Guide Book

Menggunakan Live Chat Jurnal

Updated at: July 22, 2020
Last updated by: Annisa Nadhila

Pada panduan ini, Anda akan mempelajari cara penggunaan fitur live chat yang ada di Jurnal.

 

Live chat merupakan salah satu fitur layanan yang disediakan oleh Jurnal sebagai bentuk layanan pusat bantuan gratis bagi pengguna Jurnal yang membutuhkan informasi berkaitan dengan pengoperasian sistem Jurnal. Fitur live chat ini akan direspon secara langsung oleh tim support Jurnal.

 

Fitur yang disediakan tidak hanya berupa layanan melalui pesan chat tetapi juga melalui voice call agar pengguna dapat berbicara langsung dengan tim support dari Jurnal, sehingga mempermudah jalannya komunikasi.

 

Penting!

Semua aktivitas chat, baik berupa riwayat chat maupun respon informasi lebih lanjut dari tim support atas pertanyaan yang belum terjawab selama chat berlangsung, akan dikirimkan melalui e-mail kepada pengguna.


Ikuti langkah berikut ini untuk menggunakan live chat:

  1. Buka https://my.jurnal.id/ pada browser Chrome atau Firefox di komputer, tablet atau smartphone Anda;
  2. Klik ikon "" untuk memulai live chat dengan tim support Jurnal;
  3. Isikan Nama, Email, dan Pesan yang akan Anda tanyakan kepada tim support, seperti gambar dibawah;

    Note :

    • Nama : Isi dengan Nama lengkap Anda
    • Email : Isi dengan alamat e-mail Anda, alamat e-mail ini akan digunakan untuk mengirimkan semua aktivitas percakapan yang dilakukan pada live chat
    • Pesan : Masukan pertanyaan yang akan Anda bahas dalam sesi live chat
       
  4. Lalu klik “Enter”;

    Note :

    Anda akan diminta untuk menunggu selama 3 menit. Apabila lebih dari 3 menit pesan yang Anda kirimkan tidak ada jawaban, otomatis akan menjadi missed chat dan akan diproses melalui e-mail.
     

  5. Anda dapat langsung menjelaskan permasalahan yang Anda hadapi ataupun informasi yang Anda butuhkan;

     
  6. Anda dapat menggunakan ikon “” untuk melampirkan file, seperti gambar, dokumen (dalam bentuk excel, word, pdf, video), dan lain-lain;

    Note : ukuran file maksimal 50 MB /file
     

  7. Klik ikon "" untuk melakukan tindakan lebih lanjut, yaitu:
    1. Klik “Mute” untuk mematikan suara notifikasi pesan selama chat dengan tim support berlangsung;

       
    2. Klik “Send Email” untuk mengirim semua history chat ke email Anda;

       
    3. Klik “Print” untuk print out semua history chat yang sudah dilakukan;

      Anda akan mendapatkan Chat Transcript seperti gambar dibawah:

       

    4. Klik “Share Your Screen” untuk membagikan tampilan layar Anda, sehingga tim support dapat melihat tampilan layar laptop atau komputer Anda dan dapat mengetes/mengecek secara langsung kendala yang dihadapi selama tanya jawab berlangsung;

      Note :

      • Selain dari sisi user, ‘share your screen’ juga dapat di request oleh tim support
      • Anda akan mendapatkan link untuk mengunduh aplikasi zoho assist terlebih dahulu dari tim support agar Anda dapat membagikan tampilan layar laptop atau komputer Anda.
         
  8. Klik ikon “” untuk mengakhiri chat Anda;

     
  9. Setelah Anda mengakhiri sesi live chat, Anda dapat melihat kembali aktivitas percakapan yang pernah dilakukan dengan klik “Conversation”;

     
  10. Klik “FAQs” untuk melihat guidebook yang sudah disediakan;

     
  11. Anda juga dapat memulai kembali percakapan dengan klik ikon “”.

Demikian cara menggunakan fitur live chat di Jurnal.

Back to Top