  1. Masukkan seluruh informasi yang diminta, lalu klik “Klaim”;

    Notes: Anda akan dikenakan potongan pajak PPh 21 (komisi) sebesar 2,5% jika Anda memiliki NPWP, atau sebesar 3% jika Anda tidak memiliki NPWP (sebagai gantinya, Anda dapat mengisikan identitas KTP Anda)

  2. Klik “Klaim” sekali lagi untuk mengkonfirmasi nomor Anda.
Penting!

Perhatikan beberapa persyaratan berikut ini:

  • Maksimum reward berupa saldo GoPay adalah sebesar 20% dari total biaya langganan kolega Anda (sebelum PPN).
  • Proses klaim membutuhkan waktu maksimum 8 hari kerja.
  • Sebelum melakukan klaim, pastikan bahwa:
    • Informasi identitas diri sudah tepat;
    • Nomor handphone sudah tepat;
    • Saldo GoPay Anda tidak melampaui limit maksimum setelah ditambah dengan reward.


Ikuti langkah berikut untuk klaim reward dalam bentuk Diskon biaya langganan:

  1. Pilih nama perusahaan yang ingin diterapkan diskon biaya langganan;

     
  2. Klik “Klaim”;

     
  3. Klik “Lanjut” untuk konfirmasi nama perusahaan;

    Notes:

    • Hanya perusahaan yang Anda miliki (wewenang Anda sebagai owner) yang akan muncul pada kolom ini.
    • Jika Anda bukan merupakan pemilik (owner) dari perusahaan manapun, maka Anda dapat menggunakan klaim reward dalam bentuk saldo GoPay.
  4. Anda akan dibawa ke halaman penagihan (Konfigurasi Abodemen) seperti berikut. Periksa kembali rincian penagihan Anda dan lakukan perubahan jika diperlukan;

     
  5. Klik “Bayar Sekarang”;
  6. Pada halaman pembayaran, tagihan Anda akan dipotong sebesar reward Anda;

     
  7. Masukkan informasi kartu kredit Anda, lalu klik “Bayar Sekarang” untuk melakukan pembayaran.
Penting!

Perhatikan beberapa persyaratan berikut ini:

  • Maksimum reward berupa diskon biaya langganan adalah sebesar 20% dari total biaya langganan kolega Anda (sebelum PPN).
  • Silahkan berlangganan 1 tahun untuk mendapatkan maksimal diskon. Jika jumlah tagihan langganan perusahaan Anda lebih kecil dari reward (seperti yang dijelaskan pada poin 1), maka sisa reward akan hangus.
  • Diskon ini berlaku untuk periode penagihan selanjutnya.
  • Batas waktu klaim reward adalah selama 30 hari sejak kolega Anda berlangganan selama 12 bulan.

Cara Mengelola Riwayat Referral


Anda dapat memantau seluruh riwayat referral Anda di sini.

Dapatkan ikhtisar informasi mengenai riwayat referral Anda pada kolom ini:

  1. Potensi Pendapatan
    • Jumlah potensi pendapatan dari referral yang sudah Anda sebarkan.
    • Angka ini akan diperbarui sejak kolega Anda mulai melakukan pendaftaran di Jurnal (sebesar 20% dari harga paket selama 1 tahun sebelum PPN).
    • Setelah kolega Anda berlangganan, maka angka pada kolom ini akan berpindah ke kolom.
  2. Siap Diklaim
    • Jumlah reward yang bisa Anda klaim.
    • Setelah Anda melakukan klaim, maka angka pada kolom ini akan berpindah ke kolom Total Klaim.
  3. Total Klaim
    • Jumlah reward yang sudah Anda klaim.

Dapatkan rincian informasi riwayat referral pada daftar riwayat berikut:

  1. Sudah Daftar

    Pada daftar ini, Anda akan melihat rincian informasi mengenai riwayat pendaftaran perusahaan yang dilakukan oleh kolega yang menggunakan kode referral Anda. Seluruh informasi pada daftar ini akan menghasilkan jumlah Potensi Pendapatan yang akan Anda terima bila kolega Anda telah berlangganan.

  2. Siap Diklaim

    Pada daftar ini, Anda akan melihat rincian informasi mengenai riwayat aktivitas berlangganan dari kolega Anda. Seluruh informasi pada daftar ini akan menghasilkan jumlah reward yang Siap Diklaim. Anda dapat melakukan tindakan klaim reward melalui daftar ini.

  3. Riwayat Klaim

    Pada daftar ini, Anda akan melihat rincian informasi mengenai riwayat klaim yang sudah Anda lakukan. Seluruh informasi pada daftar ini akan menghasilkan Total Klaim. Anda dapat klik pada Nomor klaim untuk melihat rincian status klaim Anda. Terdapat beberapa jenis Status klaim pada daftar ini:

    • Sukses: Klaim telah berhasil
    • Gagal: Klaim gagal dilakukan. Status ini berlaku untuk reward Saldo GoPay.
    • Sedang diproses: Klaim sedang diproses. Status ini berlaku untuk reward Saldo GoPay, hal ini terjadi selama masa tunggu yang ditetapkan.
    • Menunggu pembayaran: Klaim belum dapat diproses karena Anda belum melakukan pembayaran. Status ini berlaku untuk reward Diskon Biaya Langganan. Selesaikan lebih dulu pembayaran Anda atau klik “Batalkan klaim” dan lakukan klaim ulang.
Back to Top