Guide Book

Aturan Tagging

Updated at: November 09, 2021
Last updated by: Annisa Husna Anggrainie

Tagging Rules (Aturan Tagging) adalah fitur yang digunakan untuk membuat aturan tag otomatis pada transaksi penjualan. Tipe tag otomatis yang dapat dimunculkan pada transaksi meliputi email, nama dari masing-masing pengguna atau custom. Fitur ini tersedia pada paket Enterprise dan Enterprise+, dengan mengaktifkan tampilan terbaru Menu Penjualan.
 

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari;

  1. Membuat Aturan Tagging;
  2. Merubah Aturan Tagging;
  3. Menghapus Aturan Tagging;
Penting! 

Pengguna yang dapat mengakses pengaturan approval yaitu:
    - Owner (Pemilik);
    - Ultimate + List Manager;
    - Admin + List manager.
 


Membuat Aturan Tagging


Berikut adalah langkah membuat aturan tagging baru :

  1. Masuk ke dalam Menu Setting, lalu klik tab “Aturan Tagging”;
     
  2. Anda akan dibawa pada halaman berikut;
     
  3. Klik tombol “Buat aturan tagging”;
     
  4. Isi Nama aturan yang ingin dibuat pada bagian berikut;
     
  5. Pilih Tipe transaksi yang ingin digunakan pada aturan ini;
    Note: Terdapat 3 tipe transaksi yang Anda pilih, yaitu Penagihan Penjualan, Pemesanan Penjualan, & Penawaran Penjualan.
     
  6. Lalu pilih Tipe tagging yang ingin dimunculkan pada transaksi;

    Terdapat 3 tipe tagging yang dapat digunakan pada pengaturan tagging Anda.:

    • Jika memilih Email masing-masing pengguna, maka tag yang muncul pada transaksi berdasarkan email user yang menginput transaksi tersebut pada jurnal;
    • Jika memilih Nama masing-masing pengguna, maka tag yang muncul pada transaksi berdasarkan nama user yang menginput transaksi tersebut pada jurnal;
    • Jika memlillih Custom, maka tag yang muncul dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tag yang ingin di custom belum terdapat pada daftar, maka Anda bisa menambahkan tag baru dengan cara klik “Klik & enter untuk membuat tag”;

     
  7. Selanjutnya pilih Pengguna yang membuat transaksi, sehingga aturan tagging ini akan aktif jika transaksi dibuat oleh pengguna tersebut;Note: Pastikan pengguna yang dipilih telah diundang untuk mengakses perusahaan

     

    Jika ingin menggabungkan beberapa aturan tipe tagging pada pengguna yang sama, maka Anda bisa membuat lebih dari satu aturan dengan menyamakan nama pengguna yang dipilih. Contoh:
    - Aturan A =
    Tipe Tagging: Email masing-masing pengguna
    Pengguna yang membuat transaksi: Budi dan Tina

    - Aturan B =
    Tipe Tagging: Custom (Projek XYZ)
    Pengguna yang membuat transaksi: Budi dan Tina

    Maka saat Budi membuat transaksi akan terbentuk tagging Budi@gmail.com, Projek XYZ, atau jika Tina membuat transaksi akan menjadi Tina@gmail.com, Projek XYZ


  8. Klik Buat Aturan untuk menyimpannya;
     
  9. Maka aturan yang berhasil dibuat akan muncul pada daftar Aturan Tagging, seperti berikut;

     
  10. Saat pengguna yang dipilih pada aturan ini membuat transaksi, maka tag akan otomatis muncul seperti berikut; Note: Kosongkan kolom tag saat menginput transaksi, karena tag akan muncul secaral otomatis.
     

Merubah Aturan Tagging  


Berikut langkah-langkah mengubah Aturan Tagging.

  1. Masuk ke dalam Menu Setting, lalu klik tab “Aturan Tagging”;
  2. Klik “Tindakan” lalu pilih Ubah aturan;
     
  3. Pada aturan tagging yang pernah dibuat, Anda dapat mengubah informasi pada Nama aturan, Tipe Transaksi, Custom Tag, dan Pengguna yang membuat transaksi. Namun Anda tidak dapat mengubah Tipe tagging yang sudah dipilih;
     
  4. Jika sudah, maka klik “Simpan Perubahan”;NotePerubahan aturan tidak akan berpengaruh pada transaksi yang pernah dibuat sebelumnya. Perubahan akan berlaku pada transaksi berikutnya.

Menghapus Aturan Tagging


Berikut langkah-langkah menghapus Aturan Tagging.

  1. Masuk ke dalam Menu Setting, lalu klik tab “Aturan Tagging”;
  2. Klik “Tindakan”, pilih Hapus aturan;
     
  3. Lalu klik “Ya, Hapus”;
  4. Maka aturan akan terhapus dari daftar Aturan Tagging;Note: Penghapusan aturan tagging tidak akan berpengaruh pada tag transaksi yang pernah dibuat sebelumnya. Perubahan akan berlaku pada transaksi berikutnya.

Demikian cara melakukan pengaturan aturan tagging.

Back to Top