Guide Book

Anggaran Laba Rugi

Updated at: June 27, 2019
Last updated by: Adi Nurpermana

 

Sebagai pengguna Jurnal Enterprise, Anda dapat melihat perbandingan antara jumlah transaksi rill dan anggaran yang telah disusun per akun pada laporan Anggaran Laba Rugi,

 

Jika Anda belum menyusun anggaran laba rugi, Anda dapat mempelajarinya di sini. Untuk membuka perbandingan anggaran keuangan yang sebenarnya, Anda dapat:

 

 

  1. Klik menu Laporan
  2. Pada Tab Sekilas Bisnis, pilih Anggaran Laba Rugi.
  3. Pilih periode yang ingin Anda lihat.

     
  4. Jika Anda ingin melihat lebih detil, klik "Filter Lebih Lanjut".

     
  5. Di sini, Anda dapat melakukan filter seperti:
    • Tanggal Akhir: Pilih periode laporan yang akan ditampilkan. Pilihan ini dalam periode bulanan.
    • Interval: Pilih rentang periode untuk menampilkan laporan. Pilihan tersedia dari 1 bulan sampai 12 bulan.
      Misalkan, sebelumnya Anda memilih Tanggal Akhir Januari 2018. Kemudian, Anda memilih Interval 3 bulan. Artinya nilai anggaran yang ditampilkan pada laporan adalah akumulasi dari bulan November 2017 s.d Januari 2018 (3 bulan).
    • Jumlah Interval Ditampilkan: Pilih jumlah interval. Pilihan ini berfungsi untuk menampilkan perbandingan sampai dengan 8 periode lalu. Mengacu pada contoh 5.2, maka ketika Anda memilih 2 periode pada Jumlah Interval, maka laporan akan tersaji dengan 2 interval yaitu Agustus’17-Oktober’17 dan November ‘17 - Januari’18.
    • Anggaran: Pilih anggaran mana yang akan ditampilkan. Anggaran-anggaran yang telah Anda buat akan menjadi pilihan di sini.
    • Template Laba Rugi: Pilih template yang akan Anda gunakan. Jika Anda telah membuat template laba rugi baru, maka akan tersedia 2 jenis template yaitu template default Jurnal dan template Anda.
    • Filter Sesuai Tag: Pilih tag untuk menampilkan anggaran laba rugi per proyek, department, atau pun grup tertentu, isikan tagnya (hanya untuk Pro dan Enterprise).
    • Tampilkan Varians & Persentase: Aktifkan ini jika Anda ingin menampilkan kolom Varians dalam Anggaran Laba Rugi Anda.
    • Tampilkan Tahun ke Tanggal: Aktifkan ini jika Anda ingin menampilkan informasi anggaran yang telah disusun 1 tahun sebelumnya sampai dengan Tanggal Akhir yang Anda pilih.
  6. Jika sudah selesai, Anda akan melihat tampilan seperti berikut.

 

Baca juga:

 

Cara Membuat Anggaran

Back to Top