Guide Book

Cara Aktivasi Virtual Account & E-Wallet pada Jurnal Pay

Updated at: July 07, 2021
Last updated by: Annisa Husna Anggrainie

Setelah Anda melakukan registrasi pada Jurnal Pay, Anda dapat mengaktivasi pembayaran dengan menggunakan Virtual Account dan E-Wallet. Apabila anda melakukan aktivasi pembayaran menggunakan Virtual Account, maka pembayaran menggunakan E-Wallet juga akan diaktifkan. Salah satu  E-Wallet yang sudah dapat digunakan yaitu OVO.

 

Perhatian!

Pembayaran menggunakan Virtual Account dan E-Wallet akan dikenakan biaya per transaksi yang bisa dibebankan kepada perusahaan atau pelanggan, dengan masing-masing ketentuan adalah sebagai berikut:

 

Ikuti langkah berikut untuk melakukan aktivasi Virtual Account dan E-Wallet:

  1. Masuk ke menu “Jurnal Pay”, pilih tab “Metode pembayaran lainnya” kemudian klik “Atur Metode Pembayaran”;
  2. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan. Anda dapat memilih metode pembayaran mana yang akan diaktifkan dengan klik “Daftar Sekarang”;
  3. Anda akan diarahkan pada formulir Registrasi Jurnal Pay seperti berikut;
  4. Isi bagian Info Statement (Informasi Pernyataan);

    Rincian Informasi:

    • Nama perusahaan : Isikan nama perusahaan Anda;
    • Email perusahaan : Isikan email perusahaan. Email perusahaan akan digunakan untuk mengirimkan informasi jika ada transaksi pembayaran yang diterima melalui Jurnal Pay.
  5. Kemudian, isikan informasi akun Bank pada Bank Account Information;

    Rincian Informasi:

    • Nama bank : bank yang akan digunakan untuk menerima/mencairkan pembayaran yang telah diterima dari akun tampungan Jurnal;
    • Nama akun : nama pemilik rekening bank;
    • Nomor akun : nomor rekening bank;
    • Biaya pembayaran dibebankan ke : Anda dapat menentukan biaya Jurnal Pay akan dibebankan kepada pelanggan atau perusahaan. Pelajari lebih lanjut melalui link ini.
  6. Selanjutnya, isi informasi akun di Jurnal pada bagian Jurnal Account;

    Rincian Informasi:

    • Setor ke Rekening di Jurnal : akun kas/bank di Jurnal yang akan digunakan untuk mencatat pembayaran/pencairan dana dari transaksi Jurnal Payment;
    • Akun biaya di jurnal : akun yang digunakan untuk mencatat biaya tambahan transaksi jika biaya dibebankan kepada perusahaan. Biaya tambahan akan dikenakan per transaksi.
  7. Klik “Continue” untuk melanjutkan;
  8. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke layar Formulir Aktivasi Jurnal Pay. Di sini Anda dapat mengisikan informasi serta melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan dokumentasi terkait ketentuan perbankan;
  9. Pilih tipe perusahaan yang Anda miliki pada Company Type;

    Notes:

    • Terdapat dua pilihan tipe perusahaan, yaitu “Perorangan” dan “Korporasi”;
    • Pemilihan tipe perusahaan ini, akan berpengaruh pada jenis dokumen yang nantinya harus Anda unggah;
    • Tipe perusahaan perorangan merupakan organisasi yang belum berbadan hukum, sementara tipe perusahaan korporasi merupakan organisasi yang sudah berbadan hukum seperti: PT, CV, PD, dan Yayasan.
  10. Isikan informasi perusahaan pada Company Information;

    Rincian Informasi:

    • Nama perusahaan : isikan nama perusahaan Anda;
    • Deskripsi perusahaan : isikan penjelasan singkat terkait perusahaan Anda, seperti jenis usaha, proses bisnis, dsb;
    • Alamat perusahaan : isikan alamat perusahaan, Anda juga dapat melengkapinya dengan mengisi informasi Provinsi, Kota dan Kode Pos;
    • Email perusahaan : isikan email perusahaan. Anda juga dapat mengisinya dengan email yang sama pada layar Registrasi.
  11. Isikan informasi pada Owner Information;

    Rincian Informasi:

    • Nama Lengkap : Isikan nama lengkap pemilik;
    • Nomor Kontak : Isikan kontak pemilik;
    • Nomor KTP/KITAS : Isikan nomor identitas seperti KTP/KITAS.
  12. Unggah dokumen pendukung sesuai dengan tipe perusahaan yang Anda pilih pada poin 8. Apabila Anda memilih tipe perusahaan Perorangan, maka dokumen yang harus Anda unggah adalah:
    • KTP/ KITAS;
    • Bank Notes/ Buku tabungan.

    Notes:

    • Anda dapat klik link “Lihat Sampel” di sebelah kanan baris dokumen, untuk melihat contoh dari dokumen yang akan diunggah;
    • Format file yang dapat diunggah adalah jpg, jpeg, png dan pdf dengan ukuran maks 5MB.

    Namun, apabila Anda memilih tipe perusahaan Korporasi, maka dokumen yang harus Anda unggah adalah:

    • KTP Direktur;
    • Scan halaman pertama buku tabungan Perusahaan;
    • Akta Pendirian dan/atau Anggaran Dasar (beserta perubahan-perubahannya apabila ada); dan
    • SK Menkumham. 
  13. Jika data sudah terisi lengkap klik “Continue” untuk melanjutkan, maka akan muncul layar informasi berikut yang menyatakan bahwa informasi Anda akan diproses dalam jangka waktu maksimal 2 x 24 jam;

    Notes:

    • Anda dapat memastikan kembali, apakah data yang Anda masukkan sudah benar;
    • Klik Ubah Data, apabila Anda ingin mengubah informasi atau dokumen yang sudah Anda isikan sebelumnya;
    • Klik Batalkan Pengajuan, apabilan anda ingin membatalkan pengajuan.
  14. Apabila data pengajuan Anda telah lengkap dan diverifikasi oleh Tim Jurnal, maka Anda akan mendapatkan email pemberitahuan seperti berikut;

    Notes:

    • Apabila terdapat data yang harus diperbaiki, maka Anda akan mendapatkan email melalui alamat email yang menjadi jalur utama komunikasi Jurnal Pay yang telah Anda isi;
    • Anda akan diberikan informasi mengenai data yang belum lengkap pada email yang terdaftar.
  15. Dengan demikian, Jurnal Pay dengan metode pembayaran Virtual Account telah aktif dan dapat langsung Anda gunakan.

    Notes: Ketika Anda mengaktifkan metode pembayaran Virtual Account, maka secara otomatis Anda juga akan mengaktifkan metode pembayaran E-Wallet.

 

Back to Top