Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

7 Tantangan Industri Manufaktur & Cara Mengatasinya

Tayang 31 Dec 2021
Diperbarui 26 Desember 2023

Secara umum, dapat dikatakan bahwa manufaktur merupakan kegiatan memproses suatu atau beberapa bahan baku menjadi barang lain yang mempunyai nilai tambah yang lebih besar.

Kegiatan manufaktur dapat dilakukan oleh perorangan atau manufacturer maupun oleh perusahaan atau manufacturing company.

Sedangkan industri manufaktur merupakan kelompok perusahaan sejenis yang mengolah bahan-bahan menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang bernilai tambah lebih besar.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Tantangan Kerap Dihadapi oleh Industri Manufaktur

Ketahui lebih banyak tentang perkembangan industri manufaktur di Indonesia, apa saja tantangan industri manufaktur, dan bagaimana cara menghadapinya.

Selain kondisi perekonomian nasional dan internasional yang tidak stabil, ada berbagai tantangan industri manufaktur yang harus dihadapi.

Berikut ini adalah beberapa tantangan utama dalam industri manufaktur:

1. Kesulitan dalam memprediksi permintaan produk

7 Tantangan Industri Manufaktur & Cara Mengatasinya

Yang menjadi masalah utamanya adalah para produsen tidak memiliki alat pelaporan canggih yang memungkinkan mereka untuk memperkirakan berapa banyak yang harus mereka jual di beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan.

Akibatnya, barang yang diproduksi tidak sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan.

Agar dapat mengetahui berapa banyak permintaan pelanggan untuk setiap produk, maka setiap produsen sebaiknya memiliki perangkat lunak dengan fitur pelaporan yang akurat.

Sebagai contoh adalah laporan akuntansi atau keuangan yang bisa memperlihatkan perkembangan bisnis, atau jenis laporan yang lain.

Sehingga dapat memudahkan mereka dalam menargetkan penjualan serta memperkirakan berapa banyak produk yang sebaiknya mereka jual di masa depan.

Selain memanfaatkan perangkat lunak untuk membuat prakiraan yang akurat, setiap produsen juga perlu melakukan pertimbangan berdasarkan kejadian-kejadian eksternal seperti pergerakan kurs mata uang, kenaikan harga bahan bakar minyak, tren pasar saat ini, dan lain sebagainya.

Baca juga: Perusahaan Manufaktur? Pastikan Software Keuangan Punya Fitur Ini!

2. Kesulitan dalam mengontrol persediaan

7 Tantangan Industri Manufaktur & Cara Mengatasinya

Pengelolaan persediaan (inventory control) memang masih menjadi salah satu tantangan industri manufaktur.

Tetapi berkat bantuan teknologi yang memberikan solusi otomatis seperti menggunakan aplikasi untuk monitor stok gudang, maka prosesnya akan menjadi lebih sederhana.

Dengan aplikasi stok gudang pencatatan Anda akan terhindar dari human error dan akan menjadi lebih terorganisir.

Namun sayangnya, saat ini masih banyak produsen yang bisnisnya berskala kecil, masih mengelola persediaan material mereka secara manual.

Melakukan pengecekan stok gudang secara manual sangat tidak efisien dan rawan kesalahan yang dapat mengakibatkan ketidakakuratan dalam penghitungan.

Untuk menghindari pembelian bahan baku dan peralatan yang tidak perlu atau untuk menghindari terjadinya kekurangan persediaan yang berujung pada ketidakpuasan pelanggan, strategi manajemen persediaan yang baik sangat diperlukan.

Audit dan pemeriksaan inventaris secara rutin penting untuk dilakukan sebagai proses identifikasi terhadap ketidaksesuaian pada data dan jumlah barang yang sebenarnya.

Barcode scanner juga dapat digunakan untuk mempercepat proses pengecekan.

3. Kesulitan dalam meningkatkan efisiensi di pabrik, tantangan bisnis manufaktur

7 Tantangan Industri Manufaktur & Cara Mengatasinya

Hingga saat ini produsen masih mencari cara yang efektif untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi di pabrik manufaktur mereka.

Banyak produsen yang memilih untuk mengorbankan kualitas produk demi mengurangi biaya produksi.

Tetapi cara ini justru akan menurunkan profitabilitas, sebab pelanggan yang tidak puas akan berhenti melakukan pembelian.

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengoptimalkan efisiensi di pabrik manufaktur adalah dengan modernisasi proses dan sistemasi alur kerja.

Produsen perlu mengurangi pekerjaan-pekerjaan yang membuang banyak waktu dan tenaga.

Selain itu, produsen juga perlu mengurangi pembuangan material, mengoptimalkan penggunaan peralatan produksi dengan meminimalkan kerusakan, dan menyederhanakan rantai pasokan.

Sistem Enterprise Resource Planning ( ERP ) dapat memfasilitasi semua hal tersebut sehingga dapat membantu produsen mencapai efisiensi yang optimal.

Baca juga: Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur (Jenis dan Contoh)

4. Kesulitan dalam meningkatkan ROI

7 Tantangan Industri Manufaktur & Cara Mengatasinya

Setiap produsen pasti ingin meningkatkan ROI dengan mudah.

Pada umumnya, mereka memilih untuk memperbanyak produksi atau meningkatkan harga produk.

Tetapi, hal ini bukanlah cara yang efektif terutama ketika kondisi ekonomi sedang tidak menentu sehingga dapat menurunkan daya beli konsumen.

Peningkatan ROI dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yang pertama adalah meningkatkan penjualan dengan strategi yang benar.

Produsen perlu mendefinisikan return, sebab ROI dapat mencakup penjualan yang lebih tinggi, peningkatan pendapatan, laba yang lebih besar, pengurangan biaya overhead atau sama dengan biaya produksi, retensi karyawan yang lebih tinggi, dan kepuasan pelanggan yang lebih baik.

Kemudian, produsen perlu membuat tolak ukur untuk mendapatkan hasil investasi yang optimal. Yang kedua adalah memperbarui strategi pemasaran dengan memanfaatkan digital marketing, karena biayanya lebih murah daripada cara konvensional.

Yang ketiga adalah mengurangi biaya produksi dengan mengubah desain atau material kemasan tanpa harus mengorbankan kualitas produk dan bernegosiasi dengan pemasok untuk memberikan harga diskon.

Baca juga: 5 Fungsi Aplikasi Inventory Barang bagi Bisnis e-Commerce

5. Kekurangan tenaga kerja yang berkualitas

7 Tantangan Industri Manufaktur & Cara Mengatasinya

Hal tersebut dikarenakan saat ini pekerja manufaktur yang berkualitas dari generasi baby boomers sudah mulai meninggalkan pekerjaan mereka.

Untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja yang berkualitas, produsen harus kreatif dalam melakukan perekrutan karyawan.

Yaitu dengan mengandalkan berbagai online platform untuk mem-posting lowongan pekerjaan.

Produsen harus benar-benar selektif saat memilih calon karyawan dan memastikan bahwa mereka mampu bekerja dengan cepat, sesuai dengan target, di bawah tekanan, dan tidak keberatan dengan jadwal kerja yang berubah.

Selain itu, produsen juga harus dapat memfasilitasi karyawan baru dan karyawan lama dengan pelatihan secara berkala untuk membantu meningkatkan potensi karyawan tersebut.

6. Kesulitan dalam mengelola prospek penjualan

7 Tantangan Industri Manufaktur & Cara Mengatasinya

Tantangan lain yang sering dihadapi oleh produsen adalah dalam hal mengelola dan memprioritaskan prospek penjualan.

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh produsen adalah memperlakukan prospek dengan cara yang sama.

Padahal setiap prospek harus diperlakukan secara khusus, karena masing-masing memiliki karakter, preferensi, dan kebutuhan yang berbeda.

Produsen juga sering kesulitan untuk mengidentifikasi prospek yang berpotensi sehingga mereka sering berfokus pada peluang-peluang yang tidak menjanjikan dan lupa melakukan follow up dengan prospek yang memiliki potensi tinggi menjadi pelanggan baru.

Produsen harus benar-benar paham terhadap prospek mereka.

Hal ini dapat dilakukan ketika tim penjualan menghubungi atau menemui prospek secara langsung, dan bisa juga dengan melihat informasi prospek.

Produsen harus memiliki satu sistem yang memudahkan mereka untuk menyimpan, mengelola, dan melacak informasi prospek secara mudah.

Jangan lupa juga penggunaan teknologi aplikasi keuangan untuk mencatat penjualan yang sudah terjadi.

7. Kebingungan pada kemunculan teknologi baru

7 Tantangan Industri Manufaktur & Cara Mengatasinya

Kemunculan teknologi baru memang sering terjadi setiap tahunnya. Meliputi IoT, robot, dan perangkat lunak manufaktur.

Kemunculan teknologi-teknologi canggih tersebut tentu saja membuat para produsen merasa kebingungan.

Menghindari teknologi tentu aja bukan merupakan pilihan yang baik.

Karena setiap produsen memang harus bisa beradaptasi terhadap perubahan apapun, termasuk teknologi, untuk dapat bersaing di industri manufaktur yang kompetitif. Saat ini, sudah ada aplikasi gudang online yang memudahkan dalam manajemen pengelolaan dan perhitungan persediaan.

Akan tetapi, produsen sebaiknya tidak gegabah dalam membuat keputusan untuk mengimplementasikan solusi otomatis di pabrik mereka.

Cara terbaik yang dapat produsen lakukan adalah dengan berdiskusi dengan seluruh pemangku kepentingan dan melibatkan karyawan mereka untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi sehari-hari.

Produsen juga perlu mempertimbangkan anggaran perusahaan untuk menentukan apakah perusahaan siap untuk berinvestasi pada teknologi yang diinginkan atau tidak.

Industri manufaktur di Indonesia dinilai lebih produktif dan dapat memberikan efek berantai secara luas sehingga mampu meningkatkan nilai tambah bahan baku, memperbanyak tenaga kerja, menghasilkan sumber devisa terbesar, serta penyumbang pajak dan bea cukai terbesar.

Kementerian Perindustrian juga telah mencatat beberapa sektor yang memiliki persentase kinerja di atas PDB secara nasional, diantaranya adalah industri logam dasar sebesar 9,94%, industri tekstil dan pakaian jadi sebesar 7,53%, serta industri alat angkutan sebesar 6,33%.

Hal tersebut dipengaruhi oleh daya beli masyarakat terhadap berbagai jenis produk yang semakin meningkat, sehingga proses produksi pun akan meningkat sesuai dengan permintaan.

Setelah mengetahui berbagai tantangan industri manufaktur cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi dan mengatasi tantangan tersebut, kini para pelaku industri manufaktur akan lebih mantap dalam melangkah ke depan.

Gunakan bantuan software akuntansi untuk pabrik yang dapat memudahkan pengelolaan laporan keuangan bisnis seperti Mekari Jurnal.

Software akuntansi Mekari Jurnal hadir dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik yang dapat digunakan secara mudah dan praktis, salah satunya ERP Indonesia.

Jurnal Hadirkan Fitur Software Akuntansi Terlengkap di Indonesia

Daftar sekarang dan lihatlah bagaimana aplikasi Jurnal dapat memberikan kemudahan dan keuntungan untuk bisnis Anda.

Baik, Saya Mau Coba Aplikasi Akuntansi Jurnal Sekarang!

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal