Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

6 Tips Membangun Manajemen Keuangan Bagi UMKM

Tayang 15 Mar 2022
Diperbarui 10 Januari 2024

Berikut ini adalah 6 tips membangun manajemen keuangan bagi UMKM agar usaha Anda dapat berkembang! 

Setiap bisnis membutuhkan struktur keuangan yang menghasilkan laba agar tetap bisa persisten dan kredibel.

Oleh karena itu, kemampuan manajemen keuangan yang baik dibutuhkan pengusaha untuk membawa bisnis menuju kesuksesan.

Namun, tidak semua pemilik bisnis mahir dalam menangani keuangannnya.

Bukan berarti hal ini menjadi alasan untuk menyerah dalam dunia bisnis.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal!

Mekari Jurnal Hadirkan Fitur Software Terlengkap Di Indonesia!

Apa Saja 6 Tips Membangun Manajemen Keuangan Bagi UMKM?

Berikut enam tips untuk memaksimalkan cara membangun manajemen keuangan yang baik bagi UMKM:

Hindari Kredit Mahal

Untuk membangun portofolio sukses yang menguntungkan Anda baik di masa sekarang dan masa depan, tips pertama dan terpenting untuk mengelola keuangan usaha kecil adalah  menetapkan tujuan keuangan.

Baik Anda sebagai pemilik bisnis yang mapan di pasar yang kompetitif, pebisnis startup, ataupun pelaku UMKM, penggunaan dana yang optimal adalah kunci kesuksesan.

Dalam periode pertumbuhan bisnis, biaya kredit sangat berpengaruh secara signifikan.

Jangan sampai pengeluaran bisnis Anda membengkak hanya karena harus melunasi pokok dan bunga utang Anda.

Disarankan, hindari pinjaman yang mempunyai nilai pokok mahal dan berbunga tinggi untuk menghindari kemungkinan gagal bayar.

Tetapkan tujuan pemakaian keuangan bisnis Anda dengan menekan pengeluaran dan meraih profitabilitas lebih awal.

6 Tips Membangun Manajemen Keuangan Bagi UMKM

Fokus pada Hal-Hal Berbau “Biaya”

Pada tahap awal memulai pengelolaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ataupun ketika sedang masa pertumbuhan bisnis, bijaksana untuk tetap menjaga biaya atau pengeluaran bisnis tetap Anda serendah mungkin.

Ubah kebiasaan menghabiskan uang untuk berbagai biaya atau pengeluaran yang tidak penting dan tidak relevan bagi tujuan bisnis Anda.

Merencanakan anggaran selama periode satu tahun untuk pengeluaran besar seperti sewa, payroll penggajian, pajak, bunga, harga pokok penjualan ( HPP ), utang, utilitas, dan biaya operasional lainnya dapat membantu Anda mengurangi beban keuangan.

Hal ini juga akan membantu Anda dalam memastikan posisi arus kas Anda tetap kuat bahkan di waktu bisnis Anda sedang terpuruk.

Investasi Terhadap Software Akuntansi

Pertahankan Batas Antara Keuangan Pribadi & Keuangan Bisnis

Setelah Anda selesai dengan urusan administratif seperti pendaftaran bisnis dan lainnya, Anda harus membuka rekening bank komersial bagi bisnis Anda.

Rekening pribadi dan bisnis haruslah dipisah.

Menahan batas antara kedua jenis tabungan ini akan memberi Anda penghitungan yang lebih mudah dan tepat pada akhir tahun keuangan.

Ini juga akan menghilangkan situasi krisis uang kas dalam bisnis yang disebabkan karena penarikan untuk pengeluaran pribadi.

Patuhi pemisahan pinjaman dan kartu kredit untuk bisnis Anda secara ketat, dan jangan menggunakannya untuk keperluan pribadi Anda.

6 Tips Membangun Manajemen Keuangan Bagi UMKM

Pantau & Evaluasi Secara Konsisten Pergerakan Keuangan Bisnis Anda

Tidak peduli apapun jenis dan ukuran bisnis, Anda harus mengetahui ke mana saja aliran uang bisnis Anda mengalir secara detail dan efisien untuk keperluan manajemen keuangan.

Meskipun mungkin ini adalah kegiatan yang sulit dilakukan secara konsisten dan persisten, Anda harus mengetahui setiap uang yang digunakan dan diterima dari transaksi bisnis Anda dan melacak semua pergerakan modal Anda secara teratur.

Untuk itu, Anda harus mempunyai laporan arus kas bisnis.

Evaluasi ini akan membantu Anda menentukan area mana yang berkinerja paling efisien dan di sektor mana Anda perlu mengendalikan dana Anda.

Anda juga perlu mempelajari data ini untuk mengembangkan anggaran agar lebih realistis dan mempertahankan kemajuan bisnis Anda.

6 Tips Membangun Manajemen Keuangan Bagi UMKM

Bernegosiasi dengan Vendor atau Supplier Sebelum Mengonfirmasi Kontrak

Bernegosiasi dengan vendor sebelum menandatangani kontrak dan meminta penawaran terbaik adalah suatu keputusan yang cerdas dan bijak untuk manajemen keuangan UMKM Anda.

Negosiator yang sukses adalah orang yang mengetahui kebutuhan dan harga terbaik sebelum mereka mulai menegosiasikan apa yang ingin mereka dapatkan.

Periksa syarat-syarat pembelian seperti denda keterlambatan pembayaran dan masa tenggang pelunasan pembelian.

Banyak vendor yang akan memberikan diskon terhadap pembelian dengan kuantitas besar dan pelunasan pembelian sebelum tiga puluh hari.

Manfaatkan hal ini untuk menekan pengeluaran terhadap pembelian persediaan bisnis Anda.

Baca Juga : 5 Kiat Membangun Strategi Pemasaran Online Bagi Pengusaha

Bernegosiasi dengan Vendor atau Supplier Sebelum Mengonfirmasi Kontrak

Investasi Terhadap Software Akuntansi

Faktanya, bisnis berskala besar biasanya memiliki akuntan yang menggunakan software akuntansi profesional untuk pemrosesan terkait akuntansi dalam bisnis.

Namun, dengan kemajuan teknologi dan informatika, siapa pun dapat menguasai dasar dasar akuntansi dan memastikan catatan keuangan mereka teratur.

Anda hanya perlu menggunakan software akuntansi berkualitas tinggi seperti Mekari Jurnal.

Dengan Jurnal, Anda dapat mengelola keuangan bisnis lebih mudah.

Mulai dari memonitor kondisi keuangan lewat laporan keuangan sederhana, mengelola stok barang, aset perusahaan, tagihan, penjualan, membayar pajak, dan masih banyak lagi.

Jadwalkan live demo langsung untuk mencoba fitur Mekari Jurnal sekarang!

 

Baca Juga : Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM

Enam tips tersebut akan membantu Anda mengelola dan membangun Manajemen Keuangan UMKM secara baik dan bijak.

Ingat, bisnis yang berhasil adalah bisnis yang dirawat secara konsisten dan persisten.

Luangkan waktu untuk belajar mengatur keuangan bisnis dan pastikan bahwa setiap keputusan bisnis Anda ternilai realistis dan aman.

Setelah Anda yakin bahwa Anda memiliki kemampuan tersebut, Anda dapat memaksimalkan peluang Anda untuk sukses.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal