Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

6 Strategi Efisiensi UKM Saat Krisis Tanpa PHK Karyawan

Tayang 07 Nov 2022
Diperbarui 15 Januari 2024

Ada beberapa strategi efisiensi yang perlu dijalankan para pengusaha UKM agar mereka bisa survive tanpa melakukan PHK terhadap karyawannya, apa saja itu? Simak penjelasannya di Blog Mekari Jurnal.

Kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan tentu menjadi momok yang mengkhawatirkan bagi para pekerja, terutama di situasi krisis seperti saat ini.

Tak elok rasanya jika loyalitas yang dicurahkan para pekerja harus dibalas dengan tuba berupa surat pemberhentian kerja.

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan, total pekerja di Indonesia yang terkena PHK dan dirumahkan per April 2020 mencapai 1,95 juta pekerja.

Dari jumlah itu, sebagian besar pekerja berasal dari sektor formal yakni mencapai 1,5 juta orang, sedangkan sisanya dari sektor informal sebesar 443.000 pekerja.

Untuk menghindari tingginya tingkat pengangguran, UKM bisa menjalankan sejumlah strategi efisiensi tanpa perlu melakukan PHK terhadap karyawan.

Konsultan Bisnis sekaligus Founder Yuta Consulting, Yudhistira Taniwidjaya, menyampaikan beberapa solusi yang perlu dijalankan para pengusaha.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal sekarang!

Apa saja strategi efisiensi yang bisa dilakukan UKM tanpa harus PHK karyawan?

Lantas bagaimana tips bisnis yang tepat untuk menghindar dari pailit tanpa harus PHK karyawan?

1. Mengetahui kondisi keuangan perusahaan dengan laporan keuangan

Tips bisnis paling awal yang perlu dilakukan ialah mempelajari laporan keuangan perusahaan dengan seksama.

Hal itu akan membantu para pengusaha mengevaluasi komponen-komponen apa saja yang bukan prioritas dan cukup membebani perusahaan di masa kritis.

Dengan demikian, perusahaan dapat mengambil keputusan tepat untuk melakukan efisiensi dengan mengurangi biaya-biaya di beberapa lini usaha.

“Pelajari laporan keuangan, nanti akan terlihat pos-pos mana saja yang menghabiskan banyak biaya dan bisa dikurangi,” ujar Yudhistira kepada Mekari Jurnal, Selasa (19/5).

Menyusun dan memantau laporan keuangan secara akurat dan cepat dapat dilakukan dengan bantuan teknologi. Aplikasi akuntansi online seperti Jurnal bisa menjadi salah satu pilihan.

Dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud, Anda akan memperoleh kemudahan dan fleksibilitas dalam pengoperasiannya.

Usai mengevaluasi laporan keuangan, UKM bisa menjalankan sejumlah tips bisnis atau strategi yang efisiensi saat krisis tanpa perlu melakukan PHK terhadap karyawan.

Jurnal software akuntansi UKM strategi efisiensi

2. Pangkas biaya promosi

Salah satu langkah strategi efisiensi yang bisa Anda lakukan sebagai pelaku bisnis UKM tanpa harus melakukan PHK karyawan ialah memangkas biaya promosi atau biaya iklan.

Misalnya, untuk sementara mengurangi beban biaya sponsorship dan menghentikan kontrak-kontrak iklan yang tak memiliki nilai pengembalian secara langsung terhadap perusahaan.

Sebagai gantinya, Anda bisa berfokus pada pemasaran digital atau digital marketing di saluran-saluran berbiaya murah, bahkan gratis, namun tetap menjangkau calon konsumen.

Hal terpenting yang patut dipahami, Anda hanya disarankan memangkas biaya promosi tanpa mengurangi upaya promosi itu sendiri.

Anda tak dianjurkan untuk berhenti melakukan promosi secara agresif.

Pasalnya, pemasaran dan penjualan sangat dibutuhkan di saat kondisi pemasukan tersungkur.

Tips Promosi Bisnis Lewat Instagram Biar Makin Cuan!

3. Coret belanja modal tak prioritas

Tips bisnis UKM lain yang mungkin Anda pilih sebagai strategi efisiensi tanpa harus PHK karyawan ialah menghapus rencana pengembangan usaha atau ekspansi untuk sementara waktu.

Artinya, hal itu otomatis mencoret belanja modal yang tak prioritas.

Belanja modal termasuk dalam komponen biaya investasi, yakni dana yang dikeluarkan untuk memulai usaha, misalnya biaya lahan atau pembelian mesin produksi.

Dalam kondisi genting, dana yang dimiliki perusahaan seharusnya difokuskan untuk modal kerja yang menghasilkan pendapatan jangka pendek guna menyambung hidup di tengah masa resesi saat ini.

4. Strategi efisiensi biaya operasional UKM

Tips bisnis selanjutnya, mematikan sementara peralatan atau perlengkapan usaha yang menghabiskan beban biaya operasional ketika produktivitas terpaksa menurun secara alami.

Misalnya, menghemat pemakaian air conditioner, lampu, dan listrik.

Hal ini bisa juga berarti menghemat biaya air, telepon, atau biaya apapun yang dibebankan selama proses operasional berlangsung.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

5. Kurangi jam kerja dan bayar gaji pokok

Pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan seharusnya menjadi jalan terakhir jika Anda ingin mempertahankan usaha sekaligus menyelamatkan hidup banyak orang di tengah situasi krisis.

Jikapun terpaksa mencederai hak karyawan.

Anda bisa memangkas beban gaji karyawan tentu diikuti kebijakan pengurangan waktu bekerja selama produktivitas perusahaan memang menurun secara natural saat krisis.

Kebijakan pengurangan jam kerja secara otomatis akan mengurangi biaya tunjangan operasional atau tunjangan kerja lain bagi karyawan.

Dengan begitu, perusahaan hanya dibebankan membayar gaji pokok karyawan.

Komponen gaji karyawan termasuk dalam jenis biaya tetap, sama seperti biaya asuransi, atau Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Anda juga perlu berterus terang dengan karyawan atas kondisi keuangan perusahaan, misalnya tentang seberapa lama Anda bisa bertahan pada situasi saat ini.

Komunikasi yang transparan sangat dibutuhkan agar karyawan bisa mempersiapkan diri dengan hal terburuk yang akan terjadi di masa mendatang.

Tidak hanya UKM, strategi efisiensi dengan pemangkasan gaji dilakukan perusahaan startup berskala unicorn seperti Gojek dan Grab.

Gaji co-CEO dan manajemen senior Gojek dipangkas sebesar 25% selama setahun penuh. Sementara itu, gaji jajaran petinggi perusahaan Grab juga dipotong sebesar 20%.

Bedanya, pemangkasan gaji para petinggi kedua perusahaan dilakukan secara sukarela oleh mereka sendiri untuk membantu para mitra perusahaan di tengah kondisi krisis.

strategi efisiensi ukm

6. Atur kembali biaya stok barang di gudang

Anda perlu mengatur kembali jumlah barang yang tersedia di gudang.

Cara paling sederhana adalah melakukan analisa dengan menghitung penjualan harian selama rentang waktu tertentu kemudian mengambil keputusan bisnis berdasarkan hasil analisa tersebut.

Misalnya dalam sepekan, Anda melihat produk-produk mana saja yang laku terjual, termasuk mengamati jumlah rata-rata penjualan.

Dari data tersebut, Anda memiliki gambaran stok barang apa saja dan berapa yang harus tersedia dalam kurun waktu tertentu.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya untuk stok barang secara lebih bijaksana tanpa harus kehilangan peluang memperoleh omzet.

Mungkin cara ini mirip sekali dengan strategi ketika pertama kali Anda memulai bisnis.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi inventory untuk mengelola stok barang dan menghitung biaya-biaya terkait.

Baca juga: Cara Mengelola Stok Barang di Gudang, Ini Tipsnya!

Penjelasan dan Contoh Laporan Stok Barang Gudang Yang Perlu Diketahui

Pantau laporan keuangan bisnis UKM dengan Jurnal agar dapat menentukan strategi efisiensi yang tepat

Strategi efisiensi biaya-biaya di atas hampir mustahil dapat dilakukan oleh UKM dengan mudah dan cepat tanpa bantuan teknologi, sehingga Anda tidak perlu melakukan PHK karyawan.

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal sebagai pilihan untuk mendukung langkah bisnis Anda hingga masa mendatang.

Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.

Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan aplikasi akuntansi UKM terbaik dari software ERP Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Minimal subscribe 12 bulan).

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

CTA Jurnal

Itulah beberapa strategi efisiensi yang bisa dicoba oleh UKM agar mengurangi tingkat PHK, apalagi di masa sulit seperti pandemi. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal