Guide Book

Detil Aset

Updated at: September 12, 2019
Last updated by: Sally Kie

 

Untuk melihat rincian setiap aset baik yang tertunda, aktif, dijual/dilepas, dan yang mengalami penyusutan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

  1. Aset Tertunda
    Pada tab ini, Anda dapat melihat rincian faktur pembelian aset yang tertunda. Klik nomor faktur seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

  2. Aset Aktif
    Pada tab ini, Anda akan melihat rincian aset aktif Anda. Untuk melihat rincian mengenai aset aktif Anda, klik kode/nama aset. Sedangkan untuk melihat rincian akun yang digunakan untuk aset aktif Anda, klik akun aset seperti yang ditunjukkan melalui gambar di bawah ini.


    Pada halaman Detail Aset, Anda akan melihat Detail Aset, Penyusutan dan Sejarah Transaksi.
    Pada bagian Detail Aset, Anda dapat melihat akun aset tetap yang digunakan pada aset aktif Anda.
    Pada bagian Penyusutan, Anda dapat melihat informasi penyusutan aset tetap yang telah diatur sebelumnya.
    Pada bagian Sejarah Transaksi, Anda dapat melihat rincian transaksi dari aset aktif Anda.
    Lihat ilustrasinya di bawah ini.

    Pada bagian bawah halaman, Ada 2 tombol fungsi. Tombol fungsi “Kembali” dapat Anda gunakan untuk kembali ke halaman tab Aset Aktif. Pada tombol fungsi “Ubah” terdapat empat pilihan, yaitu mengubah data aset aktif Anda, menjual/melepas aset Anda, menghapus aset, serta mengembalikan depresiasi yang sudah dilakukan.

     

  3. Aset Dijual/Dilepas
    Pada tab ini, Anda dapat melihat rincian aset yang dijual dan melihat rincian transaksi berupa journal entryUntuk melihat rincian aset yang dijual, klik Detail Aset. Sedangkan untuk melihat journal entry, klik nama journal entry-nya. Untuk mengembalikan aset yang sudah dijual, pilih action Kembalikan dan klik "Go".

  4. Penyusutan Aset
    Pada tab ini, Anda dapat melihat rincian penyusutan aset yang belum diterapkan. Penyusutan aset ini akan ditampilkan pada akhir bulan. Rincian yang Anda lihat berupa detail aset, periode terjadinya penyusutan, nilai penyusutan aset, metode penyusutan, dan jumlah penyusutan aset.

 

Untuk penjelasan mengenai penyusutan aset, Anda dapat melihatnya di Pengaturan Aset > Auto-Depreciation.

Back to Top