Guide Book

Cara Aktivasi Kartu Kredit pada Jurnal Pay

Updated at: October 01, 2020
Last updated by: Annisa Nadhila

Selain menggunakan Virtual Account, Anda dapat mengaktifkan pembayaran dengan Kartu Kredit. Apabila Anda juga ingin mengaktifkan metode pembayaran ini, ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke menu “Jurnal Pay”, pilih tab “Metode pembayaran lainnya” kemudian klik “Atur Metode Pembayaran”;
  2. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan. Anda dapat memilih metode pembayaran mana yang akan diaktifkan dengan klik “Daftar Sekarang”;
  3. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke layar aktivasi kartu kredit. Isikan Tipe Perusahaan Anda;

    Notes:

    • Terdapat dua tipe perusahaan, yaitu perorangan dan korporasi;
    • Tipe perusahaan yang dipilih akan mempengaruhi jenis dokumen yang nantinya akan diunggah;
    • Tipe perusahaan perorangan merupakan organisasi yang belum berbadan hukum, sementara tipe perusahaan merupakan organisasi yang sudah berbadan hukum seperti: PT, CV, PD, Yayasan.
  4. Isi Informasi Perusahaan;

    Rincian Informasi:

    • Nama Perusahaan : isikan nama perusahaan;
    • Deskripsi perusahaan : isikan penjelasan singkat terkait perusahaan Anda, seperti jenis usaha, dsb;
    • Alamat Perusahaan : isikan alamat perusahaan, Anda juga dapat melengkapinya dengan mengisi informasi Provinsi, Kota dan Kode Pos;
    • Email Perusahaan : isikan email perusahaan. Anda juga dapat mengisinya dengan email yang sama pada layar Registrasi;
    • Website Perusahaan : isikan website perusahaan;
    • Sosial Media : isikan akun social media perusahaan (Facebook, Instagram, Line, WeChat/Whatsapp).

      *Apabila Anda sudah mengaktifkan Virtual Account, maka field yang sama akan otomatis terisi.

  5. Isikan informasi perusahaan Anda pada bagian Ceritakan perusahaan Anda;
  6. Kemudian, isi Informasi pemilik Perusahaan;

    Rincian Informasi:

    • Nama Lengkap : Isikan Nama Lengkap Pemilik Perusahaan;
    • Alamat Domisili : isikan alamat domisili Pemilik perusahaan, Anda juga dapat melengkapinya dengan mengisi informasi Provinsi, Kota dan Kode Pos;
    • Nomor Kontak : Isikan Nomor Kontak Pemilik Perusahaan;
    • Nomor KTP/KITAS : Isikan Nomor KTP/KITAS Pemilik Perusahaan;
    • Email : Isikan alamat email dari pemilik perusahaan;
    • Tanggal Lahir : Isikan tanggal lahir dari pemilik perusahaan;
    • Nomor KTP/KITAS : Isikan Nomor KTP/KITAS Pemilik Perusahaan;
    • NPWP : Isikan NPWP Pemilik Perusahaan.
  7. Selanjutnya, Anda diminta untuk mengupload dokumen pendukung berdasarkan tipe perusahaan yang anda pilih pada poin 3;
  8. Apabila Anda memilih tipe perusahaan Perorangan, maka dokumen yang harus diunggah adalah;
    • NPWP;
    • Kartu Keluarga.

    Notes:

    • NPWP dan Kartu Keluarga yang digunakan adalah milik Pemilik Perusahaan. NPWP dan Kartu Keluarga yang dilampirkan harus mengatas namakan KTP dan Buku tabungan yang sudah didaftarkan di Jurnal Pay;
    • Anda dapat klik link “Lihat Sampel” di sebelah kanan baris dokumen, untuk melihat contoh dari dokumen yang akan diunggah;
    • Format file yang dapat diunggah adalah jpg, jpeg, png dan pdf dengan ukuran maksimum 5MB.
  9. Apabila Anda memilih tipe perusahaan Korporasi, maka dokumen yang harus Anda unggah adalah;
    • Akta Pendirian dan/atau Anggaran Dasar (beserta perubahan-perubahannya apabila ada), dan
    • Satu informasi lainnya untuk verifikasi pengguna (misalnya akun Bank perusahaan, KTP Pemilik Perusahaan atau Direktur, dll)
    • NPWP
    • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
    • TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
    • NIB (Nomor Induk Berusaha)
    • SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha).

    Notes:

    Dokumen yang wajib dilampirkan pada saat aktivasi yaitu;

    • Akta dan SK
    • KTP Direktur
    • Buku Tabungan Perusahaan
    • SIUP atau NIB
    • NPWP Perusahaan
    • NPWP Direktur
    • TDP
    • SKDU
  10. Jika Anda sudah mengisi semua informasi pada KYC kartu kredit, silahkan klik “Lanjutkan”, akan muncul layar informasi berikut yang menyatakan bahwa informasi Anda akan diproses dalam jangka waktu maksimal 2 x 24 jam;

    Notes:

    • Anda dapat memastikan kembali, apakah data yang Anda masukkan sudah benar;
    • Klik Ubah Data, apabila Anda ingin mengubah informasi atau dokumen yang sudah Anda isikan sebelumnya.
  11. Data pengajuan akan dicek oleh Tim Jurnal untuk kemudian diberikan kepada pihak Payment Gateway yang kami pilih. Proses verifikasi dokumen oleh Payment Gateway memerlukan waktu kurang lebih 30 hari. Apabila data pengajuan Anda telah lengkap, maka Payment Gateway akan mengirimkan Anda email untuk ditandatangani. Jika semua proses sudah berhasil, maka Anda akan mendapatkan email pemberitahuan yang menyatakan pembayaran menggunakan kartu kredit di Jurnal Pay dapat dilakukan;
  12. Maka pada menu jurnal pay, Anda sudah dapat melihat history pembayaran jurnal pay dengan kartu kredit pada tampilan berikut;

Back to Top