Guide Book

Mengatasi Timbulnya Error di Jurnal Touch

Updated at: June 21, 2019
Last updated by: Sally Kie

Selama Anda menggunakan aplikasi tambahan Jurnal Touch, mungkin Anda pernah menjumpai beberapa masalah atau pesan error yang menghambat aktivitas yang sedang Anda lakukan. Pada halaman ini akan dijelaskan mengenai penyebab dan solusi dari masalah atau pesan error yang umumnya muncul di aplikasi Jurnal Touch.

Jika Anda pengguna Add-Ons dan aplikasi Jurnal Touch, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti:

  1. Monitor Error
    1. Mengabaikan Pesan Error Re-Sync yang Muncul Berulang Kali
    2. Mengatasi Error “Jumlah Produk Lebih Besar dari Jumlah Stok Saat Ini”
  2. Penghapusan Transaksi dalam 90 Hari (baru tersedia untuk iOS)
  3. Pembatalan Transaksi
  4. Ketentuan Tarif Pembayaran (Witholding Value)
  5. Cara mengganti Perangkat (Device) Jurnal Touch Mobile
  6. Rotate Feature

 

1. Monitor Error


1.1 Mengabaikan Pesan Error Re-Sync yang Muncul Berulang Kali

Pesan error “Re-Sync…” akan selalu muncul walaupun Anda sudah melakukan sinkronisasi berulang kali dari Add-Ons Jurnal Touch, jika transaksi yang dibuat di Jurnal Touch mobile/tablet tidak berhasil masuk ke database Jurnal Web.

Hal ini dikarenakan pengguna pernah menghapus data master dari Jurnal Web.

Untuk mengatasi pesan error ini Anda dapat:

  1. Klik “Buka" pada menu Add Ons - Jurnal Touch;

     
  2. Klik simbol pesan di pojok kanan atas lalu pilih tanggal transaksi yang gagal tersinkronisasi;

     
  3. Klik simbol hapus untuk mengabaikan transaksi yang gagal tersebut;

     
  4. Buka Jurnal Touch di smartphone/ tablet Anda, pilih menu “Transaksi”;
    Transaksi yang diabaikan tersebut akan ditandai dengan warna kuning;


    Anda juga akan melihat pesan berikut bila Anda klik pada transaksi tersebut;

     
  5. Setelah itu, Anda dapat mencatat ulang transaksi penjualan tersebut di Jurnal Web
    (Baca: Penagihan Penjualan)

 

1.2 Mengatasi Error "Jumlah Produk Lebih Besar dari Jumlah Stok Saat Ini"

 

Pesan error “Jumlah Produk Lebih Besar dari Jumlah Stok Saat Ini” muncul karena Anda mencentang field “Tolak Penjualan jika Kekurangan Kuantitas” di menu Settings > Penjualan dan membuat transaksi penjualan atas produk yang kuantitasnya tidak mencukupi.

 

Untuk mengatasi pesan error ini Anda dapat:

  1. Klik “Buka" pada menu Add Ons - Jurnal Touch;

     
  2. Klik simbol pesan di pojok kanan atas lalu pilih tanggal transaksi yang gagal tersinkronisasi;

     
  3. Klik “Lihat Error” untuk melihat pesan error transaksi yang gagal sinkronisasi;

     
  4. Selanjutnya, Anda dapat input transaksi pembelian atas produk tersebut di Jurnal Web (Baca: Buat Penagihan Pembelian) atau melakukan stok opname (Baca: Stock Opname) untuk memperbarui jumlah stok produk.
     

2. Penghapusan Transaksi dalam 90 Hari (baru tersedia untuk iOS)

Jika Anda menggunakan aplikasi Jurnal Touch di perangkat iOS, Anda akan mendapatkan notifikasi di halaman daftar transaksi penjualan yang telah Anda input.

  1. Buka aplikasi Jurnal Touch di perangkat iOS Anda, lalu pilih menu “Transaksi”;

     
  2. Anda akan mendapatkan notifikasi “Penghapusan Otomatis” seperti tampilan berikut.

    *Penghapusan Otomatis (baru tersedia untuk perangkat iOS): Transaksi penjualan yang telah diinput di Jurnal Touch versi smartphone/tablet secara otomatis terhapus oleh sistem dalam 90 hari setelah transaksi dibuat sehingga Anda tidak akan menemukan riwayat transaksi penjualan yang telah melebihi 90 hari.
     

 

3. Pembatalan Transaksi


 

Jika Anda telah membuat transaksi penjualan di Jurnal Touch, Anda dapat melakukan pembatalan atas transaksi penjualan tersebut apabila terjadi kesalahan. Tahapan untuk melakukan pembatalan transaksi di Jurnal Touch adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan transaksi yang akan dibatalkan sudah masuk ke Jurnal Web. Anda dapat cek terlebih dahulu transaksi penjualan tersebut dengan cara klik menu “Penjualan”;

     
  2. Buka aplikasi Jurnal Touch di smartphone/tablet Anda, lalu klik menu “Transaksi”;

     
  3. Pilih transaksi yang akan dibatalkan, lalu klik “Batal” di pojok kiri bawah smartphone/tablet Anda;
    (pastikan koneksi internet Anda tersambung)

     
  4. Berikut tampilan transaksi yang berhasil dibatalkan di smartphone/tablet Anda;

    *Transaksi yang telah berhasil dibatalkan akan otomatis terhapus di menu Penjualan yang ada di Jurnal Web
     
  5. Masuk ke menu Add-Ons > Jurnal Touch, lalu klik Angka pada Perangkat yang digunakan untuk membuat transaksi;

     
  6. Anda akan melihat status “Void” pada transaksi yang telah berhasil dibatalkan.



     

4. Ketentuan Tarif Pembayaran (Witholding Value)


 

Apabila Anda menemukan pesan error terkait “witholding value” seperti berikut;

 

Hal tersebut berarti terjadi kegagalan sinkronisasi Jurnal Touch mobile ke Jurnal Touch web yang disebabkan karena jumlah nominal biaya yang ditetapkan sebagai tarif pembayaran (“Tarif Pembayaran - Fixed”) lebih besar dari total nominal transaksi penjualan seperti yang diilustrasikan pada gambar di bawah ini;

Notes:

Tarif pembayaran yang ditentukan dalam pengaturan Jurnal Touch (Rp 6.500) melebihi nilai transaksi penjualan (Rp 5.000), sehingga terjadi pesan error yang timbul seperti yang ditunjukkan di atas. Transaksi tersebut tidak dapat terbentuk karena nilai transaksi penjualan tidak dapat menutupi tarif pembayaran atau biaya yang ditetapkan bagi pelanggan.

 

 

Agar bisa melakukan sinkronisasi kembali, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik “Buka" pada menu Add Ons - Jurnal Touch;

     
  2. Klik Nama Pengaturan yang tersinkronisasi dengan Jurnal Touch Mobile;

     
  3. Pada konfigurasi pengaturan, pilih metode pembayaran yang mengandung kesalahan ketentuan witholding value seperti yang dijelaskan di atas, lalu klik tombol “Ubah”;

     
  4. Perbaiki “Tarif Pembayaran - Fixed”, lalu klik tombol “Simpan”;

    Notes:
    - Anda diharapkan untuk memasukkan nominal “Tarif Pembayaran - Fixed” tidak melebihi harga barang terendah yang Anda jual melalui Jurnal Touch mobile.
    - Setelah Anda mengubah “Tarif Pembayaran - Fixed” menjadi jumlah nominal yang tidak melebihi harga barang, maka rekonsiliasi ulang dapat dilakukan.

     
  5. Setelah pengaturan selesai dilakukan, klik “Simpan”;

     
  6. Masuk kembali ke Jurnal Touch mobile dan klik menu “Transaksi”;

     
  7. Klik “Coba Lagi” pada notifikasi “Gagal Sinkronisasi” seperti berikut;

     
  8. Klik “Yes” untuk mengkonfirmasi sinkronisasi ulang;

     
  9. Dengan demikian, notifikasi “Gagal Sinkronisasi” tersebut akan menghilang seperti ini.



     

5. Cara mengganti Perangkat (Device) Jurnal Touch Mobile



Apabila Anda memperoleh notifikasi berikut saat melakukan “Scan QR Code” pada Jurnal Touch mobile Anda, hal tersebut berarti QR Code tersebut masih terhubung dengan perangkat (device) lainnya.

Jika Anda hendak mengganti perangkat (device) yang digunakan untuk mengakses Jurnal Touch mobile yang telah terintegrasi dengan Jurnal Touch, Anda harus terlebih dahulu menghapus integrasi perangkat (device) yang lama tersebut dari daftar pengaturan yang ada di Jurnal Touch web.

 

Untuk menghapus device di pengaturan konfigurasi, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Klik “Buka" pada menu Add Ons - Jurnal Touch;

     
  2. Klik angka device yang ada di kolom “Devices”, seperti berikut:

     
  3. Hapus device yang terintegrasi dengan pengaturan konfigurasi yang ada di Jurnal Touch web, dengan cara klik ikon hapus;

     
  4. Lalu Klik “Ya” untuk mengkonfirmasi;

     
  5. Setelah Anda menghapus device yang terintegrasi dengan Jurnal Touch web, install aplikasi Jurnal Touch di device yang baru lalu integrasikan kembali Jurnal Touch mobile dengan Jurnal Touch web Anda.
    Untuk mengintegrasikan Jurnal Touch mobile dengan jurnal touch web, Anda bisa mempelajarinya di sini.


     

6. Rotate Feature


Jika Anda mengalami error ketika menggunakan Jurnal Touch di perangkat tablet, hal tersebut mungkin disebabkan oleh pengaturan fitur auto-rotate di perangkat tablet Anda.

Pastikan kembali bahwa Anda telah mengaktifkan fitur auto-rotate di pengaturan tablet Anda, seperti berikut:

 

Baca juga:

Cara Setting Jurnal Touch di Menu Add Ons
Cara Menggunakan Jurnal Touch
Cara Setup Printer untuk Jurnal Touch
Cara Mencatat Transaksi dan Perangkat yang Menggunakan Jurnal Touch

 

Back to Top