Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Tips Peluang Usaha dan Bisnis Oleh-Oleh Khas Bandung

Tayang 11 May 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Temukan tips peluang usaha dan bisnis oleh-oleh khas Bandung dan berbagai pengelolaan Akuntansi UMKM secara lengkap di Blog by Mekari Jurnal!

Pengusaha atau wirausahawan pemula sering hidup dengan harapan bahwa jika mereka membangun bisnis, pelanggan akan datang berbondong-bondong.

Tetapi dalam perekonomian saat ini, dibutuhkan lebih dari sekadar “harapan” untuk membuat orang membeli produk atau jasa Anda.

Praktik membangun dan menciptakan peluang bisnis baru adalah suatu keharusan jika bisnis Anda ingin berkembang.

Elemen penting lainnya adalah rencana bisnis yang jelas dan konsisten. Anda harus mempunyai perencanaan bisnis yang matang.

Contohnya, Anda bisa menyiapkan anggaran pengeluaran untuk membangun bisnis Anda secara mendetail.

Serta jangan lupa untuk sering mengadakan riset untuk menambah informasi dan mengenal “medan” bisnis yang akan Anda hadapi.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Pantau Kondisi Kesehatan Keuangan Usaha Mikro dan Kecil Anda secara Realtime dengan Mekari Jurnal.

Kenali juga kompetitor-kompetitor lain yang mungkin menjual jenis produk yang sama dengan Anda.

Manfaatkan jaringan yang Anda miliki dan jangan pernah malu untuk bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman di dunia bisnis.

Dan terakhir, kembangkan kerangka berpikir Anda untuk menciptakan hal yang inovatif secara cerdas. Sehingga nantinya bisnis Anda mempunyai keunikan tersendiri.

Sekalipun bisnis Anda menjual barang yang sudah umum di pasaran. Jika Anda cerdas dan inovatif, maka itu bukanlah menjadi penghalang besar bagi Anda. Selalu ada jalan jika Anda terus berusaha.

Bandung adalah ibu kota dari provinsi Jawa Barat yang juga menjadi salah satu destinasi liburan favorit masyarakat Indonesia.

Selain tempat wisata yang menyegarkan dan banyak berdiri pusat perbelanjaan, kota Bandung juga memiliki produk oleh-oleh khas tersendiri yang bisa menjadi peluang usaha bagi Anda calon wirausahawan.

Tips Membangun & Mencari Peluang Bisnis

tips membangun dan mencari peluang bisnis oleh-oleh khas Bandung Namun sebelum mengenali berbagai produk oleh-oleh khas Bandung, berikut tips peluang usaha bagi Anda calon wirausahawan yang ingin membangun bisnis dan menemukan peluang bisnis yang tepat:

Fokus pada Produk Utama (Product Core) Anda

Ada term yang terkenal di kalangan para pebisnis, yaitu “Prospek datang ketika pelanggan memercayai nilai dari bisnis Anda dan percaya bahwa bisnis Anda berjalan stabil“.

Dengan kata lain, untuk mendapatkan posisi yang kuat bagi bisnis, Anda harus selalu memeriksa dan mengevaluasi pelayanan dan nilai yang bisnis Anda berikan kepada pelanggan.

Adalah umum dalam lingkup bisnis kecil dan baru bahwa pengusaha merasa dia harus melakukan dan mencontoh semua yang dilakukan oleh pebisnis sukses lainnya untuk bersaing.

Namun pada kenyataannya, pemilik bisnis kecil benar-benar tidak akan pernah bisa bersaing dengan cara yang sama.

Jadi penting bagi Anda yang ingin membangun bisnis baru untuk “membedakan diri” dengan berfokus pada kemampuan unik dari produk utama yang Anda berikan kepada pelanggan.

Hal ini merupakan aset terbesar bagi para pengusaha manapun. Ketika Anda menemukan produk utama yang unik, maka Anda sekaligus membangun peluang bisnis baru dan membawa perkembangan berarti bagi bisnis Anda.

Tetap Konsisten untuk Menjadi Diri Sendiri

Tips peluang usaha berikutnya adalah terus konsisten untuk mencapai tujuan bisnis.

Mengetahui jati diri Anda dan apa saja hal-hal yang membuat Anda bersemangat ataupun yang membuat Anda tidak bergairah akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis.

Ini berpengaruh kepada kinerja binsis dan bagaimana Anda menemukan peluang bisnis.

Karena jika Anda mengerjakan sesuatu yang tidak Anda sukai atau atas dasar paksaan, bisa dipastikan bisnis akan mengalami kegagalan di tengah jalan. Ingat, selalu ada cara dan jalan lain ketika Anda menganggap Anda sedang berada di jalan buntu.

Salah satunya adalah memanfaatkan jaringan relasi untuk membantu Anda memecahkan berbagai masalah yang Anda hadapi di dunia bisnis.

Minta bantuan terhadap kenalan Anda untuk membantu mengerjakan tugas-tugas yang memang bukan di bidang Anda.

Sehingga Anda mempunyai waktu lebih untuk mengembangkan kemampuan yang sejalan dengan aktivitas bisnis Anda.

Salah satu contohnya adalah jika Anda tidak bisa mendesain logo produk bisnis, cari kenalan yang bisa dimintai tolong dan mempunyai keahlian di bidang desain grafis.

Selalu pastikan bahwa Anda fokus pada tugas “A” sebagai prioritas utama Anda. Kemudian, delegasikan tugas “B”, “C”, dan tugas lain yang memang bukan di bidang Anda kepada kerabat atau kenalan.

Alokasi Kapabilitas dengan Tepat

Mengalokasikan kemampuan Anda dengan kebutuhan dan kepuasan target pelanggan adalah cara terbaik untuk menentukan strategi pelayanan dan menemukan peluang bisnis.

Meskipun Anda mungkin sangat terampil di banyak bidang, itu akan sia-sia jika Anda hendak membangun bisnis yang di mana target pelanggan Anda tidak membutuhkan pelayanan bisnis.

Ini juga akan menutup peluang bisnis yang harusnya bisa didapatkan jika memetakan kemampuan Anda secara tepat.

Salah satu ciri umum di antara banyak pengusaha adalah keinginan atau ambisi untuk “melebarkan jaring” dengan menjadi “bisa segalanya”.

Namun, dalam hampir setiap kasus, bisnis kecil berkembang karena memiliki penawaran layanan yang tepat sasaran.

Ingat, nilai suatu bisnis akan berpengaruh secara signifikan ketika bisnis dapat memberikan produk atau jasa unik dan berkualitas tinggi.

Kembangkan daftar kriteria pengambilan keputusan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target pelanggan bisnis.

Adakan riset mendalam mengenai target pasar dan evaluasi secara intens untuk mendapatkan peluang bisnis yang efektif.

Baca Juga : Tips Terapkan Manajemen Usaha untuk Bisnis Kecil

Peluang Bisnis Oleh-Oleh Khas Bandung

Berbagai jenis peluang usaha dan bisnis oleh-oleh khas Bandung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kota Bandung juga mempunyai jenis produk oleh-oleh yang membuat orang-orang merasa “belum ke Bandung” kalau belum membeli oleh-oleh khas Bandung.

Berikut Contoh produk Oleh-Oleh khas Bandung yang bisa menjadi referensi Anda dalam membuka bisnis oleh-oleh:

1. Bollen Pisang

Oleh-oleh Bollen Pisang sudah menjadi oleh-oleh favorit bagi tiap orang yang berkunjung ke kota Bandung.

Sebenarnya, Toko Kartika Sari membuat Bollen Pisang menjadi oleh-oleh yang terkenal dan digemari banyak orang di Bandung.

Namun, sekarang sudah banyak franchiser yang membuat bisnis Bollen Pisang di berbagai kota.

Anda tentu bisa membuka bisnis Bollen Pisang dengan varian rasa baru di luar rasa yang umum dijual – keju dan coklat.

Ingat, inovasi dari Anda memegang peranan penting untuk membuka peluang bisnis baru dan mungkin bisa diterima dengan baik oleh orang-orang.

2. Kerajinan, Garmen & Sepatu Berbahan Kulit

Tepatnya di daerah Cibaduyut, Bandung, terkenal dengan hasil kerajinan berbahan kulit yang bisa menjadi merchandise dan oleh-oleh unik bagi para pelanggannya.

Ini tentu bisa menjadi peluang bisnis besar bagi Anda yang ingin membuat produk-produk berbahan kulit.

Produk seperti garmen, sepatu, dan produk sandang lain berbahan kulit emmpunyai nilai tersendiri di mata orang-orang.

Ditambah dengan desain yang unik dan menurut, bisa dipastikan bisnis Anda akan berkembang pesat.

3. Surabi Bandung

Siapa yang tidak mengenal akan jenis oleh-oleh ini, Anda dapat menemukan toko kuliner yang menyediakan surabi di berbagai titik di kota Bandung.

Walaupun Surabi juga menjadi oleh-oleh khas Solo, Surabi Bandung tidak kalah unik, enak, dan masih menjadi oleh-oleh favorit bagi pengunjung yang berlibur ke Bandung.

Anda bisa memvariasikan rasa dari Surabi Bandung ini dan membawanya ke tingkatan yang lebih tinggi.

4. Tahu Sumedang

Bisa dibilang, tidak ada yang bisa mengalahkan kegurihan dan kerenyahan dari Tahu Sumedang.

Berasal dari Kabupaten Sumedang, Bandung, Tahu Sumedang masih sangat digemari oleh para turis dan keluarga yang sedang berlibur.

Dengan pengemasan yang praktis, pengunjung bisa menikmati Tahu Sumedang dalam perjalanan atau dijadikan oleh-oleh untuk diberikan kepada sanak keluarga atau teman kerabat.

5. Peuyeum Bandung

Makanan yang berbahan dasar hampir sama dengan tapai ini cukup disukai oleh para turis yang datang ke Bandung.

Cara membuat peuyeum yang dengan memfermentasi singkong menggunakan ragi.

Proses ini terus terjadi hingga singkong dapat memproduksi alkohol yang menandakan kalau peuyeum sudah jadi.

Dengan proses yang cukup sederhana dengan cita rasa yang unik, peuyeum memiliki peluang bisnis yang terbilang bagus untuk dikembangkan di Bandung.

Dengan tips peluang bisnis dan usaha oleh-oleh khas Bandung yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuka bisnis oleh-oleh, diharapkan Anda bisa membawa bisnis Anda menuju keuntungan dan tentunya berjalan sukses.

Permudah Kelola Keuangan Usaha Anda dengan Mekari Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Untuk menambah kesuksesan bisnis Anda, Anda bisa menyewa software akuntansi untuk bisnis Anda demi kemudahan pengelolaan keuangan dan pencatatan transaksi bisnis.

Tidak hanya itu, tentunya Anda membutuhkan Laporan Keuangan yang salah satunya sebagai bahan evaluasi bisnis Anda.

Kabar baiknya, Mekari Jurnal bisa menangani hal tersebut dengan mudah dan instan.

Mekari Jurnal adalah software akuntansi sederhana untuk UKM yang memberikan fitur-fitur lengkap dan mudah untuk digunakan – bahkan oleh pengusaha UMKM yang masih awam dengan dunia akuntansi.

Jika Anda ingin mengetahui cara melihat Laporan Keuangan bisnis Anda, Anda bisa melihat guidebook Jurnal.

Dengan Jurnal, segala permasalahan akuntansi seperti pencatatan biaya, invoivedan lainnya bisa teratasi dengan simpel.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal