Guide Book

Impor Penjualan Aplikasi Shopee

Updated at: October 08, 2021
Last updated by: Annisa Husna Anggrainie

Kini, Anda dapat menarik data transaksi penjualan dari aplikasi Shopee Anda, dan menguploadnya ke aplikasi Jurnal untuk diolah menjadi laporan keuangan.

Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai:

  1. Cara Export Data Penjualan dari Shopee
  2. Cara Import Data Penjualan ke Jurnal

Cara Export Data Penjualan dari Shopee
  1. Login pada aplikasi shopee seller center, lalu Klik menu “Pesan Saya”;
  2. Klik tab “Semua”;
  3. Filter rentang waktu laporan penjualan yang ingin diunduh pada kolom Periode Data, lalu klik tombol “Export”;
Cara Import Data Penjualan ke Jurnal
  1. Login ke aplikasi Jurnal;
  2. Klik menu "Penjualan";
  3. Klik “Import” dan pilih “Template dari Aplikasi Lain”;
  4. Pada bagian ini klik “Shopee”;
  5. Upload file yang Anda peroleh dari aplikasi Shopee, pada tombol “Choose File”;

    Note: Anda juga dapat mengunduh file template berikut dengan klik disini. Kemudian Anda dapat mengisi template tersebut dengan data penjualan Anda.

  6. Klik “Lanjut”;
  7. Pilih akun kas/bank yang menampung pembayaran;
  8. Pilih metode pembayaran Anda;
  9. Pilih nama Pelanggan Anda;

    Notes:

    • Anda dapat mengganti nama kontak pelanggan yang ada pada file menjadi kontak tertentu dengan membuat kontak baru terlebih dahulu. Untuk membuat kontak baru, klik disini untuk pelajari lebih lanjut.
    • Apabila pelanggan tidak diisi, maka sistem akan membuat kontak baru secara otomatis apabila sistem tidak menemukan nama kontak tersebut.
       
  10. Pilih tampilan status transaksi, pada bagian ini terdapat dua pengaturan status yang dapat Anda tentukan;
     
  11. Jika status semua transaksi yang diinput ingin tercatat sebagai lunas, maka pilih "Buat semua status lunas";

    Notes:
    • Selesai >> Tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid";
    • Sedang Dikirim >> Tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid";
    • Perlu Dikirim >> Tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid";
    • Untuk status pesanan yang lainnya tidak akan diproses oleh sistem.
       
  12. Namun jika status transaksi yang diinput ingin tercatat berdasarkan status pesanan yang terdapat pada template data penjualan, maka pilih "Sama seperti marketplace";

    Notes:
    Berikut adalah pembagian status transaksi berdasarkan pada status pesanannya.

    • Selesai >> Tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid";
    • Sedang Dikirim >> Tercatat sebagai transaksi "Belum dibayar/Open";
    • Perlu Dikirim >> Tercatat sebagai transaksi "Belum dibayar/Open";
    • Untuk status pesanan yang lainnya tidak akan diproses oleh sistem.
  13. Pilih tag yang mengelompokkan transaksi penjualan;
     Note : Tags khusus pengguna Pro, Enterprise, dan Enterprise+
  14. Pilih gudang penyimpanan Anda;
     Note: Gudang khusus pengguna Enterprise dan Enterprise+
  15. Centang bagian ini, jika nilai penjualanan pada transaksi telah termasuk PPN;
  16. Kemudian klik “Lanjut”;
  17. Anda akan diminta untuk menunggu beberapa saat;
  18. Setelah transaksi Anda selesai diproses, maka akan terlihat seperti berikut:
    Note: Pembuatan Sales Invoice berdasarkan (harga jual * qty)-diskon, untuk penyesuaian terhadap biaya admin dapat dilakukan menggunakan jurnal entri secara manual.

Back to Top